6 Cara Mengatasi Murai Batu Ngetem & Gembos Saat Lomba

Mengatasi Murai Batu Gembos Di Akhir Saat Lomba  – Sobat murai mania pasti sudah paham mengenai karakter murai batu ini, dengan ciri ekor yang panjang dan bersuara merdu bervariasi membuat daya tarik tersendiri.

Namun masalah utama saat lomba adalah MB sering ngetem bahkan gembos di akhir penilaian. Nah pasti sangat mengurangi nilai karena banyak ngetem alias Kurang ngotot.

Kunci utama keberhasilan mencetak muraibatu jawara adalah memahami karakternya. Selain dengan memahami karakter juga harus di imbangi dengan perawatan yang maksimal dan konsisten.

Penyebab Murai Ngetem Saat Lomba

Mungkin sobat MB mania merasa cemas dan kebingungan disaat kalian lomba burung kesayangan anda tidak bekerja yang sesuai anda inginkan.

Kenapa bisa begitu? Padahal anda sudah merawatnya setiap hari secara maksimal, namun hasil di lapangan MB anda masih kerja ngetem, mangap ketika di gantang dan gembos saat akhir perlombaan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Penyebab utama MB suka ngetem adalah :

  • Kurang perawatan
  • Kondisi burung yang kurang vit.
  • Birahi tidak stabil
  • Murai kurang emosi ketika bertemu lawan
  • Kurang stamina
  • Demam panggung

Tips Mengatasi Murai Sering Ngetem

Untuk mengatasi masalah diatas, anda harus seting ulang perwatan harian maupun perawatan akan lomba pada gacoan MB anda.

1. Embunkan Setiap Hari

Pengembunan sangat bermanfaat untuk murai, salah satunya adalah menyetabilkan kondisi birahinya. Embun pagi juga bagus untuk kesehatan paru-paru burung, sehingga nafas menjadi panjang.

2. Perhatikan Kondisi Birahi

Saat MB sedang fight, anda harus tahu dulu apakah ngetem karena kurang birahi (sering diam), over birahi (ngejar lawan), main kurang ngotot (kurang emosi).
  • Jika kurang birahi : tambah pemberian EF dan penjemuran
  • Jika over birahi : mandikan murai setiap sore atau beberapa jam sebelum digantang.
  • Kurang emosi : Berikan UH pada H-1 dan hari H lomba. 
Jika kondisi birahi dan emosinya tidak seimbang, kemungkinan “murai tidak akan bongkar isian” ketika bertemu lawan. 

3. Rutin di Umbar

Pengumbaran sangat bagus untuk melatih kondiai fisik dan olah nafas murai batu. Anggap saja bahwa murai gacoan adalah atlet andalan yang kita latih agar mempunyai ketahanan fisik yang kuat. 
Lakukan pengumnaran setidaknya seminggu sekali, agar MB juha bisa terbang bebas sehingga merasa tubuhnya bugar. 

4. Berikan Multivitamin Rutin

Vitamin sangat menunjang kesehatan murai, walaupun MB sudah mendapat asupan vitamin alami dari EF ataupun voer, namun anda tetap harus memberi vitamin tambahan setiap seminggu sekali.

5. Rutin dibawa ke Arena Lomba

Yang terakhir adalah dengan rutin membawa ke arena lomba, ini bisa anda lakukan jika penyebabnya adalah demam panggung atau MB masih muda. 
Anda bisa melatih setiap 1 bulan 2x saja, dengan begini daya fighter Mb akan semakin menjadi dan tidak akan merasa jenuh ketika bertemu lawan. 
Terlalu sering dibawa lomba akan Menyebabkan Mb rusak dan sifat fighter alaminya luntur.
Itulah pengalaman saya untuk mengatasi murai ngetem saat bertemu lawan di arena lomba. Dengan terapi diatas, gacoan MB saya sudah tampil garang dan muntah isian ketika bertemu lawan. 
Terimakasih.

Categories Murai
     

Leave a Comment