4 Cara Mengatasi Murai Batu Galak Agar Cepat Pulih

Salah satu tingkah laku buruk pada murai batu adalah mendadak menjadi galak, baik galak dengan pemilik maupun dengan lawan. Hal ini akan membuat MB menjadi kurang gacor bahkan banyak ngeriwik daripada ngeplong.

Jujur saja, saya belum pernah mendapati MB yang galak dirumah. Namun ada salah seorang teman yang membagikan sebuah pengalaman mengatasi murai yang galak. Baiklah langsung saja kita bahas sampai tuntas masalah ini.

Penyebab Murai Batu Galak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan murai tiba-tiba galak dan agresif. Yang pertama adalah over emosi dan over jinak. Seperti yang kita ketahui bahwa segala yang berlebihan itu tidak bagus, begitu juga mengenai emosi murai batu.

Over emosi adalah sifat asli bawaan murai batu batu tersebut, sebagai pemilik kita hanya bisa meredamnya ketika ingin main. Kalo MB galak karena over jinak, itu adalah hal yang sudah biasa.

Tingkah Laku Murai Batu Galak

Perlu anda ketahui, bahwa murai galak dengan murai over birahi itu berbeda ya. Banyak orang yang salah mengartikan kedua kondisi ini, hal ini sangat fatal karena keduanya mempunyai rawatan dan terapi yang berbeda.

Agar anda lebih paham, saya akan jelaskan secara singkat mengenai perilaku MB galak.

  • Mengejar tangan ketika kita hendak mengganti air minum atau setiap tangan kita menyentuh sangkar.
  • Saatbertemu lawan, ia akan selalu mengejar hingga ngeruji dan menabraki jeruji sangkar (Terlalu ngotot).
  • Emosi selalu tinggi

Mengatasi Murai Batu Galak

Ada beberapa perawatan dan terapi yang harus anda terapkan setiap hari agar kondisi emosi MB bisa stabil kembali.

1. Embunkan Setiap hari

Jika karakter MB anda mudah panas ketika bertemu lawan, setingan embun sangat cocok bagi gacoan anda. Embun pagi dipercaya mampu untuk menyetabilkan birahi maupun emosi murai.

Lakukan pengembunan sekitar pukul 5 hingga 6 Pagi secara rutin setiap hari.

2. Tambah Porsi Mandi

Kedua adalah tingkatkan porsi mandi dari biasanya. Jika biasanya anda memandikan sehari sekali bahkan 2hari sekali, kini saatnya anda untuk memandikan nya lebih sering agar emosinya bisa reda.

3. Seting Ulang Pemberian EF

Extra Fooding juga mempengaruhi kondisi emosi pada murai batu, oleh karena itu kurangi pemberian EF yang bisa menaikan emosi MB seperti UH. MB tipe over fighter tidak perlu menggunakan UH, cukup berikan jangkrik dan kroto saja.

4. Terapi Full Umbar

Ini adalah terapi khusus untuk mengatasi MB yang galak karena over jinak. Kebiasaan buruknya adalah mematok tangan maupun mengejar kita dengan suara ngeriwik.

Namun MB tipe seperti ini biasanya akan berubah sifatnya ketika bertemu lawan, ia akan fighter agresif layaknya MB pada umumnya.

Coba lakukan terapi full umbar selama 2 minggu, jika anda punya kandang ternak bisa dimasukan ke kandang ternak saja. Hal ini akan membuat insting liarnya muncul kembali.

Perbedaan Galak dengan Over Birahi

Seperti yang saya bilang diatas, bahwa murai galak dengan OB itu berbeda. Oleh karena itu, perawatan dan terapi keduanya juga berbeda.

Jika MB anda overbirahi, silahkan segera ambil langkah yang tepat untuk menurunkan birahi murai.

Masalah paling parah murai OB adalah ngelowo, untuk mengatasi masalah ini anda bisa baca artikel saya kemaren mengenai cara cepat mengatasi murai ngelowo.

Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang punya murai batu galak dirumah. Jika masih bingung, silahkan tanyakan saja pada kolom komentar. Terimakasih

Categories Murai
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment