6 Tips Ampuh Menjinakan Kepodang Bakalan Yang Masih Giras dan Liar

Mengetahui cara menjinakan kepodang akan sangat membantu anda dalam merawat burung kepodang hingga gacor. Sebab bila burung yang anda rawat masih dalam kondisi giras dan tidak terbiasa dengan manusia, proses pemasterannya akan jauh lebih sulit.

Kebanyakan burung kepodang yang dijual memang biasanya adalah burung bakalan alias yang ditangkap dari hutan langsung. Sehingga burung akan merasa stress dan tidak nyaman bila melihat manusia. Selain itu burung yang biasa di alam bebas juga perlu adaptasi ketika masuk sangkar.

Rasa stress inilah yang membuat burung menjadi giras dan takut dengan orang. Oleh karena itu, cara menjinakan burung kepodang yang paling ampuh adalah dengan mengatasi stress yang dirasakan.

Cara Menjinakan Kepodang Dengan Cepat

Untuk anda para kicau mania yang kesulitan dalam menjinakan burung kepodang, anda bisa menggunakan teknik jitu ini.

1. Sangkar Full Krodong 

Tempatkan burung ke dalam sangkar full krodong secepatnya setelah anda beli. Sebab bila ia berada dalam sangkar yang dikerodong, burung tidak akan bisa melihat hal di sekitarnya.

Cara ini juga bisa membuat burung kepodang beradaptasi dengan sangkarnya. Tetapi sebelum ditutupi krodong, pastikan anda sudah menyiapkan pakan dan air di dalam sangkar.

2. Mandikan Kepodang 3 Hari Sekali

Bila anda perhatikan, kepodang merupakan tipe burung pesolek yang selalu menjaga kebersihannya. Baik yang jantan maupun betina pasti akan selalu menjaga tubuhnya tetap bersih. Dan bila ada kotoran atau hewan kecil di tubuhnya, kepodang akan kurang nyaman.

Oleh karena itu, mandikan kepodang minimal 3 hari sekali dengan cara disemprot dengan air dingin. Hal ini juga akan membuat burung terbiasa berinteraksi dengan manusia.

3. Selalu Siapkan Cepuk Air Bersih Di Dalam Sangkar

Mandi 3 hari sekali sebenarnya tidak  cukup untuk burung pesolek ini. Jadi anda perlu menyiapkan mangkok atau cepuk yang diisi dengan air bersih untuk tempat burung mandi sendiri.

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kepodang yang stress. Sebab ketika ia stress, burung akan langsung membasahi tubuhnya untuk memenangkan diri.

4. Membelikan Pasangan

Cara menjinakan kepodang yang berikutnya adalah dengan mencarikan pasangannya agar lebih tenang. Sebab percaya atau tidak, membeli pasangan kepodang bisa membuat burung ini menjadi jinak dan tenang.

Tetapi tentunya anda harus tau cara membedakan kepodang jantan dan betina. Sebab bila dibelikan burung dengan jenis kelamin yang sama, kepodang anda bisa semakin stress dan giras.

5. Berikan EF Secara Langsung Pada Kepodang

Menyuapi burung juga bisa menjadi salah satu cara berinteraksi yang paling mudah. Jadi usahakan dalam 1 hari anda menyisakan waktu untuk memberikan EF langsung ke burung kepodang.

Menyuapinya juga tidak perlu langsung dengan tangan. Anda bisa melatihnya menggunakan lidi untuk mendekatkan makanan ke mulut burung. Selain itu, EF juga merupakan salah satu pakan burung kepodang agar cepat gacor.

6. Terapi Lapar

Dan cara menjinakan  burung kepodang yang terakhir dan yang paling efektif adalah dengan melakukan terapi lapar. Jadi membuat burung lapar selama beberapa jam, kemudian memberi makannya dari dekat.

Misalnya anda memberi makan kepodang di pagi hari, kemudian anda membiarkan tempat makannya kosong dan berikan makanan secara langsung di sore hari.

Ikuti cara menjinakan kepodang di atas setiap hari hingga burung benar – benar jinak. Dan jangan lupa beri voer untuk burung kepodang sebagai pakan utama agar nutrisinya terpenuhi.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment