6 Cara Menjinakkan Burung Flamboyan Bakalan Agar Bisa Cepat Gacor

Sebelum membeli burung flamboyan di ombyokan, anda perlu tahu dulu bagaimana cara menjinakan burung flamboyan. Sebab kebanyakan burung jenis ini adalah hasil tangkapan dari hutan langsung. Sehingga masih giras dan belum biasa melihat manusia.

Sedangkan untuk merawat flamboyan agar gacor, anda perlu melakukan perawatan setiap hari kepadanya. Dan hal ini akan sangat sulit gacor bila burung masih giras dan takut dengan manusia.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara menjinakan burung flamboyan atau wergan jawa terlebih dahulu sebelum melatih kicauannya. Nah, berikut ini kita memiliki beberapa cara ampuh untuk membuat flamboyan cepat jinak.

Cara Menjinakkan Burung Flamboyan Bahan

1. Cari Burung Flamboyan Yang Masih Anakan

Meskipun jarang ada yang menjual flamobyan lolohan atau anakan, tetapi anda akan lebih mudah menjinakan burung ini bila dirawat sejak anakan. Biasanya harga anakan flamboyan dijual dengan harga 30 ribu hingga 50 ribu per ekornya.

Ketika dewasa, flamboyan hasil lolohan akan lebih mudah dimaster dan lebih jinak. Sebab ia sudah terbiasa dengan kehadiran manusia sejak masih kecil.

 

2. Biasakan Burung Flamboyan Melihat Manusia Sejak Pertama Beli

Bila anda membeli burung wergan jawa bakalan yang sudah dewasa, maka anda perlu langsung membiasakan burung dengan manusia sejak pertama kali dibeli. Sebab salah satu keunikan burung flamboyan adalah mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Salah satu cara membiasakannya yang paling mudah adalah dengan menempatkan sangkar burung ini di samping pintu atau teras rumah. Sehingga ia bisa melihat banyak orang yang lewat di dekatnya.

 

3. Beli Pasangan Burung Flamboyan

Dengan membeli pasangannya, burung flamboyan jantan akan lebih tenang bila ia memiliki pasangan betinanya.
Sedangkan ketika ia hidup sendirian, flamboyan bisa menjadi lebih agresif dan agak sulit untuk dijinakan. Dengan itu flamboyan akan merasa nyaman di dalam sangkar dan akan cepat berkicau.

 

4. Rutin Mandikan Burung Flamboyan

Mandi bukan hanya dilakukan agar tubuh burung flamboyan terhindar dari kotoran dan penyakit. Memang terkadang burung yang tubuhnya terkena penyakit akan mendadak jadi giras dan tidak mau disentuh.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Tetapi manfaat lain dari mandi untuk burung flamboyan adalah membantu menurunkan birahinya. Sehingga ia tidak menjadi agresif. Bila rutin dilakukan, flamboyan akan jinak dan gacor dalam waktu singkat.

 

5. Selalu Beri Pakan Kesukaannya

Makanan burung flamboyan di alam liar adalah buah – buahan dan serangga kecil. Salah satu buah kesukaan burung ini biasanya berupa pepaya, pisang, apel dan beberapa jenis biji – bijian.

Nah, semua jenis buah ini harus anda berikan setiap hari sebagai pakan utama burung. Sedangkan pemberian voer untuk flamboyan hanya sebagai pakan harian untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya saja.

 

6. Berikan Obat dan Multivitamin

Dengan rutin memberi obat dan multivitamin pada jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh burung agar tidak terkena penyakit.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, burung akan mendadak jadi giras bila terkena penyakit. Dan tentunya bisa menyebabkan flamboyan macet bunyi karena tubuhnya lemas.

Nah, itulah dia beberapa cara menjinakkan burung flamboyan ombyokan hasil tangkapan hutan yang masih giras. Ketika sudah jinak, kini waktunya anda melatih kicauan burung wergan jawa ini dengan memutarkan rekaman burung masteran setiap hari. Lakukanlah beberapa perawatan diatas agar burung flamboyan bahan bisa cepat jinak dan gacor.

     

Leave a Comment