Cara Jitu Menurunkan Birahi Kenari Secara Efektif [Pengalaman Pribadi]

Burung kenari atau dalam bahasa inggris canary bird merupakan kelas burung favorit pada perlombaan burung kicau di Indonesia.

Namun masalah yang sering timbul oleh para pemain kenari adalah saat dimana kondisi birahi kenari yang terlalu tinggi atau nama kerenya “kenari OB” sehingga kenari tidak bisa anteng saat perlombaan berlangsung.

Cara cepat menurunkan birahi kenari

Pada penilain kenari, anteng atau nagen merupakan hal penting dan sangat mempengaruhi nilainya saat lomba. Nah jika kenari anda OB maka pas banget nih saya akan memberikan sebuah tips untuk menurunkan birahi kenari.

Cara menurunkan birahi kenari yang akan kita bahas kali ini merupakan sebuah tips yang sangat mudah dilakukan dirumah kok, tentunya sangat gampang diterapkan dan dirumah.

Berikut adalah cara cara untuk menurunkan birahi kenari agar kondisi birahi kenari stabil dan siap untuk dilombakan lagi.

Tips Mengatasi Kenari Over Birahi

Dibawah ini adalah berbagai cara yang saya lakukan untuk mengatasi kenari yang OB. Silahkan terapkan tips-tips ini untuk kenari anda dirumah.

 

1. Berikan mentimun

Pasti sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini, selain untuk menurunkan birahi kenari, timun juga efektif menurunkan birahi berbagai jenis burung pemakan sayur dan buah.

Bahkan ini adalah makanan wajib bagi kenari yang saya berikan H-2 sebelum lomba. Biar apa? Ya tentunya biar kondisi birahinya stabil, sehingga kenari akan tampil nagen di lapangan.

Gimana cara memberikan timun?

  • Potong timun (seperti buat lalapan), atau bisa potong menjadi setengah.
  • Kemudian langsung berikan saja buah ini.
  • Waktu terbaik untuk memberikan mentimun adalah setelah penjemuran.

 

Timun untuk menurunkan birahi kenari

2. Perbanyak Porsi Mandi

Mengatasi kenari OB yang kedua adalah memperbanyak porsi mandinya. Mandi sangat efektif untuk menurunkan kondisi birahi burung, termasuk kenari. (Sepertinya manusia juga deh) wkwk

Cara yang bisa dilakukan menyemprot kenari dengan semprotan embun. Biasanya penyemprotan ini dilakukan pada pagi, siang dan bisa pula pada malam harinya.

Jika anda orang sibuk atau sok sibuk, cukup berikan cepuk mandi khusus di pagi dan siang hari. Di saat birahinya memuncak, pasti kenari akan mandi dengan sendirinya.

Pastikan airnya bersih ya, agar ia mau mandi.

 

3. Lakukan Terapi Embun Pagi

Cara ini sangat berat bagi orang yang suka tidur, kalo pengen cepat menurunkan birahi kenari ya anda harus rela bangun pagi untuk melakukan terapi embun.

Pengembunan sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi maupun menyetabilkan birahi kenari. Cara ini sangat efektif dan gratis, hanya saja sangat susah bagi orang malas.

Lakukan pengembunan pada pukul 5 pagi sampai dengan pukul 6 pagi, bisa anda tempatkan di teras atau dimanapun yang penting diluar rumah.

 

4. Hentikan Pemberian Telur

Kenari memang burung yang suka sekali memakan telur puyuh. Namun saat birahi naik, sebaiknya telur ini di hentikan dulu sampai birahi kenari benar-benar stabil.

Memang sih telur bisa membuat kenari menjadi lebih gacor, tapi efek buruknya jika terlalu sering memberi telur adalah membuat kenari OB.

Untuk itu, kurangi saja pemberianya atau anda bisa memberikan setiap seminggu sekali, itu sudah sangat cukup (bahkan saya aja belum tentu sebulan sekali).

Sebagai tambahan, sebaiknya stop dulu pemberian EF yang mendongkrak birahi kenari, seperti kroto, apel, eeg food, dan pakan kenari dalam kemasan.

 

5. Kurangi Penjemuran

Menjemur kenari dipercaya bisa menambah tingkat birahi. Untuk itu kenari jangan dijemur kenari terlalu lama lebih dahulu.

Penjemuran yang terbaik untuk kenari OB adalah pukul 8.00 selama 10 menit, lakukan penjemuran seperti itu setiap hari selama kondisinya belum pulih.

Walaupun sebentar tidak masalah, karena kenari masih mendapatkan panas untuk kehangatan tubuh, kesehatan, dan membunuh bakteri yang bersarang pada bulu dan sangkar.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

6. Pakai pakan kiloan

Canary seed kiloan agar birahi kenari stabil

Cara ini sering dilakukan oleh beberapa pemain kenari lomba (termasuk saya) karena nantinya sangat mudah untuk diseting.

Kenapa? Secara logika, pakan kiloan (kenari seed dan milet) itu masih murni dan kandungan di dalam pakan kiloan tersebut belum ada campuran racikan-racikan bahan lain yang bisa menaikkan birahi burung.

Jadi saat birahi tinggi, kenari tidak akan bertambah birahinya dengan memakan pakan kiloan.

 

7. Sering di umbar

Cara ini bisa anda lakukan jika punya kandang umbaran dirumah, gak perlu besar-besar yang penting cukup untuk kenari terbang bebas ngalor ngidul.

Pengembaran juga sangat efektif untuk menurunkan birahi kenari, setelah mandi kemudian jemur 10 menit, lalu masukan ke dalam kandang umbaran selama kurang lebih 4 jam.

Setelah itu masukan ke dalam sangkar harian lagi.

 

8. Di kawinkan

Cara ini adalah jurus pamungkas yang saya lakukan kalo lagi males melakukan terapi-terapi diatas. Pernah saya terapkan juga pada kenari yang sudah gila alias birahinya sangat edan tak terkotrol.

Setiap hari hanya bunyi wir wir sambil terbang-terbang, wah pas lagi pusing tak kawinin aja deh mumpung ada betina nganggur.

Setelah terpantau kawin, keesokan harinya saya cabut dan sudah kembali gacor seperti semula. Sangat simple sekali kan.

 

Sayuran Penurun Birahi Kenari

Sebagai tambahan pengetahuan bagi rekan-rekan kenari mania semua, saya ingin membagikan beberapa sayur dan buah yang bisa digunakan untuk menurunkan birahi kenari.

Silahkan pilih salah satu ya, tentunya pilih yang sekiranya mudah anda dapatkan atau ada di sekitar rumah.

  • Krotot (batang dan daun)
  • Buah pir
  • Bayam
  • Timun
  • Daun pace muda
  • Daun binahong
  • Pepaya setengah matang
  • Gambas

 

Demikian sebuah cara jitu untuk menurunkan Birahi Kenari yang sudah kita bahas bersama-sama. Semoga dengan sedikit ilmu mengenai menurunkan birahi kenari ini bisa menambah wawasan kita khususnya bagi pemula untuk belajar cara menurunkan birahi kenari.

Selamat mencoba semoga berhasil.

     

Leave a Comment