7 Cara Merawat Burung Flamboyan Agar Bisa Gacor Dengan Cepat

Untuk mendapatkan flamboyan yang gacor anda perlu tahu bagaimana cara merawat burung flamboyan dengan baik. Sebab tentunya, cara anda merawat dan memaster flamboyan akan sangat berpengaruh pada kualitas kicauannya.

Sebagian besar dari anda mungkin sudah tahu bahwa burung flamboyan atau yang biasa disebut wergan jawa ini merupakan salah satu burung kecil dengan kicauan yang nyaring. Ia berhabitat asli di daerah pegunungan, dan hutan di dataran tinggi.

Burung flamboyan juga merupakan salah satu burung khas Indonesia yang hanya bisa ditemukan di negeri ini.

Rawatan Harian Burung Flamboyan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, ada beberapa cara merawat burung flamboyan yang perlu anda lakukan setiap hari. Bukan hanya agar burung cepat gacor, tetapi juga agar burung tidak terkena masalah seperti sakit atau stress.

Nah, berikut ini adalah cara merawat burung flamboyan agar cepat gacor yang bisa anda ikuti.

1. Pilih Tempat Menggantung Sangkar Yang Sejuk

Seperti yang telah dituliskan di atas, burung flamboyan berhabitat asli di daerah pegunungan dan dataran tinggi. Sehingga ia lebih nyaman bila ditempatkan di tempat yang bersuhu sejuk.

Contohnya seperti pojok ruangan, di depan pintu atau teras yang tidak terkena matahari secara langsung, atau di gantung di dekat tembok.

2. Selalu Sediakan Air di Sangkarnya

Biasanya ada 2 tempat air yang perlu anda sediakan di dalam sangkar burung wergan jawa ini. Yaitu cepuk ukuran yang lebih kecil untuk minum, dan cepuk yang agak besar untuk mereka mandi.

Keduanya harus anda pastikan selalu terisi penuh. Paling sedikit, ganti isi kembali tempat air ini 2 kali dalam sehari.

3. Berikan Voer Untuk Burung Flamboyan

Sebenarnya voer untuk burung flamboyan bisa menggunakan voer untuk burung – burung lain. Asalkan ia sudah terbiasa dengan jenis voer yang anda berikan.

Bila anda baru pertama kali memelihara burung kicau, usahakan mencari voer dengan kandungan protein yang tinggi. Dan jangan terlalu sering mengganti merk voer, sebab hal ini bisa membuat pencernaan burung terganggu.

4. Rutin Berikan Buah Pada Burung Flamboyan

Buah merupakan salah satu makanan burung flamboyan di alam liar. Biasanya flamboyan mengkonsumsi pakan alami seperti buah, biji – bijian dan serangga kecil.

Oleh karena itu, rutin berikan buah sebagai variasi ketika flamboyan mulai bosan makan voer. Buah kesukaan burung flamboyan biasanya adalah pepaya dan pisang.

5. Berikan EF Serangga

Selain buah, beberapa serangga kecil seperti jangkrik, kroto, dan ulat hongkong juga merupakan EF yang disukai oleh flamboyan. Serangga kecil ini juga memiliki tinggi kandungan protein yang bisa meningkatkan birahinya.

Pemberian EF yang rutin bisa membuat burung flamboyan gacor dan birahinya cepat meningkat.

6. Mandikan Burung Flamboyan

Meskipun anda sudah menyediakan cepuk air untuk burung mandi, anda tetap perlu memandikan burung flamboyan secara rutin. Hal ini dilakukan agar tubuhnya tidak terserang penyakit – penyakit terutama kutu.

Mandikan flamboyan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Selain agar bersih, hal ini juga bisa membuat burung flamboyan cepat jinak.

7. Putarkan Rekaman Masteran Flamboyan

Cara merawat burung flamboyan agar gacor yang berikutnya adalah dengan sering memutarkan rekaman masteran flamboyan di samping sangkarnya. Hal ini bisa membuat isiannya semakin banyak dan bervariasi.

Rekaman masteran burung flamboyan bisa anda putar di pagi hari ketika burung sedang diangin – anginkan hingga siang hari.

Nah, itulah dia cara merawat burung flamboyan agar cepat gacor dan jinak. Biasanya burung flamboyan jantan lebih gacor daripada yang betina. Jadi, perhatikan dulu ciri flamboyan jantan sebelum membelinya.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment