7 Cara Merawat Burung Manyar Agar Jinak dan Gacor Dalam 1 Bulan

Burung manyar merupakan salah satu jenis burung pemakan biji – bijian yang bisa ditemukan di daerah pedesaan. Bila dirawat dengan benar, burung ini bisa mengeluarkan kicauan yang nyaring dan gacor. Tetapi, bagaimana sih cara merawat burung manyar agar gacor?

Kebanyakan burung manyar bakalan yang dijual, biasanya sudah dibekali dengan masteran asli dari suara burung di alam liar. Namun kendala merawatnya adalah burung akan giras dan sulit gacor.

Sedangkan untuk burung yang masih anakan, akan lebih mudah gacor namun membutuhkan waktu agak lama. Jadi, anda perlu melatihnya sendiri hingga kicauannya bervariasi dan nyaring.

cara merawat burung manyar

Tetapi bila anda ingin memiliki burung manyar yang gacor dan jinak, anda perlu mengikuti melakukan perawatan manyar agar jinak dan gacor berikut ini.

Perawatan Manyar Agar Cepat Gacor

1. Memilih Pakan Yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, makanan burung manyar di alam liar adalah biji – bijian. Namun bila dipelihara, berikan saja milet ataupun canary seed sebagai makanan utamanya.

Bila anda ingin memberi EF untuk pakannya, pilihlah serangga yang kecil seperti jangkrik atau ulat hongkong. Keduanya juga bagus untuk pakan anakan manyar yang sudah mulai makan sendiri.

2. Gantung Sangkar Burung Di Tempat Yang Lebih Rendah

Umumnya, manyar giras dengan manusia karena di alam liar mereka jarang berinteraksi langsung dengan manusia. Oleh karena itu, anda perlu membiasakan burung tersebut melihat dan berinteraksi dengan anda.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggantung sangkar burung di tempat yang agak rendah. Sehingga ia bisa melihat tiap manusia yang melewati sangkarnya.

3. Rutin Memandikan Burung

Dengan di mandikan, manyar akan merasa nyaman dan semakin betah di dalam sangkar. Selain itu, proses mandi juga membiasakan manyar untuk berinteraksi dengan anda.

Usahakan mandikan burung setiap pagi dengan spray atau semprotan. Cara ini juga menjadi salah satu terapi yang bagus.

4. Rutin Membersihkan Kandang

Masih berhubungan dengan point sebelumnya, kotoran di kandang manyar juga bisa menyebabkan burung terserang penyakit yang mematikan. Oleh karena itu, anda wajib menjaga kebersihan sangkar dan di sekitarnya.

Bersihkan wadah tempat kotoran burung setiap hari. Dan yang paling utama, bersihkan tempat minum dan makan burung tiap anda mengisi ulang.

5. Jemur Burung Manyar Tiap Pagi

Cara merawat burung manyar yang berikutnya adalah dengan melakukan penjemuran setiap pagi. Usahakan burung mulai dijemur pada jam 8 pagi dan dimasukan pada jam 9.30.

Setelah dijemur, angin – anginkan manyar di teras atau di bawah pohon yang lebih teduh.

6. Memutarkan rekaman Suara Masteran 

Setelah dijemur dan diangin – anginkan, berikutnya anda perlu memutarkan rekaman suara masteran manyar di samping sangkarnya.

Putarkan rekaman suara masteran pada siang dan malam hari. Masteran yang paling bagus untuk manyar adalah, suara kenari, ciblek, tengkek buto, dan cililin. Silahkan Download Suara Masteran Disinj

7. Gantung Sangkar Di Tempat Yang Banyak Burung Liar

Cara merawat burung manyar yang terakhir adalah dengan membiarkan burung ini berinteraksi dengan burung liar lainnya. Khususnya dengan burung – burung yang memiliki suara kicauan yang pedas.

Hal ini bisa membantu manyar anda memiliki banyak variasi kicauan. Salah satu caranya adalah dengan menggantung sangkar burung di bawah pohon yang biasa ditempati burung liar.

Nah, setelah mengetahui cara merawat burung manyar agar jinak dan gacor, berikutnya anda hanya tinggal menerapkan cara – cara ini kepada manyar anda. Bila dilakukan dengan rutin, burung manyar akan gacor dalam waktu kurang lebih 2 bulan saja.

Categories Manyar
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment