Murai Batu Albino, Burung Langka dengan Harga Fantastis!

Murai batu albino merupakan salah satu jenis burung langka yang harganya sangat mahal. MB ini tergolong unik karena masih jarang beredar dipasaran dan hanya dimiliki oleh para kolektor saja.

Di Indonesia sendiri, Murai albino mulai dikenal pada sekitar tahun 2015an karena diposting oleh salah satu member grup MBI.

Murai albino
CTR Birdfarm

Namanya albino, ciri khas utamanya adalah mempunyai tubuh berwarna putih dari ujung kepala sampai dengan ujung ekornya. Selain itu, matanya yang merah dan warna kaki yang putih pucat.

Sama halnya dengan Murai pada umumnya, MB albino juga bisa beraktifitas normal dan berkicau dengan gacor seperti Mb biasa.

Awal Mula Murai Albino

Fenomena munculnya anakan MB albino memang banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mungkin tidak disadari oleh kicau mania nusantara. Lebih tepatnya hanyalah faktor hoki atau keberuntungan belaka.

Mediabnr.com

Namun di Singapore, para breeder MB sengaja mencetak si albino ini. Bahkan peternak MB di Singapore juga mampu mencetak murai emas (golden shama) dan murai hitam (black shama).

Itu di karenakan para peternak Singapore benar-benar menguasi dan mendalami ilmu genetika murai batu.

Penyebab Munculnya MB Albino

Sebagai pengetahuan tambahan, saya akan coba menjelaskan beberapa hal yang membuat menetasnya anakan MB menjadi albino.

1. Mutasi Tidak Disengaja

Hal ini terjadi di beberapa peternak yang tanpa sadar dan tidak tahu apa-apa mengenai ilmu genetika namun keluar anakan albino maupun blorok.

2. Kawin Silang

Pendapat ini belum bisa kami perkuat karena kebanyakan breeder di Singapore masih merahasiakan mengenai mencetak MB albino.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Ada yang bilang, jika MB di kawinkan dengan MB dengan kekerabatan yang dekat akan mengakibatkan terjadinya perpaduan gen resesif indukan sehingga memunculkan anakan albino.

Mengenai argument ini akan saya update setelah mendapatkan info yang akurat dari peternak Singapore yang akan kami jadikan sebagai narasumber.

Harga Muraibatu Albino 

Sebagai burung langka, tentu harga yang dipatok sangatlah mahal sesuai dengan permintaan sang pemilik.

Menurut tribunnews.com, MB albino pernah laku seharga 750juta rupiah. Tentu harga ini sangat mahal untuk burung yang unik satu ini.

Namun, ada juga sebagian peternak yang enggan untuk menjual anakan albino nya karena masih penasaran jika di kawinkan lagi.

Sekitar 3 tahun lalu, ada orang bandung (member MBI) yang membeli indukan MB Albino di Singapore. Mengenai Harga, belum bisa kami ketahui karena pembeli tidak mau memberitahukan harganya.

Itulah beberapa hal mengenai Muraibatu albino yang perlu anda ketahui, apakah anda berminat untuk mencetak MB unik ini?.

Tunggu update kami mengenai cara mencetak MB albino ya om, karena kami sedang berusaha untuk membujuk salah satu breeder Singapore agar mau membocorkan ilmu genetika nya.

     

Leave a Comment