Murai Batu Bengong? Begini 4 Cara Ampuh Mengatasinya

Walaupun setiap hari agresif dan menunjukan mental petarung, tidak jarang murai batu bengong di gantangan pada hari-hari tertentu. Hal ini bisa sangat mengganggu bila kejadiannya sering, hingga mengganggu proses latihan atau masteran.

 

Pada dasarnya burung murai batu adalah jenis burung yang aktif, punya mental fighter, dan tidak pernah diam. Ketika dipancing dengan suara apapun, burung pasti akan langsung nyaut dan hingga bongkar isian.



 

Tapi jika murai batu di rumah Anda hanya bengong terus, jarang bunyi, lesu, bahkan sampai kembang bulu, artinya ada masalah dengan burung tersebut. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membagikan cara mengatasi murai batu bengong dengan cepat.

 

Kenapa Murai Batu Diam Saja dan Sering Bengong?

Ada banyak alasan kenapa murai batu kembang bulu dan sering bengong. Mulai dari faktor eksternal maupun dari dalam tubuhnya. Beberapa contoh yang paling sering dialami adalah:

  • Kurang birahi karena jarang diberi EF atau settingan tidak tepat
  • Tubuh burung tidak fit, sedang mabung, atau sedang sakit
  • Burung stress karena ada hewan predator di sekitar sangkarnya
  • Masih beradaptasi dengan lingkungan baru, biasanya karena baru dipindahkan posisi sangkarnya
  • Mental murai drop karena berbagai faktor

Ketika satu dari kelima alasan tersebut dialami murai batu di rumah Anda, maka akan sering terlihat murai bengong di gantangan, tidak bunyi, tidak bergerak, dan seperti mematung.

 

Hal seperti ini bukanlah kondisi yang normal untuk murai, tapi juga tidak membahayakan selama bukan disebabkan oleh penyakit. Selain itu, beberapa kali Anda juga akan melihat murai batu lesu bulu ngembang seperti tidak bergairah.

 

Ketika sedang bengong, tentunya murai tidak akan mengeluarkan suara apapun. Padahal sebagai kicau mania kita ingin memelihara murai batu untuk dinikmati suara kicauannya yang gacor.

 

Untungnya, masalah murai bengong ini bisa diatasi tanpa harus membeli obat-obat di toko burung. Cukup dengan beberapa terapi dan perlakukan tertentu saja, murai akan kembali sehat dan gacor lagi.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Batu Bengong di Gantangan?

Jadi untuk mengatasi murai batu yang sering bengong, yang perlu dilakukan adalah mengganti voer 2x sehari, memberi EF secara rutin, sering dimandikan dan dijemur, serta dipancing dengan suara murai batu pancingan. Dengan cara mengembalikan mental murai batu yang drop ini, paling lama Anda butuh waktu 1 minggu saja.

 

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca pembahasan tiap langkahnya di bawah ini.

 

1. Ganti Voer dengan Yang Kualitasnya Bagus

Pakan bisa jadi faktor mengapa burung murai batu sering bengong di gantangan. Jika Anda memberi voer yang murahan dan cepat berjamur, bisa jadi murai di rumah keracunan dan harus diberi norit.

Tapi untuk langkah awal, coba diganti dulu pakannya 2x sehari dengan yang baru. Jika ada uang lebih, berikan voer yang kualitasnya bagus di toko burung terdekat. Pastikan tidak ada jamur serta binatang kecil di dalam voer tersebut saat ingin diberikan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jangan lupa, ganti juga airnya 2x sehari berbarengan dengan mengganti pakannya.

 

2. Rutin Beri EF

Berdasarkan rekomendasi dari para veteran di dunia murai, settingan paling dasar untuk murai batu adalah 6 ekor jangkrik di siang hari dan 6 di sore hari. Tapi settingan ini bisa berubah-ubah sesuai dengan karakter murai Anda.

Jika ketika diberikan 6 + 6 setiap hari murai masih sering bengong, coba kurangi menjadi 7 + 7. Atau jika burung malah jadi over birahi, kurangi jumlah jangkrik yang diberikan.

Pastikan jangkrik yang diberikan ke murai selalu fresh, kalau bisa masih dalam keadaan hidup. Sebab jangkrik yang sudah mati sangat cepat membusuk dan dipenuhi oleh hewan-hewan kecil yang bisa membuat murai keracunan.

 

3. Rajin-rajin Dimandikan dan Dijemur

Selain masalah EF, murai bengong juga bisa disebabkan karena tubuhnya kotor. Oleh karena itu, cara paling tepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memandikan murai paling tidak 1 kali sehari selama sering bengong dan menjemur 1 hingga 2 jam setiap hari.

Tapi, jangan mandikan burung ketika sedang mendung atau cuacanya sedang dingin.

Burung murai juga sangat sensitif dengan cuaca. Jadi jika kira-kira cuacanya sedang tidak enak, masukan saja sangkar murai ke dalam dan dikerodong.

 

4. Pancing dengan Suara Murai Batu Pancingan

Yang terakhir, pancing agar murai batu segera buka paruh dengan suara pancingan. Anda bisa mencari pancingan murai asli atau mencari di internet agar lebih mudah.

Perlu diingat, hanya lakukan tahap ini jika murai sudah jarang bengong tapi masih tidak mau bunyi. Jika mentalnya masih drop, bisa-bisa suara pancingan malah membuat kondisi burung stress makin parah.

 

Akhir Kata

Agar burung murai batu bengong bisa segera diatasi, kami sarankan gunakan Maxiplus juga sebagai vitamin tambahan. Multivitamin ini bisa meningkatkan stamina murai agar tidak lesu dan ngembang bulu di gantangan.

Leave a Comment