Perawatan Murai Batu Dorong Ekor agar Tumbuh Makin Panjang

Semakin panjang ekor murai, akan semakin indah penampilan nya. Selain itu, MB yang mempunyai ekor panjang pasti harganya akan lebih mahal dari MB lain.

Perawatan murai dokor yang benar
Asiangeo.com

 

Banyak kasus yang dialami oleh para pecinta MB, yang sering terjadi adalah ekor MB yang berkurang ketika selesai mabung. Hal ini bisa saja terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari.

Namun ada juga, yang ekornya malah justru tambah panjang ketika selasai dokor (mabung ketika dorong ekor). Tentunya dengan perawatan yang benar seperti dibawah ini.

Perawatan Harian Murai Dokor

Merawat MB dokor sebenarnya sama saja dengan merawat MB ketika mabung. Saat proses pertumbahan bulu, MB sangat membutuhkan banyak nutrisi, terutama vitamin, kalsium dan mineral untuk menyuplai bakal bulu barunya.
Ketika MB sedang dorong ekor, mulai kenalkan kembali dengan lingkungan luar. Anda sudah boleh mengembunkan atau memandikannya setiap 3 hari sekali. Namun jangan menjemurnya terlebih dahulu, jika anda punya umbaran silahkan diumbar seminggu sekali selama 10 menit.

Tips Agar Ekor MB bertambah panjang

Beberapa tips dibawah ini adalah cara yang saya lakukan agar ekor MB menjadi tambah panjang ketika selesai mabung.

1. Berikan EF Semaunya

Pada saat masa bertumbuhan bulu (termasuk pertumbuhan bulu halus), berikan EF tanpa hitungan setiap hari alias semaunya. Hal ini sangat penting karena MB mabung butuh nutrisi yang tinggi.
Jika MB anda suka jangkrik, berikan jangkrik yang banyak. Jika sukanya UH ya berikan saja UH yang banyak. Pemberian bisa anda jadwalkan, contohnya setiap 3jam sekali atau 4jam sekali setiap hari.

2. Pastikan Voer Mempunyai Kadar Protein Tinggi

Voer juga mempengaruhi kualitas bulu pada murai, pada saat tidak ada EF otomatis MB akan memakan voer. Oleh karena itu jangan sembarangan dalam memberikan voer, pastikan anda memberikannya voer dengan kualiatas terbaik.

3. Berikan Minyak ikan

Pasti anda sudah tahu kalo minyak ikan sangat bagus diberikan pada MB yang sedang dalam masa pertumbuhan bulu. Seperti yang saya bahas kemaren, mengenai Manfaat minyak ikan untuk MB, minyak ikan juga akan membuat bulu mengkilap dan menguatkan tulang bulunya.
Cara memberikan minyak ikan juga mudah kok, anda hanya perlu suntikan saja. Sedot minyak ikan, kemudian suntikan pada jangkrik ukuran sedang yang akan diberikan pada MB.

4. Berikan Multivitamin

Jangan lupa untuk memberikan vitamin secara rutin setiap seminggu sekali. Vitamin berfungsi untuk menjaga kondisi kesehatan MB agar tidak mudah terkena penyakit ketika mabung.
Karena MB yang sedang mabung sangat rawan terkena penyakit, oleh sebab itu berikanlah secara rutin. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan sangkar dan air minumnya.
Itulah pengalaman saya saat merawat Murai batu sedang dorong ekor. Dengan perawaran seperti diatas,  ekor MB saya menjadi semakin panjang setiap selesai mabung.
Walau bertambahnya tidak instan langsung sangat panjang, namun setidaknya sudah membuat saya senang karena lebih enak dipandang mata.
Categories Murai

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment