Murai Batu Hanya Pasang Badan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa dari Anda mungkin ada yang pernah mengalami kejadian memalukan, dimana murai batu hanya pasang badan di gantangan. Walaupun ini adalah kejadian yang umum, tapi tetap saja murai bikin kita malu sebagai pemiliknya. Apalagi saat sedang dilihat oleh puluhan kicau mania lain.

 

Dalam beberapa kasus, murai bahkan sampai kembang bulu ketika digantang.



 

Tapi perlu Anda ketahui juga, kejadian murai batu hanya pasang badan ini bukan sepenuhnya salah burung. Justru, lebih banyak salah perawatan Anda dibandingkan salah murainya.

 

Jadi murai batu tidak salah. Jika Anda merasa malu dan tidak ingin kejadian yang sama terulang lagi, ketahuilah alasan kenapa murai batu kembang bulu dan hanya pasang badan serta bagaimana cara mengatasinya.

 

Kenapa Murai Batu Hanya Pasang Badan di Gantangan?

Ada 3 penyebab utama kenapa murai batu hanya diam saat di trek, yaitu:

  • Mental
  • Fisik
  • Birahi

Jika ada salah satu dari ketiganya yang sedang bermasalah atau tidak dilatih dengan benar, maka murai tidak akan bunyi di gantangan. Lebih parah lagi, murai bahkan bisa ngejar lawan karena ada banyak burung murai lain di satu tempat secara bersamaan.

 

Untuk lebih jelasnya, mari bahas tiap penyebab murai cuma pasang badan berikut ini.

 

1. Kalah Mental

Untuk bisa ngetrek di gantangan, murai perlu mental yang kuat dan fighter. Banyak kicau mania yang salah kaprah dan hanya melatih isiannya saja tanpa melatih mental burung.

Padahal, segacor apapun murai Anda, ia tidak akan bongkar isian jika mentalnya tidak dilatih.

Itulah mengapa murai hanya pasang badan dan diam saja di gantangan. Sebab ia stress dan takut melihat burung-burung murai lain yang mungkin mentalnya jauh lebih fighter. Apalagi dengan dikelilingi murai yang saling adu suara di tempat yang kecil.

Masalah ini lebih sering kejadian pada burung yang hanya dirawat sendirian di rumah. Sedangkan kicau mania yang punya lebih dari 1 burung di rumahnya biasanya lebih jarang mengalami kalah mental seperti ini.

 

2. Fisik Kurang Sehat

Meskipun dari luar kelihatannya murai sehat-sehat saja, bukan berarti ia dalam kondisi fit untuk digantang. Sebenarnya, poin yang satu ini masih berhubungan dengan masalah mental tadi.

Ketika murai sedang kurang sehat, biasanya ia akan lebih cepat stress saat ketemu burung lain. Itulah kenapa di gantangan murai batu Anda hanya diam saja bahkan hingga kembang bulu.

Bisa jadi ternyata murai sedang sakit perut, bisa jadi murai belum selesai mabung tapi sudah dipaksa dibawa ke arena trek, atau bisa jadi murai sudah stress dari kemarin karena sangkarnya jatuh, kaget, atau pernah disenggol orang lain.

 

3. Murai Over Birahi

Murai kurang birahi saat mau digantang rasanya tidak mungkin. Karena pasti kita sudah siap-siap menyetting murai semalam sebelum arena trek dibuka.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Oleh karena itu, satu-satunya alasan kenapa murai hanya pasang badan yang berhubungan dengan birahi adalah karena murai Anda over birahi. Hal ini kejadian saat murai kebanyakan makan EF hingga birahinya tidak terbendung.

Over birahi juga jadi penyebab murai batu ngejar lawan di trek gantangan. Selain bikin malu, masalah ini juga bisa membuat murai jadi stress dan menganggu kontes.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Hanya Pasang Badan?

Untuk mengatasinya, tentu Anda perlu menghilangkan penyebab-penyebab di atas. Berikut ini adalah cara lengkapnya.

 

Rajin Latber

Latber jadi satu-satunya cara paling cepat jika Anda ingin punya murai yang mentalnya fighter. Jadi, carilah komunitas atau beli satu burung lagi untuk dilatih bareng murai Anda.

Jika Anda belum masuk ke komunitas murai manapun, bawa saja burung ke kontes atau trek terdekat tanpa daftar. Dengan begitu murai Anda bisa tahu bagaimana rasanya bertemu banyak burung kicau lain.

 

Rajin Dijemur

Murai harus rajin dijemur setiap hari, tapi jangan terlalu lama. Maksimal, jemur murai selama 1 hingga 1.30 jam setiap hari dari sejak matahari baru terbit.

Cara ini akan membantu murai terhindar dari penyakit. Jika memang ia sedang mabung, Anda bisa melakukan perawatan murai batu mabung biar cepat ambrol. Jadi tidak ada sisa-sisa bulu lama yang belum rontok dan membuat proses mabungnya jadi lama.

 

Berikan Settingan yang Tepat

Selanjutnya, berikan settingan yang tepat sebelum digantang. Atau lebih tepatnya, temukan dulu settingan terbaik untuk murai Anda sebelum memutuskan daftar kontes dan ingin ditrek di depan umum.

Ada banyak pilihan settingan murai batu gacor yang bisa Anda temukan di internet. Tapi tidak semuanya cocok dengan murai Anda, sebab fisik tiap burung berbeda-beda. Jadi satu-satunya cara menemukan mana settingan terbaik adalah dengan bereksperimen.

 

Penutup

Jadi jika Anda tidak ingin merasa malu karena murai hanya pasang badan di gantangan, persiapkan burung sematang mungkin. Jangan lupa jaga kondisi staminanya tetap fit dengan Maxiplus agar burung tidak cepat loyo setelah bongkar isian.

Leave a Comment