Murai Batu Jarang Ngetrek? Ini Cara Biar Bongkar Isian Lagi

Ketika murai batu jarang ngetrek, pastinya kita merasa kecewa karena sudah beli mahal-mahal. Apalagi untuk yang meloloh dari kecil, diberi makan setiap hari, hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perawatan. Jika ternyata burung jarang bunyi, rasanya seperti usaha yang sudah dikeluarkan jadi sia-sia.

 

Tapi jangan khawatir, murai batu yang tidak bunyi bukanlah masalah besar. Bahkan, murai yang sudah gacor dimaster sekalipun akan ada masa-masa dimana ia tidak mau bunyi.



 

Oleh karena itu, cara mengatasi masalah ini pun ada banyak. Nah, mari kita pelajari satu per satu bagaimana cara mengatasi murai batu jarang ngetrek dalam artikel berikut ini.

 

Kenapa Murai Batu Tidak Bunyi?

Ada beberapa alasan mengapa murai di rumah Anda sering diam, tidak mau bunyi, jarang ngetrek, atau bahkan jarang bergerak sama sekali. Alasannya biasanya berhubungan dengan kesehatan burung atau keadaan sekitarnya.

 

Alasan kenapa murai batu tidak bunyi yang paling sering dialami oleh kicau mania di antaranya:

  • Murai batu tidak tenang karena ada hewan predator di sekitarnya
  • Burung terkena penyakit setelah makan voer basi atau jangkrik yang kotor
  • Mental murai sedang drop
  • Murai sedang mabung
  • Burung stress karena banyak orang atau banyak burung lain di sekitarnya
  • Murai tidak pernah di-setting

Untuk alasan murai yang sedang mabung, tentunya tidak banyak yang bisa Anda lakukan. Justru jika diburu-buru, yang ada burung malah makin stress dan mabungnya jadi tidak sempurna. Jadi untuk kasus seperti ini, baiknya Anda tunggu saja sampai bulu murai tumbuh sepenuhnya.

 

Tapi jika murai Anda sedang tidak mabung, maka ada banyak cara merawat murai batu agar bongkar isian lagi.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Batu Jarang Ngetrek?

Untuk Anda yang punya masalah sama pada burung murainya di rumah, cobalah gunakan cara-cara ini agar bongkat isian lagi.

 

1. Berikan Settingan yang Tepat

Settingan burung murai bermacam-macam, tergantung dari karakteristik murai Anda. Untuk murai yang pendiam, dibutuhkan 5 hingga 10 ekor jangkrik setiap hari sebagai settingan murai sebelum lomba. Sedangkan untuk yang memang rajin bunyi, 3 hingga 5 ekor saja sudah cukup untuk membuatnya bongkar isian seharian.

Untuk tahu mana settingan murai yang tepat untuk murai di rumah Anda, diperlukan eksperimen hingga tahu mana yang terbaik.

Umumnya settingan dimulai dengan memberi 5 ekor jangkrik dulu sebelum dimaster. Jika memang kurang, tambahkan lagi 1 ekor setiap jam hingga settingannya pas. Tapi jika overbirahi, kurangi jumlahnya pada esok hari.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

2. Pastikan Murai Batu Tidak Over Birahi

Jika murai Anda malah over birahi karena cara sebelumnya, segera lakukan langkah-langkah cara merawat murai batu over birahi, yaitu:

  • Berikan ulat bambu
  • Mandikan pada malam hari, tapi harus langsung kering sebelum ditinggal tidur
  • Lakukan pengembunan besok paginya
  • Jangan dijemur dulu
  • Terapi kandang umbaran jika Anda punya

Setelah burung murai normal kembali, barulah coba settingan murai sebelum lomba lagi namun dengan dosis EF yang dikurangi.

 

3. Latih Mental Fighter Murai

Pada dasarnya, burung murai batu adalah burung fighter bawaan lahir. Tapi jika tidak dilatih, mentalnya akan ngedrop hingga jadi jarang ngetrek. Masalah ini terjadi pada burung murai trotol yang jarang bertemu burung lain.

Salah satu cara merawat murai trotol agar fighter adalah dengan latber alias latihan bersama. Pada waktu-waktu awal, murai Anda pasti hanya akan diam dan tidak mau bunyi. Tapi tidak apa-apa, karena butuh waktu lumayan lama agar mental fighternya keluar dan mau ngetrek lagi di depan burung murai lain.

Jika Anda tidak punya teman yang memelihara murai atau burung kicau lainnya, latihan mental murai agar fighter bisa dilakukan dengan menggantungkan sangkarnya di pohon yang banyak burung.

Tapi awasi sangkar tersebut agar tidak ada ular yang masuk atau digondol kucing.

 

4. Latih Isian Murai Batu

Cara mengatasi murai batu jarang ngetrek yang berikutny adalah dengan dilatih isiannya. Salah satu cara paling mudah untuk melatih isian murai adalah dengan menggunakan suara burung murai batu MP3 yang diputar di hp.

Jadi, Anda hanya perlu download suara yang sudah ada di Google atau Youtube di HP. Kemudian mainkan suara kicauan murai tersebut di dekat sangkar murai batu Anda.

Burung murai batu punya kemampuan meniru suara yang sangat hebat. Dalam waktu beberapa minggu, ia bisa menirukan kicauan burung lain dengan sangat mirip, walaupun tetap akan ada ciri khas dari setiap burung. Dan jika dilakukan dengan benar, durasi bongkar isian murai Anda akan semakin panjang ketika ngetrek.

 

Akhir Kata

Untuk mengatasi murai batu jarang ngetrek, Anda juga bisa memberikan multivitamin penambah stamina. Salah satunya adalah Maxiplus. Dengan begitu staminanya tidak cepat habis yang mana bikin murai jadi ngemboss saat ngetrek.

Leave a Comment