4 Cara Mengatasi Murai Batu Nyilet Agar Cepat Sembuh

Salah satu penyakit yang biasa di alami oleh murai batu adalah nyilet. Nyilet merupakan sebutan bagi Murai yang mempunyai tubuh kurus hingga terlihat garis tulang dadanya. Sekilas kita tidak bisa melihat bahwa murai itu nyilet atau tidak.

Namun jika kondisi nyilet sudah parah akan terlihat jelas walau dilihat secara sekilas, apalagi bagi anda sudah terbiasa melihat burung kicau. Rasanya seperti mata ini mendadak gatel melihat burung nyilet.

Sebelum kondisi nyilet menjadi semakin parah, sebaiknya anda harus segera mengambil tindakan pengobatan yang tepat agar MB segera sembuh dan tidak mati sia-sia. Baiklah akan saya jelaskan secara singkat mengenai pengetahuan tentang MB nyilet.

Ciri Umum Murai Batu Nyilet

Secara umum, kasus murai nyilet akan terlihat garis pada bagian tulang dada. Garis tersebut timbul dan tertutup bulu, sehingga bulu dada MB akan terlihat lancip dan bergaris. Adapun pertanda nyilet lain, seperti :

  • Murai terlihat kurus dari biasanya
    Saat dipegang, tulang dadanya sudah sangat terasa.
  • Seperti sudah tidak ada daging di bagian dada

 

Penyebab Murai Batu nyilet

Menurut para dokter hewan, ada 4 penyebab utama yang membuat burung menjadi kurus sampai nyilet, terutama untuk murai batu. Secara rincinya adalah sebagai berikut,

1. Cacingan

Terdapat banyak cacing yang bersarang pada sistem pencernaan Murai. Walau sudah makan banyak, tetap saja kondisi tubuhnya akan tetap kurus.

Pertanda :

  • Burung doyan makan, tapi tubuhnya tetap kurus
  • Kotoran berbusa
  • Saat buang kotoran disertai dengan tingkah laku jentit-jentit atau terlihat kesulitan.

 

2. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri pada sistem pencernaan
Bakteri jahat yang menginfeksi sistem pencernaan MB akan membuat kesehatannya melemah dan menjadi sakit. Biasanya disertai dengan kotoran yang berwaran hijau maupun putih encer.

Pertanda :

  • Murai yang nyilet terlihat lesu dan tidak lincah seperti biasanya
    Burung sering mengembangkan bulu, tapi jika sedang bergerak terlihat sangat lemas dan kurusnya keliatan.
  • Sering menurunkan sayapnya

 

3. Infeksi jamur

Kasus ini hampir mirip dengan MB yang terserang bakteri pada sistem pencernaan nya.

Pertanda :

  • Murai nyilet yang disertai mata terlihat sayu dan terkadang berair
  • Burung lemas, lesu dan jarang bunyi
  • Bulu-bulu terlihat kurang rapi dan kusam
  • Nafsu makan murai menurun
  • Kotoran berwarna hijau dan sering berak kapur.
  • Saat bergerak tampak lemas dan tidak mempunyai tenaga.

 

4. Gizi Buruk

Gizi buruk, dikarenakan kualitas makanan harian yang kurang bagus. Sehingga MB menjadi mal nutrisi. Kasus ini jarang ditemukan untuk murai, tapi untuk burung lain seperti konin, hal ini sering terjadi.

Mengatasi Murai Batu Nyilet

Bagai mana prosedur yang tepat untuk mengobati Murai yang sudah terlanjur nyilet parah agar bisa sembuh?

1. Mengatasi Murai Nyilet Karena Cacingan

Jika gacoan MB anda sudah nyilet parah dan terdapat gejala dan pertanda seperti diatas, segera lakukan pengobatan yang tepat. Untuk mempercepat proses penyembuhannya anda harus mematikan cacing-cacing yang ada di dalam tubuh murai batu.

Caranya adalah dengan memberikan obat cacing, segera beli di kios burung terdekat dan pastikan obat tersebut sudah terdaftar di kemendagri dan BPOM untuk memastikan keamanannya.

2. Mengobati Murai Nyilet Karena Infeksi Bakteri

Jika mendapati pertanda murai nyilet karena disebabkan oleh infeksi bakteru seperti gejala diatas, segera berikan obat antibiotic khusus untuk burung kicau. Obat ini sudah sangat banyak dipasaran, tentunya dengan harga yang dibawah 30rb.

Berikan sesuai aturan yang terdapat pada kemasan antibiotic tersebut. Berikan sampai gejala infeksi bakteri hilang agar kondisi kesehatan nya segera pulih.

3. Mengobati Nyilet Karena Infeksi Jamur

Jika mendapati MB nyilet dengan gejala diagnosa infeksi jamur seperti diatas, tindakan yang terbaik adalah memberikan obat. Cara mengobatinya adalah cukup dengan antibiotic seperti poin ke-3.

Berikan sesuai aturan dan stop pemberian obat jika MB sudah sembuh. Untuk mengetahui bahwa infeksi sudah sembuh adalah dengan melihat tingkah laku dan kotoran-kotoranya. Jika sudah normal, pemberian sudah bisa dihentikan.

Cara Memulihkan Kondisi Murai Pasca Nyilet

Setelah murai terkena penyakit nyilet, tentu performa nya tidak se garang sebelum ia nyilet. Oleh karena itu, anda harus menerapkan beberapa terapi untuk memulihkan kondisi tubuhnya.

Salah satunya adalah memperbanyak pemberian EF dan memberikan multivitamin rutin setiap seminggu 1x. Kembali rawat gacoan anda seperti biasanya, agar murai bisa gacor kembali.

Namun dalam kasus nyilet parah, biasanya  kondisi MB akan macet bunyi walau sudah sembuh, anda bisa menerapkan perawatan khusus untuk mengatasi murai batu macet bunyi agar bisa gacor lagi.

Semoga postingan saya kali ini bisa bermanfaat untuk rekan-rekan Murai Batu Mania ya. Terimakasih

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment