Cara Mengatasi Murai Batu Stress Dalam 2 Minggu (Pengalaman)

Bukan hanya manusia aja, ternyata murai batu juga bisa merasakan stress loh. Masalah ini sering terjadi bagi kalangan pecinta MB, yang tadinya gacor kok mendadak jadi pendiam dan bertingkah aneh-aneh.

Apakah murai batu anda sedang stress? Dan bingung bagaimana tindakan yang tepat untuk menanganinya. Kalo iya, yok mari kita bahas secara lengkap mengenai cara mengatasi murai batu stress.

Sebelum kita bahas lebih lanjut, sebaiknya anda harus tahu dulu ciri-ciri murai batu stress agar tidak keliru saat melakukan terapinya.

 

Seperti Apa Ciri-ciri Murai Batu Stress?

Dibawah ini beberapa gejala umum yang menandakan kalo murai batu anda benar-benar stress, silahkan disimak.

  • MB mendadak diam atau macet bunyi, padahal tadinya rajin berkicau bahkan sudah gacor.
  • Murai menjadi malas gerak, ia bergerak kalo mau makan saja.
  • Mendadak jadi giras kalo sangkarnya dipegang, padahal tadinya MB sudah jinak.
  • Tingkah lakunya seperti gelisah dan tidak nyaman berada di dalam sangkar.
  • Sering mengembangkan bulu-bulunya.
  • Dalam kasus stress yang parah, murai menjadi cabul (cabut bulu sendiri), mematok kaki, bahkan tidak mau makan.

 

Apa Penyebab Murai Batu Stress?

Ada banyak hal yang menyebabkan MB tiba-tiba menjadi stress. Agar bisa dengan mudah anda pahami, kami sudah meringkas beberapa poin-poin penting yang membuat MB stres.

 

  • Kalah mental, nah ini adalah penyebab yang paling umum terjadi. Kalah mental bisa terjadi saat di gantangan maupun dirumah jika memelihara lebih dari 1 murai di rumah. Kalo salah satu kalah, biasanya ia akan stres dan mendadak jadi diam.
  • Pernah trauma dengan hewan lain, kalo anda tidak hati-hati meletakkan murai, waspadalah karena banyak ancaman yang bisa membuatnya stress. Seperti kucing, tikus, anjing, ayam dan hewan lain yang suka mengganggu burung.
  • Stress karena lingkungan, ada juga murai yang takut dengan sesuatu hal di lingkungan anda. Baik keadaan rumah yang ramai, ataupun banyak lalulintas kendaraan besar yang melintang.
  • Terjatuh dari sangkar
  • Pernah dipegang dengan tangan
  • Burung masih bahan dan takut dengan orang, walaupun lingkungan tidak ramai.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Batu Stress?

 

1. Tempatkan di lingkungan yang nyaman

Hal pertama yang harus dilakukan kalo murai batu mengalami stress adalah menempatkannya di tempat yang nyaman. Jauhkan dari tempat yang terlalu banyak gangguan seperti lalu lalang kendaraan besar, lingkungan proyek, keramaian anak kecil, dan terhindar dari hewan penganggu.

Tempat paling strategis adalah di dalam rumah atau di teras yang kondisinya sejuk.

 

2. Asingkan untuk sementara waktu

Langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah mengasingkannya untuk beberapa waktu. Bukan berarti ia harus sendirian, anda boleh menempatkan beberapa burung kecil di sekitarnya.

Yang terpenting, pastikan tidak ada MB lain yang tinggal satu rumah dengan murai stress anda. Kenapa? Karena akan memperparah tingkat ke-stresan yang ia alami.

 

3. Lakukan terapi air

Cara mengatasi murai batu stress selanjutnya adalah dengan menggunakan metode terapi air. Cara paling sederhana untuk melakukan terapi ini adalah menempatkan di dekat kolam, aquarium, atau di kamar mandi.

Kalo kondisi ini tidak memungkinkan, anda bisa juga kok menggunakan suara MP3 gemricik air, dan memutarkannya setiap hari.

Tahukah anda? Di alam liar, burung sangat menyukai suara gemricik air, termasuk murai batu. Dengan begitu, burung yang stress akan merasa rilex dan kondisinya akan membaik.

Lakukan terapi ini setiap hari setelah murai batu di jemur.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Perlihatkan dengan murai batu betina

Murai batu betina sangat bagus untuk memancing hasrat MB jantan. Kalo di alam liar, si jantan akan selalu berkicau dengan suara lantang untuk memikat perhatian betina.

Nah dengan sifat bawaan seperti itu, kita bisa memanfaatkan MB betina untuk media terapi mengatasi murai batu stres dirumah.

Caranya juga sangat simpel, dekatkan saja MB betina setiap hari selama 15 menit, setelah itu pisahkan kembali.

 

5. Berikan vitamin anti sress

Untuk mempercepat proses pemulihannya, anda bisa memberikan sebuah vitamin yang mengandung anti stress di dalamnya.

Walaupun saat ini belum ada obat dengan merk khsusus untuk burung stress, tapi saya pastikan hampir semua vitamin burung mengandung obat anti sress.

Berikan vitamin 3x dalam seminggu selama masa pemulihan kondisi MB. Kalo kondisinya sudah mulai membaik, segera hentikan pemberian vitamin.

Cukup lakukan terapi sederhana diatas saja setiap hari, saya yakin deh MB akan segera pulih kalo dilakukan secara telaten. Jangan lupa, berikan juga EF yang paling disukainya setiap hari dengan porsi 2x lipat.

 

Adakah Perawatan Khusus untuk Murai Batu Stress?

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus untuk mengobati MB stress. Lakukan saja perawatan harian seperti biasa, dan jangan lupa untuk menerapkan terapi seperti diatas.

Berikan perawatan terbaik seperti melakukan pengembunan, penjemuran, pemandian, dan perawatan lain sesuai kebiasaan anda.

Setelah melakukan perawatan, anda bisa menempatkannya ke tempat yang nyaman dan segera melakukan terapi mengatasi MB stres diatas.

Cukup sekian ya artikel kami pada kesempatan kali ini, semoga tips untuk mengatasi murai batu stress diatas bisa bermanfaat bagi rekan-rekan semua.

Kalo anda punya pertanyaan seputar permasalahan murai batu stres, silahkan tanyakan saja di kolom komentar artikel ini ya. Terimakasih

Categories Murai
     

Leave a Comment