Kenapa Murai Batu Tidak Bunyi? Mungkin Ini Sebabnya

Kenapa murai batu tidak mau bunyi? Pertanyaan seperti ini mungkin sering Anda tanyakan ketika burung di rumah tidak mau buka paruh sama sekali. Sebab walaupun murai adalah burung kicau, ada masa dimana ia tidak berkicau sama sekali.

 

Masalah ini bisa terjadi bukan hanya sehari atau 2 hari saja. Kadang, murai bisa macet bunyi sampai seminggu atau bahkan lebih.



 

Sebagai orang yang memelihara murai batu untuk dinikmati suaranya, tentu masalah seperti ini perlu segera diatasi. Oleh karena itu, mari mulai dengan mencari tahu kenapa murai tidak bunyi di rumah.

 

Kenapa Murai Batu Tidak Bunyi?

Ada banyak alasan kenapa murai batu tidak bunyi selama berminggu-minggu. Mulai dari asalan internal seperti sedang sakit atau sedang mabung, hingga alasan eksternal seperti ada kucing, sangkarnya pernah jatuh, dan lain sebagainya.

 

Anda perlu bisa mencari penyebab murai batu diam saja secepat mungkin, apalagi bila ternyata murai tidak bunyi trek trek karena sedang sakit.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab utama kenapa burung murai diam saja yang bisa Anda cek.

 

1. Burung Sedang Stress

Stress adalah alasan paling utama kenapa murai kembang bulu hingga tidak mau bunyi sama sekali. Dalam beberapa kasus, burung bahkan sampai tidak mau makan dan akhirnya mati.

Penyebab stress pada murai sendiri ada banyak. Jadi cara mengatasi burung murai batu stres juga ada beberapa pilihan.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan memindahkan sangkar ke tempat yang lebih tenang, tidak banyak dilewati orang, dan tidak dekat burung maupun hewan lain. Pastikan juga tidak ada kucing, anjing, tikus, atau hewan liar lainnya di sekitar sangkar burung.

 

2. Murai Sedang Mabung

Mabung adalah siklus yang dialami setiap burung selama berapa minggu. Umumnya, murai hanya akan mabung sekali seumur hidup ketika beralih dari usia anak burung ke dewasa. Namun ada juga kasus dimana burung mabung lebih dari satu kali, bahkan menjadi rutin setiap bulan.

Ketika murai sedang mabung, ia akan tidak banyak berkicau bahkan tidak banyak bergerak. Ia bahkan jadi lebih sensitif ketika mendeteksi ancaman sedikit saja.

Cara mengatasi murai batu macet bunyi karena sedang mabung sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu menunggu hingga proses mabung selesai dengan sempurna. Selain itu, jangan lakukan hal ini selama murai mabung.

  • Jangan dijemur
  • Jangan dimandikan
  • Jangan terlalu banyak diberi jangkrik dan kroto
  • Boleh diangin atau diembun, tapi jangan terlalu lama
  • Hindari membuka krodong sangkar selain untuk membersihkan sangkarnya

 

3. Murai Overbirahi

Penyebab kenapa murai batu tidak bunyi yang selanjutnya adalah karena burung sedang overbirahi. Hal ini berkaitan dengan settingan EF yang Anda berikan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jika terlalu banyak memberi jangkrik atau kroto, murai bisa stress karena overbirahi sampai tidak mau bunyi sama sekali. Biasanya murai yang overbirahi memiliki ciri sebagai berikut

  • Sering menabrak-nabrak ke sangkar
  • Kembang bulu
  • Sering lompat-lompat di tenggeran

Ketika sedang overbirahi, ada baiknya Anda tidak menjemur murai karena akan membuat birahinya makin tinggi. Justru, berikan EF yang sifatnya menetralkan seperti ulat bambu.

 

4. Murai Kurang Birahi

Jika sebelumnya murai tidak mau bunyi karena overbirahi, penyebab lainnya murai tidak mau bunyi juga bisa karena ia kurang birahi. Biasanya hal ini karena settingan yang Anda berikan justru kurang cocok untuk burung.

Anda bisa mencari cara buat murai batu cepat bunyi dengan settingan yang ada di internet.

Atau, Anda juga bisa mengikuti settingan sederhana yang akan kami bagikan berikut ini.

  • Murai diembun dulu di pagi hari
  • Kemudian dijemur sekitar 1 hingga 1 setengah jam
  • Lanjutkan dengan memberi jangkrik 5 buah
  • Setelah dijemur, diangin-angin dan berikan 3 ekor jangkrik lagi
  • Terakhir sebelum dimaster, berikan 3 ekor jangkrik lagi

Jika settingan di atas membuat murai Anda over birahi, kurangi jumlah jangkriknya, tapi jangan hilangkan jemur dan diembunnya.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Murai Batu Macet Bunyi?

Cara mengatasi murai batu macet bunyi yang paling efektif tentunya adalah dengan dicari akar penyebabnya dan dihilangkan.

 

Setelah itu, barulah Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pastikan burung sering dijemur
  2. Berikan EF setiap hari, tapi jangan terlalu banyak
  3. Latih mental murai batu dengan sering ditrek atau latber
  4. Rajin mandikan murai
  5. Berikan pakan yang bernutrisi
  6. Jangan berhenti dilatih dengan suara burung murai batu mp3 meskipun sudah gacor

Selain itu, memancing murai batu agar bunyi juga bisa jadi cara mengatasi masalah yang sedang Anda alami. Ada banyak suara pancingan murai betina yang bisa Anda temukan di Google gratis.

 

Akhir Kata

Itulah dia alasan kenapa murai batu tidak bunyi dan cara mengatasinya. Jangan lupa berikan vitamin untuk murai seperti Maxiplus agar ia makin rajin ngetrek dan ga gampang loyo saat bongkar isian.

Leave a Comment