Makanan dan Obat Lovebird Nyilet Karena Cacingan

Pemberian makanan dan obat lovebird nyilet akan mempengaruhi lambat atau cepatnya penyakit ini selesai. Sebab nyilet bukanlah masalah yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati dan diberi perawatan khusus. Apalagi jika kondisi lb makin hari makin menurun.

 

Bila Anda sudah beberapa kali memelihara burung lovebird, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit yang satu ini. Karena kondisi nyilet pada lovebird bisa dibilang banyak terjadi, khususnya bila burung ditempatkan di kandang yang lembab serta jarang dibersihkan.

 

Penyakit ini juga harus segera diobati. Karena bila didiamkan, tubuh lovebird bisa semakin kurus dan lemah. Tapi apa obat untuk lovebird nyilet yang ampuh?

 

Penyebab Lovebird Nyilet

Sebenarnya lovebird nyilet atau kurus bisa disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya adalah:

  • Kurang nafsu makan
  • Sangkarnya tidak nyaman
  • Makanan tidak cocok
  • Sangkar kotor dan dipenuhi bakteri
  • Lovebird terserang penyakit paruh gajah

Tapi penyebab lovebird nyilet yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah karena cacingan. Sebab kebanyakan pemilik burung ini di Indonesia biasanya menaruh sangkar di tempat yang tertutup, lembab, dan jarang dibersihkan. Sehingga telur – telur cacing menetas di sekitar sangkar dan menjadikan burung sebagai inangnya.

 

Dengan begitu, nutrisi yang masuk ke tubuh burung dari makanan akan terserap oleh cacing di tubuhnya. Sehingga lovebird tidak mendapat asupan nutrisi yang berakhir dengan tubuhnya makin kurus.

 

Apa Obat Lovebird Nyilet Karena Cacingan?

Dalam kasus seperti ini, tentunya obat nyilet lovebird yang harus diberikan adalah obat cacing. Baik itu obat cacing burung alami maupun obat generic yang bisa dibeli di apotek atau toko burung. Sebab selama cacing di dalam tubuhnya tidak dibasmi, lovebird akan terus nyilet dan tidak mau makan.

 

Salah satu obat lovebird cacingan yang paling ampuh adalah Combantrin. Pastinya Anda semua sudah pernah dengar nama obat ini. karena Combantrin juga digunakan untuk cacingan pada manusia.

 

Pemberian Combantrin cukup dilakukan satu kali sesuai aturan yang tertulis di kemasan obat. Cacing di dalam tubuh lovebird nantinya akan keluar melalui anus dan di kotoran burung. Segera bersihkan cacing – cacing ini agar tidak menjadi masalah baru.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Makanan Untuk Lovebird Nyilet

Setelah diberi Combantrin, lovebird hanya boleh diberi pakan biji – bijian saja. Hindari memberi pakan yang bentuknya besar seperti jagung atau buah.

 

Pakan terbaik untuk lovebird nyilet adalah biji milet dan haver atau oat. Anda bisa mencari makanan ini di hampir semua toko burung. Kedua jenis pakan ini juga bisa diberikan bersamaan alias dicampur dalam satu wadah.

 

Bila ingin dicampur, usahakan perbandingan antara haver dan milet sama alias 1:1. Pemberian pakan milet dan haver ini juga harus dilakukan sampai tubuhnya kembali gemuk dan bisa makan pakan lain. Umumnya lovebird nyilet membutuhkan waktu 7 hingga 20 hari untuk kembali normal.

 

Pisahkan juga lovebird dengan burung yang lain di kandang steril. Jangan sentuh lb selama ia masih nyilet. Jangan pula memandikan, menjemur dan mengumbar burung sampai sembuh. Hal ini justru akan memperburuk kondisi tubuhnya karena bisa membuat lovebird stress.

 

Kesimpulan

Demikianlah makanan dan obat lovebird nyilet karena cacingan. Lakukan semua yang dituliskan di atas agar proses penyembuhannya lebih cepat. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan lb baik sangkar maupun tubuhnya dan ganti air minum setiap hari agar ia tidak nyilet lagi ketika sudah sembuh.

Leave a Comment