Obat Ampuh untuk Mengatasi Murai Batu Stress

Ada banyak cara mengatasi burung murai batu stress. Sayangnya, ada banyak pula penyebab burung murai batu sering stress dan cara mengatasi masalah ini berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, sebagai kicau mania, Anda perlu paham bagaimana cara mengatasi murai batu yang sering stress.

 

Masalah stres pada murai batu ini adalah hal yang sangat wajar. Dalam sebulan, biasanya ada satu atau 2 kali burung stres karena bermacam alasan. Bahkan di masa tertentu, seperti ketika sedang mabung, burung bisa macet bunyi hingga seminggu atau sampai mabungnya selesai.



 

Nah, dalam kesempatan kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara mengatasi burung murai batu stres dan apa saja penyebabnya.

 

Kenapa Murai Batu Sering Stress?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada banyak alasan mengapa burung murai batu sering stress. Salah satunya adalah karena sedang mabung atau ganti kulit.

 

Pada masa tersebut, burung tidak akan mau bunyi, kadang tidak mau makan, dan jarang bergerak. Hal ini dianggap normal karena memang pada masa mabung murai batu harus banyak beristirahat agar prosesnya bisa selesai dengan sempurna. Jika mabung terganggu, bisa-bisa ada botak pada bagian tertentu di tubuhnya.

 

Selain karena mabung, penyebab murai batu tidak tenang juga bisa disebabkan oleh banyak alasan lain, misalnya:

  • Sangkarnya jatuh atau tersenggol oleh orang saat jalan
  • Sangkarnya pernah diterkam kucing
  • Stress karena ada burung baru yang lebih gacor
  • Kalah mental saat ditrek
  • Overbirahi karena kebanyakan EF

 

Cara Paling Cepat Mengatasi Murai Batu Stress

Mengatasi murai batu stress harus disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagai contoh kalau MB stress karena pernah diterkam kucing, maka jauhkan kucing-kucing liar maupun peliharaan dari sangkarnya. Sebab burung bisa mendeteksi ketika ada predator di sekitar mereka.

 

Jika penyebab MB stress di rumah Anda karena alasan lain, ikuti cara-cara yang sudah kami rangkum di bawah ini.

 

1. Pancing Dengan Murai Betina

Umumnya, mental burung murai batu akan langsung naik ketika ia didekatkan dengan burung betina. Oleh karena itu memancing dengan murai betina bisa jadi satu cara agar burung MB yang stress hingga macet bunyi mau buka paruh lagi.

Tetapi cara ini tidak akan berhasil jika MB stress karena overbirahi. Umumnya, ciri MB over birahi adalah seperti berikut:

  • Tidak bisa diam
  • Suka menabrak-nabrak sangkar
  • Ngeriwik tapi suaranya tidak jelas
  • Seperti burung sakit

Jika Anda tidak punya murai betina, atau tidak mau beli burung lagi, cobalah pinjam punya teman satu komunitas MB. Kalau tidak ada juga, gunakan cara alternatif dengan pancingan suara murai betina MP3.

 

2. Tempatkan Sangkat di Ruangan yang Tenang

Jika MB stres karena sedang mabung, maka tempatkanlah sangkarnya di tempat yang agak lebih tinggi dan tidak banyak dilewati orang. Jangan lupa, pastikan tidak ada hewan lain seperti ular, tikus, atau kucing di sekitar sangkar tersebut.

Agar burung lebih tenang, gunakan kerodong di sepanjang siang dan malam. Buka kerodong hanya di pagi hari saja sambil diawasi oleh Anda.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

3. Berikan Obat Khusus

Cara mengatasi murai batu stress yang terakhir adalah dengan memberikan obat khusus. Ada banyak pilihan obat yang bisa Anda temukan untuk mengatasi masalah murai stress. Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri obat alami untuk masalah ini.

 

Apa Obat untuk Murai Batu Sress?

Untuk Anda yang murainya sedang stress di rumah, kami rekomendasikan memberi obat ini sesegera mungkin.

 

Maxiplus

Maxiplus adalah multivitamin peningkat energi sekaligus untuk mengatasi burung yang stress. Karena dibuat dari racikan alami, multivitamin ini aman untuk diberikan kepada hampir semua jenis burung.

Cara memberikan Maxiplus untuk burung murai juga sangat mudah. Anda bisa mencampurkannya ke makanan atau memberikannya langsung.

 

Ramuan Madu

Selanjutnya, ramuan madu bisa jadi solusi untuk murai yang stress hingga tidak macet bunyi berminggu-minggu. Karena layanya untuk manusia, madu juga sangat bermanfaat dan bisa menyembuhkan banyak penyakit pada hewan.

Memberikan madu ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  1. Berikan madu murni langsung sebanyak 1 sendok teh 3x sehari
  2. Larutkan madu dengan air dan berikan sedikit-sedikit ke murai

 

Rebusan Jahe

Dan yang terakhir, Anda bisa memberikan rebusan jahe untuk mengatasi murai stress karena sedang sakit. Rebusan jahe tidak boleh terlalu banyak dan tidak boleh diberikan dalam keadaan panas.

Biasanya, jahe diberikan hanya satu wadah air kecil saja, tanpa gula, dan langsung diganti setelah 5 jam baik sudah habis maupun masih tersisa.

 

Penutup

Selama murai batu tidak tenang, bahkan kadang hingga kembang bulu, tentunya Anda tidak bisa menikmati kicauan mereka. Oleh karena itu, segera pahami cara mengatasi burung murai batu stress agar Anda bisa menikmati kembali kicauannya yang gacor.

Leave a Comment