Pakan Lovebird Agar Cepat Kawin

Bila lb Anda sudah dipasangan selama berhari – hari namun belum kunjungi bertelur, mungkin memberikan pakan lovebird agar cepat kawin dan bertelur bisa menjadi langkah yang tepat. Karena jenis pakan yang diberikan sehari – hari menjadi faktor penting ketika ingin menjodohkan lovebird.

 

Umumnya, burung lb hanya diberi pakan voer dan EF berupa jangkrik  dan kroto saja. Padahal di alam liar, lovebird yang ingin kawin atau dalam musim kawin akan mencari pakan yang jauh lebih beragam lagi.

 

Hal tersebut menjadi juga cara meningkatkan birahi lovebird agar cepat kawin dan berkembang biak. Jadi, berikanlah pakan alami lovebird di musim kawin agar proses penjodohan memakan waktu lebih cepat.

 

7 Jenis Pakan Agar Lovebird Cepat Kawin

Nah untuk Anda yang ingin mencoba ternak atau menjodohkan lb, berikut ini kami akan membagikan 7 jenis pakan agar lovebird cepat birahi dan kawin.

 

1. Tulang Sotong

Tidak banyak orang tahu bahwa tulang sotong merupakan salah satu pakan alami lovebird liar. Meskipun memang jarang ditemukan lovebird yang makan tulang sotong ini.

Pemberian tulang sotong bisa membantu meningkatkan birahi lovebird di musim kawin. Anda bisa menghaluskan dan mencampurkannya dengan milet atau diberikan utuhan langsung ke burung.

 

2. Jagung Muda

Memberi jagung untuk pakan lovebird memang sudah banyak dilakukan. Namun jagung yang diberikan adalah jagung kering yang sudah dicampur dengan biji – bijian lain seperti kwaci. Sedangkan pakan yang membantu penjodohan lovebird adalah jagung muda.

Jagung muda sebenarnya banyak dijual di toko – toko burung, namun Anda perlu meminta ke penjualnya secara spesifik. Selain itu, perhatikan pula pemberian pakan ini karena bisa membuat lb cepat overbirahi.

 

3. Telur Ayam Rebus

Bisa dibilang, telur ayam rebus merupakan salah satu vitamin pendongkrak birahi lovebird alami yang ingin dikawinkan maupun ketika ingin dimaster. Sebab layaknya EF, telur rebus tinggi kandungan protein yang bisa meningkatkan birahnya.

Meskipun di alam liar lovebird tidak makan telur rebus, namun makanan satu ini bisa menjadi alternatif agar lb cepat kawin.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

4. Kangkung

Pakan burung lb agar cepat kawin yang berikutnya adalah kangung. Bukan hanya sebagai peningkat birahi, jenis sayuran yang satu ini juga menjadi solusi agar lovebird bertelur banyak dan menetas semua.

Sebab kangkung tinggi akan zat besi dan Vitamin. Yang mana kedua nutrisi ini dibutuhkan indukan betina lovebird agar menghasilkan telur yang banyak dan kuat.

 

5. Kecambah

Dibandingkan voer atau pakan harian lainnya, kecambah memiliki kandungan protein yang paling tinggi. Meskipun harganya juga cukup tinggi, apalagi bila harus diberikan setiap hari. Oleh karena itu pemberian kecambah umumnya dicampur dengan pakan lain seperti milet.

Selain itu, kecambah juga baiknya tidak diberikan langsung. Sebab lovebird akan sering overbirahi dan gestang bila terlalu banyak makan kecambah.

 

6. Daun Bayam

Pakan berikutnya yang membantu mempercepat lovebird kawin adalah daun bayam. Layaknya kangkung, daun bayam juga tinggi akan zat besi yang mempengaruhi kualitas indukan betina lovebird.

Pemberian daun bayam biasanya dengan dipotong halus dan dicampurkan ke milet atau voer.

 

7. Biji – Bijian

Dan jenis pakan terakhir yang bisa Anda beri agar lovebird cepat kawin adalah semua jenis biji – bijian. Baik itu milet, gabah, kuaci, biji fumayin dan masih banyak lagi. Selain itu, biji – bijian juga makanan harian terbaik untuk lovebird yang ingin dijodohkan.

 

Akhir Kata

Itulah dia 7 jenis pakan lovebird agar cepat kawin. Untuk berapa lama lovebird bertelur setelah kawin, umumnya memakan waktu 5 hingga 7 hari sejak pembuahan.

Leave a Comment