Burung Mati Jika 7 Pantangan Kenari Mabung Ini Diabaikan

Ada beberapa pantangan kenari mabung yang bisa bikin burung jadi mati jika tidak diikuti. Sebab ketika sedang mabung, kenari menjadi sangat sensitif, mudah sakit, dan mudah stress. Jadi tidak jarang kenari gagal mabung karena salah perawatan oleh pemiliknya.

 

Perawatan pada masa-masa mabung ini memang sedikit rumit dan memakan waktu lama. Banyak kicau mania yang malas-malasan merawat kenari ketika masa mabung. Sebab burung tidak bisa bunyi atau produksi telur sama sekali.

 

Meskipun begitu, Anda tetap harus merawat kenari dengan benar jika tidak ingin gagal mabung apalagi sampai mati. Oleh karena itu, mari pelajari apa saja yang harus dihindari selama burung lagi mabung.

 

Apa Saja Pantangan Kenari Mabung?

Pantangan kenari mabung sebenarnya tidak banyak, hanya ada 7 hal saja yang tidak boleh dilakukan, yaitu:

  1. Jangan memandikan kenari
  2. Jangan memancing suara kenari
  3. Jangan biarkan sangkar kenari lembab
  4. Jangan jemur kenari
  5. Jangan berikan EF pembangkit birahi
  6. Jangan dikrodong 24 jam
  7. Jangan sering tengok kenari

Mari kita bahas lebih lanjut setiap poin di atas.

 

1. Jangan Memandikan Kenari

Yang pertama, selama mabung kenari tidak boleh dimandikan sama sekali. Baik itu dimandikan dengan cara disemprot pakai sprayer, maupun pakai bak mandi sendiri.

Sebab burung bisa kedinginan dan masuk angin. Mengingat tubuhnya belum ada bulu sama sekali dan beberapa masih pada rontok.

 

2. Jangan Memancing Suara Kenari

Beberapa kicau mania ada yang tetap memaster kicauan kenari selama dia mabung dengan pancingan Mp3. Sebenarnya hal ini kurang tepat.

Selama mabung, kenari membutuhkan waktu istirahat full. Tidak boleh stress sama sekali, apalagi terpancing sampai jadi nembak-nembak. Jadi kalau bisa, pisahkan dulu kenari jantan jauh-jauh dari betinanya dan dari burung yang lain.

 

3. Jangan Biarkan Sangkar Kenari Lembab

Ketika sedang mabung, kenari harus ditaruh di ruangan yang ventilasi udaranya bagus. Sehingga sangkarnya jadi tidak lembab dan banyak kuman.

Selain itu, bersihkan wadah kotoran di sangkarnya setiap hari dan jemur dulu sampai kering sebelum dipasang lagi. Kalau bisa, siapkan 2 wadah kotoran agar bisa dipakai gantian.

 

4. Jangan Jemur Kenari

Kenari memang tidak boleh sampai lembab, tapi juga tidak boleh dijemur. Pantangan kenari mabung yang satu inlah yang bisa membuat burung jadi mati.

Karena selama mabung, fisik kenari sangat lemah. Dan panas sinar matahari tidak akan bisa tertahan oleh bulu sebagaimana mestinya. Jadi jangan pernah jemur kenari sampai semua bulunya benar-benar tumbuh dan rata lagi.

 

5. Jangan Berikan EF Pembangkit Birahi

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kenari tidak boleh banyak berkicau selama masih mabung. Jadi selama burung mabung, hindari memberikan EF yang membangkitkan birahi seperti jangkrik, kroto, telur rebus, apel, dan lainnya.

Berikan saja pakan kenari mabung khusus atau memberi voer seperti biasa. Berikan juga Maxiplus sebagai multivitamin tambahan agar tubuhnya tidak terserang penyakit.

 

6. Jangan Dikrodong 24 Jam

Banyak yang sering bertanya, “apakah kenari mabung boleh dikrodong?”, dan semacamnya.

Jawabannya, kenari mabung memang harus dikrodong. Tapi tidak boleh full krodong 24 jam. Sebab sangkarnya akan lembab, pakan di sangkarnya jadi mudah busuk, dan kenari bisa terserang penyakit. Jadi kalau pagi sampai siang hari, buka setengah krodongnya sampai di bawah tangkringan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

7. Jangan Sering Tengok Kenari

Dan yang terakhir, kenari mabung tidak boleh sering ditengok. Semakin banyak Anda menengok kenari, maka semakin membuat burung stres dan mabungnya jadi makin lama.

Itulah mengapa kami sarankan membeli 2 wadah kotoran untuk sangkar burung. Sehingga setiap hari, Anda hanya perlu menengok satu kali saja ketika memberi makan sekaligus mengganti wadah kotorannya. Wadah yang lama bisa dicuci dan dijemur kemudian digunakan esok harinya.

 

Bolehkah Burung Mabung di Embunkan?

Pertanyaan lain yang sering ditanyakan adalah, “apakah kenari mabung boleh diembunkan?”. Jawabannya boleh, tapi jangan sembarang mengembunkan burung.

 

Kenari mabung baru boleh diembunkan dalam 2 kondisi, yaitu:

  • Kalau masih ada bulu yang belum rontok
  • Kalau bulunya sudah tumbuh semua

Ketika kenari sedang gundul, jangan diembunkan sama sekali.

 

Selain itu jika Anda memelihara lebih dari satu burung, kenari yang sedang mabng harus diembun yang paling pertama. Proses mengembunnya cukup 15 menitan saja. Kemudian sankar kenari dimasukan lagi ke tempat biasa, dan burung yang lain baru mulai diembunkan.

 

Dengan begitu kenari yang mabung tidak akan stress bertemu burung yang lain.

 

Mengembunkan kenari sendiri bisa membantu agar bulunya semakin cepat rontok dan bulu yang baru semakin cepat tumbuh.

 

Tapi kalau sedang botak, kenari bisa-bisa kedinginan karena angin pagi.

 

Akhir Kata

Seperti itulah 7 pantangan kenari mabung yang harus Anda hindari. Pastikan untuk selalu mengikuti cara merawat kenari mabung yang benar sampai tanda kenari selesai mabung muncul.

Leave a Comment