Pengalaman Pinjam Uang di UangTeman

Beberapa dari Anda mungkin sudah melihat atau membaca pengalaman pinjam uang di UangTeman dari kolom review Google Play Store maupun mendengarkan langsung dari para nasabahnya. Pastinya ada yang mengatakan UangTeman itu aplikasi pinjol terbaik dan ada pula yang mengatakan UangTeman penipu.

Tetapi kali ini, kami akan membagikan ulasan UangTeman sebagai pinjol berdasarkan versi kami sendiri. Mungkin beberapa dari Anda akan ada yang tidak setuju.

Namun daripada bingung atau ragu, lebih baik baca dulu ulasan UangTeman kami sebelum mengajukan pinjaman online di aplikasi ini.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi UangTeman Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Apa Itu Aplikasi UangTeman?

Pertama-tama, UangTeman merupakan aplikasi pinjaman online yang berdiri di bawah nama perusahaan PT. Digital Alpha Indonesia. Layaknya anak perusahaan Digital Alpha yang lain, UangTeman juga bergerak di bidang finansial.

Digital Alpha sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi dan finansial terbesar di Asia Tenggara. Jadi reputasi dari UangTeman ini sudah tidak perlu Anda ragukan lagi.

UangTeman ini menawarkan pinjaman online dengan sistem KTA alias Kredit Tanpa Agunan. Jadi tanpa syarat dan ketentuan yang berat pun, Anda bisa mengajukan pinjaman dengan nominal yang cukup besar. Bahkan bisa dibilang jaminannya hanya KTP saja.

Saat ini, UangTeman hanya menerima nasabah yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Yogyakarta, Solo dan beberapa kota di Pulau Jawa lainnya. Namun sudah ada lebih dari 100 ribu pengguna Android yang mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

Untuk pekerjaan dan penghasilan sendiri, tidak ada kriteria pekerjaan khusus yang diterima maupun ditolak oleh UangTeman. Artinya apapun pekerjaan Anda, baik itu guru, karyawan, pedagang atau bahkan driver online yang penghasilannya tidak tetap sekalipun bisa mengajukan pinjaman dengan mudah.

Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lainnya yang kadang menerapkan ketentuan khusus dimana nasabahnya harus memiliki penghasilan atau gaji tetap tiap bulan.

 

Ulasan UangTeman

Sudah ribuan bahkan ratusan ribu orang yang merasakan pengalaman pinjam uang di UangTeman. Tetapi seperti yang dikatakan tadi, beberapa di antaranya mungkin ada yang merasa kurang puas atau berasumsi bahwa UangTeman penipu. Tapi apakah kenyataanya benar seperti itu?

Untuk mengetahui jawabannya, silahakan simak ulasan UangTeman yang kami buat ini.

 

Proses Daftar & Pengajuan Hutang UangTeman

Ulasan UangTeman kita mulai dari proses pendaftaran. Dibandingkan aplikasi pinjol lainnya, UangTeman bisa dibilang punya proses pendaftaran yang paling cepat.

Bahkan bukannya mendaftar dulu baru mengajukan pinjaman, aplikasi ini justru memiliki sistem yang sebaliknya. Jadi Anda bisa menentukan dulu nominal pinjaman serta berapa lama durasi pinjaman. Jika sudah, baru UangTeman akan membawa Anda ke halaman pendaftaran sebagai nasabah.

Seperti yang dikatakan tadi, dokumen yang perlu Anda siapkan hanyalah KTP saja. Dan pastikan KTP sudah berbentuk e-KTP, bukan surat keterangan apalagi resi. Karena dalam proses verifikasinya, Anda perlu selfie dengan pose memegang KTP.

Proses verifikasi ini dilakukan dalam 2 tahap. Yaitu secara mandiri dengan hanya mengunggah foto KTP dan selfie serta secara langsung dengan admin dari UangTeman.

Untuk langkah verifikasi yang kedua, Anda tidak perlu datang ke kantor cabang UangTeman. Karena prosesnya dilakukan melalui video call di aplikasi maupun melalui WhatsApp. Dan dalam proses verifikasi ke 2 ini, admin UangTeman akan menanyakan beberapa hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan data pribadi Anda.

 

Perjanjian Melalui Tanda Tangan Digital

Sebelum pinjaman cair dan setelah verifikasi selesai, masih ada satu langkah yang perlu Anda lakukan. Yaitu menandatangani perjanjian digital antara Anda sebagai nasabah dan UangTeman.

Perjanjian ini dikirim melalui email yang Anda didaftarkan di proses pendaftaran sebelumnya.

Selain itu, surat perjanjian ini juga berisikan semua ketentuan dan persyaratan meminjam, membayar dan penagihan selama Anda menjadi nasabah UangTeman. Dalam surat ini pula Anda bisa membaca informasi mengenai besar bunga, denda, maksimal pembayaran, serta cara membayar dan lainnya.

Jadi pastikan Anda baca perjanjian digital UangTeman ini dengan teliti agar tidak ada kesalahan yang berujung penipuan.

 

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Pencairan Pinjaman

Setelah penandatanganan perjanjian digital, kini kita berlanjut ke pencairan pinjaman. Berdasarkan pengalaman pinjam uang di UangTeman yang kami tulis, bisa dibilang aplikasi pinjaman online ini mencairkan dana pinjaman yang paling cepat dibandingkan pinjol lainnya.

Tidak sampai satu jam, uang langsung cair dan masuk ke rekening. Tanpa menunggu tinjauan lainnya yang kadang bisa memakan waktu berminggu-minggu.

Dalam aplikasi UangTeman sendiri, maksimal pencarian dana pinjaman dilakukan dalam 3×24 jam. Jika dalam jangka waktu tersebut dana pinjaman Anda belum cair, barulah Anda bisa menghubungi admin untuk menanyakan bagaimana kejelasannya.

Namun dalam kebanyakan kasus, dana langsung cair dalam waktu singkat. Sehingga bisa langsung digunakan untuk keperluan mendadak.

 

Perhitungan Bunga dan Denda yang Jelas

Sebagai pinjaman instan KTA, tentunya UangTeman memberikan bunga yang cukup besar jika dibandingkan dengan pinjaman bank. Tetapi semua informasi dan penjelasan mengenai bunga ini diterangkan sejelas-jelasnya dalam perjanjian digital maupun dalam syarat dan ketentuan sebelum Anda mengajukan pinjaman.

Dalam aplikasi dijelaskan bahwa UangTeman ini menggunakan sistem bunga coumpounding, artinya jumlah bunga akan bertambah setiap hari. Selain itu perhitungan bunga juga ditambahkan berdasarkan pokok pinjaman + bunga.

Untuk pinjaman cicilan ringan sendiri, bunga yang ditetapkan adalah 0,8% per hari. Jadi semakin lama durasi pinjaman, maka semakin besar pula bunga yang harus Anda bayar.

Selain itu ada pula denda yang tetapkan jika ada keterlambatan pembayaran. Denda ini sebesar 10% dari total tagihan dengan denda utama sebesar 50 ribu dan denda per hari sebesar 10 ribu. Jadi semakin lambat Anda membayar tagihan, maka semakin besar pula tagihan yang perlu dilunasi.

Sebaliknya, jika Anda membayar lebih cepat dari jatuh tempo, maka bunga dari pinjaman juga lebih kecil. Sehingga tagihan akhir dari pinjaman Anda juga menjadi lebih murah dibandingkan perkiraan.

 

UangTeman Penipu?

Seperti yang dikatakan tadi, tidak sedikit orang yang menganggap UangTeman penipu. Hal ini dikarenakan tagihan yang perlu dilunasi tiba-tiba membengkak bahkan hingga 2x dari pokok pinjaman. Sehingga banyak postingan yang mengatakan bahwa UangTeman sebenarnya pemeras uang rakyat.

Padahal niat utama UangTeman adalah membantu ekonomi masyarakat menengah ke bawah yang membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk bisnis.

Sedangkan untuk masalah tagihan yang tiba-tiba membengkan, hal ini dikarenakan banyaknya denda dari nasabah tersebut karena telat bayar. Memang dengan sistem bunga compounding, jumlah denda ini bisa membuat tagihan membengkak dengan sangat cepat.

Oleh karena itu sekali lagi kami tekankan untuk selalu membaca dengan jelas ketentuan dan syarat dari UangTeman sebelum melakukan pinjaman.

 

Akhir Kata

Demikianlah pengalaman pinjam uang di UangTeman versi kami. Meskipun kami menulis ulasan UangTeman, tetap kami tidak pernah menyarankan Anda untuk mengajukan pinjaman online ke aplikasi mana pun. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala hal yang terjadi selama proses peminjaman yang Anda lakukan.

Leave a Comment