Begini Pengalaman Telat Bayar Kredivo 2020 dari SMS Hingga Debt Collector

Beberapa Anda mungkin sudah pernah baca pengalaman telat bayar Kredivo di blog para nasabah maupun dari halaman Google Play Store. Dan sebagian besar dari pengalaman tersebut kurang mengenakan dan berakhir dengan penekanan pada nasabah oleh debt collector atau DC.

 

Memang selain terkenal karena sangat membantu ketika butuh keuangan mendesak, aplikasi pinjol seperti Kredivo atau UangTeman juga terkenal karena proses penagihannya yang terkadang tidak manusiawi. Tapi apa yang menyebabkan pihak dari Kredivo sampai menugaskan tim lapangan untuk menagih nasabah?

 

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita bahas tentang pengalaman telat bayar Kredivo dalam artikel ini.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi Kredivo Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Ketentuan Kredivo Tentang Jatuh Tempo dan Keterlambatan

Sebelum membahas tentang pengalaman telat bayar Kredivo, Anda perlu tahu dulu bahwa Kredivo memiliki ketentuan khusus tentang jatuh tempo dan keterlambatan. Hal ini dijelaskan dalam aturan dan perjanjian yang bisa Anda baca sebelum mendaftar menjadi nasabah.

 

Berdasarkan aturan Kredivo, tagihan akan dikirim sejak H-3 tanggal jatuh tempo dan harus dibayar paling lambat di tanggal jatuh tempo tersebut bila tidak ingin dikenai biaya denda dan bunga.

 

Sedangkan jika dalam jangka waktu tertentu Anda, sebagai nasabah, belum bisa membayar tagihan sesuai nominal yang tertera, maka ada aturan lain yang berlaku.

 

Aturan Kredivo Tentang Keterlambatan Pembayaran

Dalam perjanjian Kredivo poin 10 tentang Penangguhan, Pembatalan atau Penghentian, ada beberapa poin yang wajib Anda semua pahami. yaitu :

  • Apabila pada tanggal jatuh tempo nasabah belum bisa memenuhi pembayaran tagihan, maka Kredivo berhak melakukan pembekuan atau penangguhan rekening kapan saja tanpa memberi pemberitahuan pemilik rekening
  • Penagihan hutang nasabah bisa diikuti dengan menelpon pemegang rekening/keluarganya, mengirim SMS atau email ke pemegang rekening/keluarganya, mengirim peringatan melalui pihak ketiga yang berhubungan dengan pemilik rekening, atau memverifikasi alamat pemegang rekening
  • Apabila pemegang rekening atau nasabah belum bisa memenuhi pembayaran hingga H + 60 dari tanggal jatuh tempo, pihak dari Kredivo berhak untuk melibatkan agen pihak ketiga untuk melakukan penagihan.

Artinya, kasus dimana DC Kredivo datang ke rumah terjadi jika nasabah atau peminjam belum membayar tagihan hingga 60 hari atau 2 bulan sejak tanggal jatuh tempo.

Jika masih di bawah 60 hari, maka Kredivo akan melakukan penagihan dengan cara mengirim SMS ke orang-orang yang ada di kontak HP Anda atau melalui keluarga.

Hal ini memang tidak bisa dibenarkan, tetapi Anda sendiri lah yang sudah menyetujui aturan tersebut dengan menandatangani perjanjian digital dan menjadi nasabah dari Kredivo.

 

Aturan Kredivo Tentang Denda Keterlambatan dan Bunga

Selanjutnya tentang denda keterlambatan dan bunga tagihan, Kredivo menetapkan aturan seperti berikuti.

  • Denda 6% dari pokok pinjaman per 30 hari
  • Bunga 4% dari total tagihan per 30 hari

Tetapi yang perlu Anda ketahui adalah, Kredivo menggunakan sistem bunga compounding, alias bunga ber bunga. Artinya bunga ini bersifat majemuk dan akan dihitung berdasarkan total tagihan yang Anda terima setelah ditambah bunga dan denda dari bulan sebelumnya.

Bila Anda merasa ada biaya yang tidak masuk akal atau tidak sesuai perhitungan tagihan, Anda bisa menghubungi customer service Kredivo paling lambat 7 hari dari tanggal transaksi. Jika sudah lewat dari 7 hari, maka Kredivo tidak menerima keluhan dari nasabah dan tidak bisa mengubah total tagihan.

Untungnya di saat ini ada keringanan penagihan Kredivo saat corona. Dengan begitu, Anda yang keuangannya sedang tidak stabil karena dampak pandemi bisa langsung menghubungi CS untuk mengajukan keringanan.

 

Pengalaman Telat Bayar Kredivo

Setelah mengerti aturan yang membahas tentang cara penagihan dan denda di Kredivo, berikutnya kami akan membagikan pengalaman telat bayar Kredivo.

 

Bisa dibilang, Kredivo menagih nasabahnya yang gagal bayar dengan beberapa tahap.

 

Pemberlakukan Denda Langsung Setelah Lewat Jatuh Tempo

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Kredivo memberlakukan denda yang langsung ditambahkan setelah lewat waktu jatuh tempo. Bukan hari dan bukan bulan, penambahan denda ke tagihan langsung diberikan dalam hitungan jam.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Jadi jika tanggal jatuh tempo tagihan Anda paling lambat tanggal 12 jam 15.oo sore tetapi Anda baru sempat membayar jam 18.00, maka denda 6% dan bunga 4% tersebut akan langsung ditambahkan.

Tidak ada toleransi denda kepada nasabah yang gagal bayar pinjol Kredivo. Sebab tagihan sudah diingatkan sejak 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo.

 

Ditagih Melalui SMS dan Telepon Setiap Hari

Jika dalam 3 hari hingga 1 minggu nasabah masih belum membayar tagihan, Kredivo akan mengirimi SMS tagihan dan telepon oleh CS setiap hari. Perlu Anda ketahui, SMS ini dikirim oleh CS asli dan bukan oleh bot. Sehingga pesan akan dibalas jika Anda mengirim jawaban pada SMS tersebut.

Selain itu, penagihan ini dilakukan setiap hari. Apalagi jika Anda tak kunjung memberi keterangan apapun atau menerima telepon dari Kredivo.

 

Ditagih Melalui Kontak yang Tersimpan di HP

Seperti yang sudah disebutkan tadi, menjadi nasabah dan mengajukan pinjaman ke Kredivo artinya setuju bahwa mereka boleh mengirim pesan tagihan melalui kontak yang tersimpan di HP Anda bila sudah lewat tanggal jatuh tempo.

Terkadang SMS yang dikirim ini sifatnya random alias acak. Bisa jadi mereka mengirim pesan tagihan ke orang tua Anda, ke teman dekat, atau bahkan ke bos dan ke atasan.

Dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan masalah baru dan membuat harga diri Anda tercoreng.

 

Dimasukan ke Daftar Blakclist

Setelah lebih dari 1 bulan dari tanggal jatuh tempo, Anda akan dimasukan ke dalam daftar blacklist nasabah Kredivo. Artinya rekening pinjaman Anda akan dibekukan dan tidak bisa mengajukan kredit maupun membayar melalui aplikasi.

Jika sudah seperti ini, Anda perlu menghubungi pihak dari Kredivo untuk melunasi pinjaman. Sampai pinjaman lunas, Anda tidak akan bisa mengajukan kredit apapun dan berapa pun nominalnya.

Dan jika kredit terus bermasalah atau tidak diselesaikan dengan baik, Kredivo bisa memasukan Anda ke daftar blacklist selamanya. Artinya Anda sudah tidak bisa menggunakan Kredivo lagi untuk apapun walau hutang sudah lunas.

 

Didatangi DC ke Rumah oleh Kredivo

Tahap penagihan terakhir yang dilakukan oleh Kredivo adalah dengan mendatangkan agen pihak ketiga alias debt collector ke rumah. Kredivo bisa melacak dan memverifikasi alamat Anda melalui penjual tempat membayar produk menggunakan aplikasi pinjol ini, melalui IMEI, atau melalui informasi pribadi yang didaftarkan ke Kredivo.

Jika memang Anda ingin menuntut Kredivo atau DC ke jalur hukum, Kredivo menyerahkan seluruh biayanya kepada nasabah berdasarkan perjanjian poin ke 10.5,

 

Akhir Kata

Itulah pengalaman telat bayar Kredivo 2020 yang akan terjadi jika Anda tidak memenuhi tagihan setelah tanggal jatuh tempo. Perlu kami ingatkan bahwa di sini kami tidak pernah menyarankan Anda menggunakan aplikasi pinjol apapun. Kami juga tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi jika Anda mengajukan pinjaman online.

Leave a Comment