Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Bertelur diluar glodok

Ada banyak kasus yang dialami ketika kita beternak lovebird dirumah. Salah satunya adalah lovebird bertelur diluar gldok, hal ini sangat membuat kita khawatir jika telur lovebird kita nantinya tidak menetas dan bisa saja pecah. Nah apa sih penyebab lovebird bertelur diluar glodok?

Penyebab lovebird bertelur diluar glodok ternyata banyak sekali, biasanya yang sering terjadi adalah banyaknya gangguan yang ada di dalam glodok. Gangguan didalam glodok yang menyebabkan lovebird tidak mau bertelur di dalam glodok adalah adanya cicak, kutu, atau serangga serangga kecil lainnya.

Baca juga : Mengatasi paruh gajah pada lovebird

Serangga kecil yang sering mengganggu didalam glodok biasanya adalah kutu dan semut, maka untuk menghindari gangguan dari serangga tersebut adalah selalu jaga kebersihan glodok. Selalu ganti sarang setelah  panen anakan, dan berikan oli atau air di kaki kaki sangkar agar tidak dikeroyok semut.

Nah jika sudah paham mengenai penyebab lovebird bertelur di luar glodok langsung saja kita bahas cara mengatasi lovebird yang tidak mau bertelur didalam glodok.

Cara mengatasi lovebird yang bertelur diluar glodok

1. Cek kondisi glodok

Jika glodok bersih tidak ada kutu maupun serangga lainnya langsung saja pindahkan telur lovebird yang diluar dan masukan saja ke dalam glodok.

2. Bersihkan glodok jika kotor

Jika kondisi glodok yang kotor, lembab maupun banyak kutu langsung segera cuci glodok atau ganti dengan glodok cadangan biar cepat, kemudian keringkan agar tidak menjamur, jika sudah kering maka langsung saja berikan sarang secukupnya.

3. Pindahkan posisi kandang

Pindahkan kandang ternak yang suasananya nyaman alias tidak terdapat gangguan dari anak anak, kucing maupun tikus. Seringkali gangguan ini yang menyebabkan indukan kita jadi stres dan gagal produksi. Nah langsung saja mari kita hindari sebelum terlambat.

Itulah penyebab dan cara mengatasi lovebird yang suka bertelur diluar glodok. Jika sampai 2-3x periode bertelur dan lovebird anda masih tidak mau bertelur didalam glodok segera ganti dengan metode ternak koloni dan jika tidak berhasil juga segera jual saja ganti dengan indukan baru, karena bisa jadi itu merupakan sebuah karakter yang tidak bisa kita hindari.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird tidak mau Kawin

Dalam beternak Lovebird (LB) sering kali kita jumpai permasalahan dimana kedua calon indukan Lovebird tidak juga melakukan perkawinan dengan pasangannya.
Banyak sekali faktor yang membuat lovebird tidak mau kawin atau susah kawin. Namun tenang saja, semua masalah pasti akan bisa kita atasi dengan sebuah tips dan kesabaran.
Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda, masalah seperti itu lumrah terjadi karena Lovebird muda memang belum waktunya kawin atau belum birahi.

Beberapa faktor penyebab Lovebird (LB) tidak mau kawin:


• Untuk pasangan Lovebird (LB) yang masih berusia muda biasanya salah satu atau keduanya belum birahi.
• Pasangan Lovebird (LB) bisa saja terlihat berjodoh, karena tidak ada perilaku agresif (galak) yang dilakukan oleh keduanya. Tapi walaupun terlihat akur dan mesra namun tidak juga mau melakukan perkawinan. Jika hal ini yang terjadi dalam waktu yang cukup lama maka bisa disimpulkan kalau kedua Lovebird tersebut tidak berjodoh.
• Kadang kedua Lovebird (LB) terlihat akur, selalu berdampingan dan saling meloloh tapi tidak pernah melakukan perkawinan. Hal itu biasanya terjadi karena kedua Lovebird tersebut berjenis kelamin sama, karena walaupun sesama jenis tingkah laku Lovebird cenderung seperti jantan dan betina.
Tips agar pasangan Lovebird (LB) mau kawin:

Usia dewasa kelamin Lovebird (LB) yaitu pada usia 8-9 bulan. Pada usia tersebut Lovebird sudah memasuki masa kawin.
Tapi terkadang walaupun sudah memasuki usia dewasa kelamin, tapi kedua calon indukan tidak juga mau melakukan perkawinan. Hal itu bisa kita atasi dengan beberapa cara berikut ini:
• Berikan pakan yang bergizi berupa campuran biji-bijian seperti milet putih, milet merah, biji bunga matahari, canary seed, gambah merah, dan biji-bijian lainnya.
• Selain pakan berupa biji-bijian, Ekstra fooding (EF) seperti: jagung muda, kangkung, tauge, dan buah-buahan juga harus diberikan agar kondisi kesehatan Lovebird (LB) selalu terjaga dan cepat birahi.
• Saat proses perjodohan, berikan vitamin khusus breeding untuk memicu birahi calon indukan jantan dan betina agar cepat melakukan perkawinan.
• Pada saat masa perjodohan pertama kali berlangsung, sebaiknya kotak glodok jangan dimasukkan ke kandang ternak dulu sampai kedua calon indukan Lovebird (LB) terpantau sudah melakukan perkawinan.
• Bersihkan kandang ternak secara rutin setiap hari agar Lovebird (LB) merasa nyaman dan selalu sehat.
• Air minum harus diganti setiap hari dengan yang baru/bersih.
Ciri-ciri Lovebird (LB) yang sudah siap kawin:

• Kedua calon indukan Lovebird (harus jantan dan betina) akan selalu berdampingan dan saling meloloh.
• Jika kedua pasangan Lovebird (LB) terlihat sudah dekat/akur, coba pisahkan keduanya untuk beberapa saat kemudian pantau tingkah lakunya. Jika kedunya saling berkicau dan menabrak jeruji kandang berarti kedua Lovebird (LB) tersebut saling suka.
• Jika Lovebird (LB) jantan sudah siap kawin, biasanya akan sering meloloh pasangannya.
• Jika perilaku tersebut sudah terpantau sering dilakukanileh kedua calon indukan maka dalam beberapa hari kedua pasangan Lovebird tersebut akan melakukan perkawinan. Lovebird betina akan membuka sayap seperti pesawat terbang dan Lovebird jantan akan menaikinya untuk melakukan proses perkawinan.
Referensi : onkicau.blogspot.com

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment

Penyebab dan Cara Mengatasi Lovebird Ngekek sambil Ngepak sayap

Pada saat ini lovebird menjadi kelas utama dalam setiap even perlombaan. Namun masalah yang paling sering terjadi saat menggantang lovebird  adalah ngekek sambil mengepakan sayap. Nah pada kali ini pamankicau akan membahas penyebab dan cara mengatasi lovebird ngekek sambil mengepakan sayap.

Pasti anda sering melihat lovebird yang ngekek sambil ngepak sayap saat di gantangan. Atau justru malah terjadi pada gacoan lovebird anda. Tenang jangan khawatir kasus ngekek sambil ngepak sayap adalah kondisi umum pada lovebird.

Nah sebelum kita membahas cara mengatasinya, mari kita bahas terlebih dahulu penyebab lovebird ngekek sambil ngepak sayap.

Penyebab lovebird ngekek sambil ngepak sayap.

  • Kondisi birahi yang terlalu tinggi atau overbirahi (OB)
  • Setingan yang terlalu tinggi.
  • Emosi dan birahi tinggi namun down mental.
  • Faktor Keturunan.

Baca juga : Cara seting konslet lovebird jantan

Silahkan anda amati dahulu penyebab secara pasti mengenai gacoan anda masuk kategori yang mana. Jika anda sudah mengetahui penyebab dari kasus diatas selanjutnya langsung saja mari kita bahas cara mengatasinya.

Cara mengatasi lovebird ngekek sambil ngepak sayap.

Mengatasi karena overbirahi : tambah porsi mandi hariannya, jika biasanya hanya mandi 1x setiap pagi dalam sehari, anda bisa menambahnya mandi di sore hari menjelang maghrib. Lakukan selama 1 minggu. Rutin embun setiap jam 4 sampai jam 6.

Mengatasi karena setingan terlalu tinggi :  menu makan harian cukup milet putih saja, wajib embun setiap pagi. Jika ada umbaran bisa diumbar secara berkala.

Mengatasi karena down : jika anda main single fighter silahkan taruh saja di glodok selama seminggu, nanti sifat fighternya akan tumbuh kembali. Atau jika anda mempunyai banyak lovebird lebih baik di koloni selama seminggu sampai benar benar pulih mentalnya.

Itulah penyebab dan cara mengatasi lovebird ngekek sambil ngepak sayap versi pamankicau, semoga gacoan anda cepat on fire kembali. Semoga bermanfaat.


Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment