7 Perawatan Harian Kacer tipe Dingin agar bisa Juara

Kacer tipe dingin merupakan sebutan umum para pecinta kacer untuk membedakan masing masing karakter kacer agar mudah dalam perawatan dan setingan lomba nya.

Kacer tipe dingin harus kita rawat dengan benar agar bisa maksimal saat lomba
Sinemaku.top

 

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Cara Mengetahui Kacer tipe panas dan Kacer tipe dingin, maka sekarang kita akan membahas mengenai perawatan harian kacer tipe dingin.

 

Apa itu kacer tipe dingin?

Kacer tipe dingin merupakan tipe kacer yang sangat tenang dan tidak mudah untuk emosi dan naik birahi (OB). Kacer tipe dingin ini biasanya anti bagong atau mbedesi/ngudalaut.

Dalam keseharianya, kacer tipe ini lebih suka ngeriwik dan berkicau dengan santai tanpa membuka ekor atau ngobra. Memang sih kacer tipe dingin ini sangat santai sekali, sehingga kita perlu rawatan khusus agar kacer kita bisa jadi agresif saat tarung.

 

Karakteristik Kacer Tipe Dingin

Kacer tipe dingin sangat kuat terhadap sinar matahari, namun ia tidak suka mandi, apalagi mandi pagi. Penyebab susahnya mandi kacer tipe dingin menurut saya adalah karena birahinya yang sangat rendah, jadi hasrat mandinya tidak ada.

Itulah kondisi umum pada kacer tipe dingin, nah apakah bisa kita melombakan kacer tipe dingin?

Jawabanya SANGAT BISA! Ya, kacer tipe dingin sangat mudah untuk kita seting kalo kita melakukan perawatan harian yang bagus.

Setingan Harian Kacer Tipe Dingin

Nah gimana cara merawat kacer tipe dingin yang benar agar bisa gacor dan agresif di arena lomba? Yuk mari kita bahas setingan kacer tipe dingin dibawah ini ya.

1. Full Kerodong Setiap Hari

Dengan di kerodong setiap hari, kacer akan merasa tenang, nyaman dan tentunya ketika kerodong dibuka ia akan langsung on fire. Inilah mengapa burung lomba harus di kerodong setiap hari, yah walaupun ada juga sebagian yang tidak main full kerodong.

Full kerodong yang saya maksud adalah, jika burung sedang tidak dalam perawatan (jemur, mandi, umbar, beri makan) sebaiknya burung selalu di kerodong siang dan malam.

2. Embunkan Setiap Hari

Sudah bukan rahasia lagi kalo pengembunan mempunyai banyak manfaat untuk burung kicau, terutama kacer. Burung yang rajin diembun dan tidak pernah di embukan itu sangat jelas perbedaan nya.

Embun pagi membuat burung menjadi sehat, baik tubuh maupun olah nafasnya. Lakukan pengembunan pada jam 5 pagi sampai dengan jam 6 pagi.

3. Jemur Sampai Mangap

Setelah pengembunan selesai, segera jemur gacoan kacer anda. Penjemuran bisa anda lakukan secara bertahap, alias tidak langsung menjemur sampai mangap.

Hari pertama jemur 1 jam, lalu durasinya bisa anda tambah 15 menit setiap hari. Perlu anda ketahui, jangan menjemur kacer diatas jam 10, karena matahari sudah mengandung UV B sehingga tidak bagus untuk kesehatan bulu kacer.

4. Umbar Setiap 2 Hari Sekali

Di alam liar, burung akan selalu terbang kesana kemari setiap hari, baik untuk mencari makan maupun mencari pasangan. Selain menyehatkan, pengumbaran juga akan menimbulkan efek “happy” pada psikis burung kacer.

Sehingga ia merasa nyaman dan senang walaupun dipelihara dalam sangkar.

5. Sesuaikan Setingan EF

Bagi saya, EF merupakan makanan utama bagi burung kacer. Salah kaprah jika anda mengira bahwa voer merupakan pakan utamanya. Coba liat deh, di alam liar emang ada burung kacer yang makan voer? Jelas tidak ada!

Berikan EF berupa jangkrik 5 pagi, 5 siang, dan 5 sore. Selain jangkrik, berikan juga ulat hongkong 2 ekor setiap sore.

Standar EF ini yang saya berikan untuk Kacer tipe dingin agar birahinya tetap tinggi setiap hari.

6. Perhatikan Porsi Mandi

Selain untuk kesetabilan birahi, mandi juga membuat burung menjadi sehat dan menjaga kecantikan bulu-bulunya. Untuk kacer tipe dingin, anda boleh memandikan setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Kenapa kok gak setiap hari mandinya om? Yah coba deh, anda mandikan setiap hari kalo dia mau. Paling cuma mainan aja di dalam keramba.

Penting : Jangan memaksa kacer mandi dengan cara menyemprotkan air terlebih dahulu, biarkan ia mandi sesukanya saja.

7. Masteri Kacer Setiap Hari

Lakukan pemasteran setiap hari secara rutin agar isian semakin bervariasi. Masa iya sudah main ngotot tapi variasi kicauanya monoton.

Masteran terbaik untuk kacer adalah suara belalang, cililin, gereja tarung atau suara pedas-pedas lain. Oh iya jika ingin memaster dengan MP3, anda bisa download suara burung masteran di pamankicau.

 

Voer Terbaik Kacer Tipe Dingin

Kacer tipe ini juga memerlukan voer yang cocok untuk metabolisme tubuhnya, terutama dalam pengontrolan birahi dan emosi kacer jenis dingin ini.
Sehingga anda tidak boleh asal asalan memberikan voer untuk kacer dingin anda dirumah.
Rekomendasi saya, voer yang paling bagus untuk kacer tipe dingin adalah chirpy cokelat dan supervit merah, kedua voer ini dapat meningkatkan birahi kacer dengan signifikan.
Dan sudah banyak rekan kacer saya yang menggunakan kedua merk voer tersebut.

Penutup

Itulah perawatan harian kacer tipe dingin agar bisa menjadi agresif saat lomba. Kunci utama menyeting kacer tipe dingin adalah gimana caranya untuk memainkan emosi dan birahinya.

Cara termudah memainkan birahi adalah dengan perawatan harian seperti diatas. Ulat hongkong sangat cepat untuk menaikan birahi, dan pada saat mau lomba anda boleh meberikan UH sebanyak mungkin agar tubuhnya menjadi panas.

Atau anda bisa baca referensi mengenai cara Menaikan emosi kacer tipe dingin.

NB : untuk setingan lomba akan saya tulis menyusul ya, nanti akan saya update pada artikel ini.

Semoga bermanfaat ya om, jika ada masukan atau pertanyaan lain silahkan tulis di kolom komentar saja ya. Saya tunggu masukan yang membangun dari anda, salam kacer mania Indonesia.

Categories Kacer
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
 

52 thoughts on “7 Perawatan Harian Kacer tipe Dingin agar bisa Juara”

  1. Skrg saya sedang seting kacer tipe dingin om .memang sulit sekali bagi saya naikin tipe ini om .pernh di bawa ke gantangan lumayan lama on hadehh tp wktu itu saya gk pake UH krna blom faham karakter tipe dingin/panas.tp setelah saya baca insa allh skrg lg saya terap kn om ..trima kasih

    Reply
  2. Ass Om.
    Om kalau kita naikan birahi pakai uh seharian biar tw stelan nya gmana ya om,rusak dak burung nya om, solusi om?
    Trus menurunkan birahi/stabil kacer gmna om?
    Memang agak susah gampang nyetel kacer dingin om, sudah berapa kali utak atik d lapangan kurang fighter om, full krodong malahan om.
    Makasih om

    Reply
  3. Cara seting kacer kacer dingin di lapangan biar maenny full gmn ya om soalny saya punya kacer dingin klo dilapangan maennya diawal doang,tp klo drmh gacor full

    Reply
  4. Mau tanya suhu Kacer saya tipe dingin, saya kasih vour fancy coklat apakah bagus? Dan saya rawatan harian pagi 5-sore 5 jangkrik+UH 3 ekor, ko blm naik juga ya birahi nya, malah nyeriwik nyiul doang kalau di gantung.

    Reply
  5. Maff om minta solusi Kacer saya tipe dingin di setting boom EF gak mau jalan juga jemur udah seminggu 1kali mandi juga sekali dlm 1minggu tapi tetep gak mau jalan saat gantang. Apakah ada solusi lagi selain settingan ini.? Burung naik turun tangkringan aja🙏

    Reply
  6. Maaf om jangkrik nya minimal berapa per harinya ,dan vor nya itu buat makan harian nya ?, kalau kacer saya ga suka makan vor warna merah gimana solusinya om 🙏

    Reply
  7. Udah dapat dipastikan kalo tipe dingin belum pak, pastikan dulu tipe kacer kita sebelum menerapkan setingan kacer yang pas. Kalo benar kacer anda tipe dingin, terapkan setingan haruan diatas pak. Kalo belum pasti tipe dingin atau panas, silahkan baca di artikel sebelumnya ya

    Reply
  8. Maaf mau tanya ni Kacer sy kata orang tipe dingin tp suka banget mandi y…trus dia mau bunyi ketika kt stel mf3 doang..padahal kaki udah bawa golok..mohon pengalaman nya suhu.

    Reply
  9. kacer saya tipe dingin om.. grabagan lagi.. pertanyaan saya.. apa harus tiap hari mandi 2/3 x bias burung nya agak jinakan atau seminggu 2x om?
    apa artikel di atas berlaku untuk kacer yg sudah jinak atau muda hutan? pencerahan nya saya pemula.. makasi sebelumnya..

    Reply

Leave a Comment