5 Perawatan Kenari Jantan Habis Kawin biar Gacor Lagi

Mengetahui perawatan kenari jantan habis kawin sangat penting jika Anda ingin burung tetap gacor setelah selesai kawin. Sebab banyak kasus kenari jadi macet bunyi dan tidak mau bongkar isian lagi setelah kawin. Bahkan, tidak sedikit kicau mania yang menyerah dan akhirnya kenari jantan jadi indukan ternak saja.

 

Kadang, ada juga kicau mania yang mengawinkan kenarinya dengan betina ketika macet bunyi karena sering overbirahi. Hal ini memang bisa menurunkan birahinya dan membuat birahi kenari jadi stabil lagi.



 

Tapi tetap saja, dibutuhkan perawatan khusus agar kenari jantan mau bunyi lagi setelah kawin.

 

Nah, dalam kesempatan kali ini mari kita pelajari apa saja perawatan kenari jantan setelah dikawinkan agar bisa tetap gacor.

 

5 Perawatan Kenari Jantan Setelah Kawin

Jika kenari Anda sudah selesai dikawinkan, silahkan ikuti langkah-langkah ini agar suaranya gacor lagi.

 

1. Pindahkan ke Sangkar Bulat

Yang pertama, pisahkan sangkar kenari jantan dan betina seperti biasa. Kenari yang betina boleh tetap di sangkar tempat kawin yang sudah disiapkan sarang khusus untuk bertelur. Sedangkan kenari yang jantan dipindahkan ke sangkar bulat seperti biasa.

Kami sangat tidak menyarankan kenari jantan dan betina dicampur terus. Sebab ketika nanti birahi kenari jantan naik lagi, sedangkan yang betina sudah mulai proses pembuahan, hasil telurnya bisa gagal. Bahkan tidak jarang kasus telur kenari dipatuk-patuk sampai hancur ketika kenari jantan birahi lagi.

 

2. Pastikan Selalu Memberi Pakan yang Bernutrisi

Setelah kawin, kenari jantan membutuhkan nutrisi 2x lebih banyak dari biasanya. Oleh karena itu Anda wajib memberikan pakan bernutrisi dan bervariasi, contohnya:

  • Milet merah
  • Jemawut
  • Voer khusus
  • Sawi
  • Apel
  • Biji jagung

Selain iut, rajin-rajin berikan multivitamin seperti Maxiplus agar fisik burung tidak drop. Karena kebanyakan kenari yang tidak mau bunyi setelah kawin disebabkan karena fisiknay drop dan sulit dinaikan lagi.

Oleh karena itu, 1 hari setelah kenari jantan dipisahkan dengan betinanya, segera berikan pakan yang bernutrisi dan kaya vitamin.

 

3. Rajin-rajin Diembun dan Dijemur

Ketika sedang dikawinkan, biasanya kenari jantan dan betina jarang diembun dan dijemur. Sebab sering memindahkan sangkar bisa membuat burung jadi stress dan malah berantem, bukannya kawin.

Hal ini juga yang membuat banyak kenari jantan jadi nge-drop birahinya setelah kawin.

Untuk mencegah birahinya nge-drop, segera jemur kenari jantan ketika sudah dipisahkan dari sangkar yang betina. Proses mengembun ini bisa dilakukan selama 1 jam, sejak jam 5 pagi, kemudian dilanjut dengan penjemuran sampai sekitar jam 8 atau 9 pagi. Selama dijemur ini Anda juga bisa mulai pancing-pancing dengan isian kenari MP3.

 

4. Setting Kenari 1 Minggu Sekali

Untuk melihat apakah birahinya masih bisa naik sampai bongkar isian lagi atau tidak, Anda perlu menyetting kenari paling tidak 1 minggu sekali. Jangan terlalu sering karena bisa membuat fisiknya drop karena terlalu capek. Jangan terlalu jarang juga karena nanti birahinya jadi sulit naik.

Coba dulu gunakan settingan seperti biasa sebelum dikawinkan. Jika masih ampuh, gunakan terus settingan tersebut tiap kali kenari mau disetting.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Tapi ada juga beberapa kasus dimana settingan kenari jadi berubah setelah kawin. Jika settingan biasa tidak cukup membuat birahinya naik, tambahkan dosis EF setingannya. Begitupun sebaliknya, jika settingan biasa malah membuat kenari overbirahi lagi, turunkan dosis EF-nya.

 

5. Dikrodong Dari Sore Sampai Pagi

Jika sudah sore, pindahkan sangkar kenari ke tempat yang agak teduh di bawah atap, kemudian ditutup setengah krodong. Sambil diangin-anginkan, Anda bisa memaster burung menggunakan suara burung kenari masteran mp3.

Ketika sudah malam, baru kenari dimasukan ke dalam ruangan yang tenang dan di full krodong. Pastikan tidak ada hewan-hewan seperti kucing atau anjing yang bisa lompat ke sangkar kenari. Sebab apda masa ini, kenari jadi sangat sensitif.

Banyak kasus dimana sangkar kenari jatuh habis kawin dan jadi bisu karena stress. Hal ini akan menambah masalah yang harus Anda selesaikan.

 

Perawatan Kenari Betina Habis Kawin

Tidak seperti kenari jantan, perawatan kenari betina habis kawin cenderung lebih mudah. Selama Anda terus memberikan pakan yang bersih dan bernutrisi setiap hari, maka tidak akan ada masalah.

 

Sebab dari sejak terlihat ciri-ciri kenari sudah kawin sampai betina bertelur, biasanya hanya butuh waktu 1 minggu. Selain itu, betina juga akan mengerami telurnya selama kurang lebih 2 sampai 3 minggu.

 

Banyak kicau mania yang bertanya, “berapa kali kawin kenari bisa bertelur?” atau “berapa lama kenari bertelur kembali?”.

 

Sebenarnya tidak butuh waktu lama sejak telur kenari menetas hingga bertelur lagi. Bahkan tidak jarang kenari bertelur ketika telur yang lama belum menetas.

 

Penutup

Jadi seperti itulah cara perawatan kenari jantan habis dikawinkan agar gacor lagi. Jika Anda ingin ternak kenari yang gcor dan berkualitas, gunakan bibit kenari jantan yang sudah gacor tersebut sebagai indukannya ketika mau produksi lagi.

Leave a Comment