8 Perawatan Kenari Mabung Agar Tuntas dan Gacor Lagi [Pengalaman]

Mabung atau proses ganti bulu merupakan siklus alami yang terjadi pada semua jenis burung, termasuk kenari. Umumnya proses ini terjadi setiap 7-9 bulan sekali, karena memang bulu burung perlu regenerasi untuk menjaga kualitasnya.

Saat mabung kenari cenderung diam alias tidak bunyi sama sekali, ini memang kodratnya begini hehe. Yah kadang bunyi juga walau sehari 1 kali, itupun kalo dia lagi sangat terpancing untuk bunyi.

Mengenai ciri kenari mabung anda pasti sudah tahu, sehingga tak perlu saya bahas lagi. Nah yang perlu kita bahas sampai tuntas adalah cara merawat kenari mabung yang benar agar bisa tuntas dan kembali gacor seperti semula.

Oke lanjut, mari simak baik-baik ya

Perawatan Harian Kenari Mabung

Silahkan terapkan pola rawatan harian kenari mabung dibawah ini. Oh iya, ini adalah perawatan yang selalu saya lakukan untuk kenari yang sedang ganti bulu (pengalaman pribadi).

1. Perbanyak Porsi Makanan Harian Kenari

Saat kenari lagi mabung, jangan khawatir kenari akan overbirahi jika diberi makanan lebih. Karena memang kenari membutuhkan asupan nutrisi dan tenaga yang prima untuk menghadapi masa pergantian bulu.

Berikan saja semua makanan dan EF yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan kalsium. Pakan terbaik untuk kenari mabung adalah canary seed campuran (kemasan bermerk), dan berikan EF seperti :

  • Jagung
  • Egg food
  • Apel
  • Krokot
  • Bayam
  • Sawi putih
  • Sawi hijau

 

Berikan EF diatas secara acak setiap minggunya, jika mau hemat ya berikan saja jagung setiap hari dan egg food seminggu 2x sudah cukup. Tapi kalo lagi banyak rejeki, apa salahnya jika memberikan semua hehe.

Semakin berkualitas makanan yang diberikan, maka proses mabung dan pertumbuhan bulu barunya akan lebih bagus.

2. Jemur 10 Menit Setiap Hari

Ini agak berbeda dari jenis burung lain, kalo biasanya burung tidak dijemur selama proses mabung, tapi tidak berlaku untuk kenari.

Kenari merupakan jenis burung yang sangat suka dengan panas matahari, oleh karena itu ia harus mendapatkan panas setiap harinya.

Namun jangan samakan durasi penjemuran saat mabung dengan kondisi saat kenari normal. Cukup jemur setiap hari selama 10 menit pada jam 7 pagi.

3. Bersihkan Sangkar Setiap Hari

Kebersihan merupakan kunci utama bagi kesehatan kenari, maka dari itu bersihkanlah sangkar kenari dari kotoran dan sisa-sisa bulu yang berada di dasar sangkar.

Jangan sampai kenari sakit atau terkena jamur karena anda malas membersihkan sangkarnya. Selain sangkar, sebaiknya anda juga membersihkan tangkringan setiap seminggu sekali.

4. Berikan Vitamin Tambahan

Vitamin juga tak kalah penting bagi kesehatan kenari, untuk menambah energi dan menjaga agar kondisi kenari tetap vit saat ngurak, berikan vitamin minimal seminggu sekali.

Mengenai merk dan jenis vitamin, menurut saya semuanya bagus, tinggal beli saja di kios burung terdekat. Atau jika anda sudah punya vitamin harian andalan, silahkan berikan saja untuk kenari sesuai dosis yang di anjurkan.

5. Berikan Minyak ikan

Ini adalah rahasia kenapa semua burung (termasuk kenari) milik saya mempunyai bulu yang halus dan kinclong. Saya terbiasa memberikan minyak ikan untuk burung mabung secara rutin.

Cara memberikan minyak ikan untuk kenari juga sangat mudah, tinggal campurkan saja 1 kapsul minyak ikan ke dalam egg food. Pasti ia akan doyan, saya jamin deh.

Anda boleh memberikan minyak ikan seminggu sekali atau 2 minggu sekali, itu sudah sangat cukup.

6. Lakukan Pemasteran Setiap Hari

Saat mabung kenari cenderung diam, ini adalah waktu yang pas bagi kita untuk iseng-iseng berhadiah. Yaps memaster kenari!

Masteri kenari dengan suara tembakan ciblek, blacktroath atau burung lain sesuai selera anda masing-masing. Yang penting jangan dimaster dengan suara kenari ya, hehe.

7. Biarkan Mandi Di Cepuk Sesukanya

Perawatan kenari mabung selanjutnya adalah membiarkan ia madi sesukanya di cepuk minum. Kenapa tidak mandi semprot saja? Bagi saya itu terlalu memaksakan kehendak, hehe.

Yang perlu kita siapkan adalah selalu menjaga kebersihan air minum, karena sewaktu-waktu kenari mandi di cepuk. Oleh karena itu gantilah air minum setiap pagi dan sore hari. Hukumnya wajib!

Pastikan cepuk atau tempat minumnya tidak terlalu kecil untuk menghindari kepala kenari tersangkut di dalam cepuk (pengalaman saya sekitar tahun 2017 yang akhirnya ia mati rak tertolong).

8. Kerodong Setiap Hari

Jika sedang tidak dalam perawatan harian (menjemur atau membersihkan sangkar) sebaiknya sangkar kenari di kerodong setiap harinya.

Hal ini akan membuat ia menjadi lebih tenang dan bisa menjaga suhu tubuhnya. Setiap 1 minggu sekali kerodong dibuka seharian (dari pagi hingga sore) agar kenari tidak merasa jenuh.

Gunakan kerodong yang tipis saja ya.

Cara Mempercepat Perontokan Bulu Kenari

Pastinya anda menginginkan kenari selesai mabung dengan cepat kan, oke saya punya sedikit pengalaman untuk membuat proses mabung kenari menjadi lebih cepat. Mari kita bahas

  1. Terapkan perawatan kenari mabung diatas secara rutin.
  2. Buatlah kenari senyaman mungkin selama ia mabung.
  3. Anda bisa menambahkan daun pandan dan kulit jeruk untuk mempercepat proses mabungnya.
  4. Jangan sampai mengganti sangkar saat kenari sedang mabung, karena bisa membuatnya stress dan akhirnya gagal mabung.
  5. Jangan sampai melihat kenari lain terlebih dahulu.

 

Silahkan lakukan beberapa cara sederhana diatas agar proses perontokan bulu kenari menjadi lebih cepat.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Perawatan Kenari Setelah Mabung

Agar kenari gacor lagi setelah mabung
Kenari pasca mabung

Setelah kenari selesai mabung, pastikan semua bulu-bulu yang tumbuh sudah tuntas. Sehingga anda bisa menerapkan perawatan kenari seperti semula.

Saya yakin deh, pasti anda sudah punya setingan atau perawatan harian yang sudah biasa diterapkan untuk kenari. Oleh karena itu, saya hanya akan menejalaskan poin-poin nya saja agar tidak terlalu panjang.

Oke simak perawatannya

  1. Ada 2 tipe kenari, yaitu suka embun dan tidak suka embun. Ciri kenari yang suka embun pagi adalah ia berkicau ketika diembunkan. Tapi kalo malah tidur ataupun ngembungin bulu, brarti ia gak suka dengan embun. Misal ia suka ya diembunkan, kalo gak suka ya tidak perlu.
  2. Setelah diembun, jemur kenari sesuai dengan porsi normal, bisa dimulai dari 30 menit dan tingkatkan setiap hari hingga ia merasa kepanasan.
  3. Mandi biar di cepuk sesukanya aja, yang penting selalu jaga kebersihan air minum.
  4. Kebersihan sangkar tetap nomer 1, untuk mengindari kenari terkena infeksi jamur dan parasit.
  5. Harian tidak perlu di kerodong.

 

Pemulihan Agar Kenari Kembali Gacor

Cara merawat kenari mabung tidak boleh sembarangan
Kenari gacor lagi

Ini adalah langkah terakhir yang harus dilakukan setelah kenari mabung, yaitu mengembalikan kegacoran dan powernya. Biasanya kenari hanya akan ngeriwik dan ngerol pendek pasca mabung.

Oleh karena itu terapkan beberapa tips ini,

  1. Selain dengan melakukan perawatan harian versi saya diatas atau setingan anda sendiri, berikan juga EF pendongkrak birahi dan tenaga.
  2. Berikan krokot, jagung atau sayur lain setiap hari. Pokoknya setiap hari harus makan sayur/buah-buahan.
  3. Gunakan pakan racikan dalam kemasan hingga ia gacor lagi, kalo sudah gacor segera ganti dengan pakan (canary seed) kiloan.
  4. Berikan Egg food seminggu 2x hingga ia sudah gacor, kalo sudah gacor berikan sebulan 1x tidak masalah.
  5. Berikan vitamin pendongkrak tenaga, bisa memberikan vitamin yang dipasaran atau bisa menggunakan rekomendasi saya, yaitu maxiplus.

 

Silahkan terapkan dengan telaten hingga kenari anda kembali gacor.

Masalah Umum Seputar Kenari Mabung

1. Kaki kenari menjadi jamuran hingga ia sulit bergerak

Penyebab : kebersihan sangkar (termasuk tangkringan) selama ia mabung tidak terjaga.

Solusi : Berikan minyak tawon atau salep khusus jamur kenari

2. Kenari Macet bunyi pasca mabung

Penyebab : kenari stress saat mabung, sakit atau tenaga benar-benar belum pulih.

Solusi : silahkan baca artikel saya kemaren mengenai mengatasi kenari macet pasca mabung.

3. Nafas Kenari Tersedak-sedak (kembang kempis)

Penyebab : Saluran pernafasan kenari terkena infeksi jamur maupun parasit, bisa jadi karena tidak menjaga kebersihan sangkar dan tidak pernah mengganti air minum.

Solusi : Berikan obat khusus untuk infeksi saluran pernafasan yang dijual di kios-kios burung, atau gunakan silamex jika ingin hasil lebih baik.

Sementara cukup 3 dulu masalah umum kenari mabung, nanti akan saya update lagi.

Itulah pembahasan lengkap saya mengenai cara merawat kenari mabung agar bisa gacor lagi. Terapkan perawatan diatas agar kenari anda bisa mabung secara tuntas tanpa ada kendala.

Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan kenari mania semua. Jika ada masukan berupa tambahan atau pertanyaan, silahkan tulis saja di kolom komentar website ini ya.

Terimakasih

Categories Kenari
     

Leave a Comment