4 Perbedaan Derkuku Jantan dan Betina Secara Jelas dan Akurat

Mengetahui perbedaan derkuku jantan dan betina akan memudahkan anda ketika ingin memilih burung derkuku. Sebab anda harus mengerti jenis derkuku mana yang paling bagus untuk dijadikan burung klangenan.

Layaknya jenis burung kicau lainnya, burung derkuku yang memiliki kicauan (manggung) paling bagus adalah derkuku jantan. sedangkan derkuku betina biasanya dibeli untuk mereka yang ingin ternak burung derkuku.

Tetapi bukan hanya itu saja, beberapa orang juga membeli derkuku jantan atau betina untuk dijadikan sebuah jimat atau hal – hal yang berhubungan dengan mistis.

perbedaan derkuku jantan dan betina

Mengingat ada banyak mitos derkuku atau burung tekukur ini yang masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu agar anda tidak keliru ketika ingin membeli burung tekukur, berikut ini adalah perbedaan derkuku jantan dan betina dari fisiknya.

Ciri Fisik Burung Derkuku Jantan

Perbedaan derkuku jantan dan betina yang paling terlihat dari derkuku jantan tentunya adalah suara manggung nya.

Tetapi, kita tidak bisa menebak derkuku dari suaranya bila hanya melihat selama 1 atau 2 jam saja. Oleh karena itu, ketahui ciri fisik derkuku jantan berikut ini.

1. Mata

Perbedaan derkuku jantan dan betina yang pertama adalah pada bagian matanya. Bila anda perhatikan, bentuk mata derkuku jantan lebih besar dan bulat hampir sempurna.

Sorot matanya juga tajam dan fokus. Khususnya bila anda sengaja menunjukan benda ke depan kepalanya.

2. Kepala

Bagian kepala derkuku jantan bentuknya juga lebih besar dan agak sedikit lonjong. Seperti ada benjolan halus yang membuat bentuk kepalanya tidak bulat sempurna.

Warna bulu pada kepala derkuku juga lebih cerah. Terutama pada bagian bulu di dahinya.

3. Ukuran dan Postur Badan

Ciri berikutnya dan yang paling mudah untuk dilihat adalah ukuran tubuh derkuku. Yang jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan gemuk. Bahkan ciri ini sudah bisa dilihat sejak derkuku masih anakan.

Selain itu postur badan derkuku jantan juga berbeda. Ketika dewasa, tubuhnya akan menjadi lebih tegap dan dada nya membusung.

Derkuku betina sedang mengerami

4. Kloaka

Yang terakhir adalah bagian kloaka burung. Kloaka ini bisa anda rasakan ketika memegang sekitar bagian anus burung derkuku.

Pada derkuku jantan, kloakanya akan berbentuk sedikit menonjol bila disentuh.

Ciri Fisik Derkuku Betina

Setelah mengetahui ciri pada derkuku jantan, kini waktunya kita berlanjut ke ciri fisik derkuku betina yang perlu anda ketahui.

  • Ukuran tubuh derkuku betina lebih kecil dan cenderung kurus bila dibandingkan dengan yang jantan dan hal ini juga sudah terlihat sejak derkuku masih anakan
  • Postur tubuh derkuku betina juga lebih membungkuk ke depan.
  • Ukuran kaki derkuku betina juga lebih pendek dan kecil, hal ini juga membuat tingginya lebih rendah dibandingkan derkuku jantan
  • Bentuk mata burung derkuku betina lebih kecil dan tidak terlihat bulat sempurna, justru bentuknya seperti agak lonjong ke samping
  • Pada bagian kloakanya burung derkuku betina hanya datar saja dan rasanya seperti lebih lebar dibandingkan yang jantan

Kesimpulan

Mengetahui perbedaan derkuku jantan dan betina memang tidak hanya bisa dilihat dari beberapa poin di atas saja. Anda juga bisa mengetahuinya dari bagian leher, supit udang, kaki, atau bahkan sayap derkuku.

Tetapi melihat kepala, kloaka, tubuh, dan matanya adalah cara paling mudah dan paling cepat untuk mengetahui perbedaan derkuku jantan dan betina dari fisiknya.

Categories Derkuku

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment