11 Perbedaan Kepodang Jawa Dengan Sumatra Yang Harus Anda Ketahui

Beberapa dari anda mungkin tidak bisa melihat perbedaan kepodang jawa dengan sumatera. Sebab bila dilihat sekilas, keduanya memiliki tubuh dengan warna dan ukuran yang serupa. Tetapi bagi para kicau mania, kepodang jawa dan sumatera merupakan 2 burung yang kualitasnya berbeda.

Memang burung kepodang ini merupakan salah satu jenis burung yang tersebar ke hampir seluruh wilayah di Indonesia. Mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi dan daerah Papua. Tetapi habitat asli burung dengan warna kuning mencolok ini adalah pulau Jawa dan Sumatera.

Perbedaan jenis kepodang tentu bisa mempengaruhi harganya. Sebab ada banyak jenis burung kepodang dan harganya berbeda – beda.

Nah agar tidak bingung, berikut ini kita akan memberitahu bagaimana cara melihat perbedaan burung kepodang jawa dan sumatera.

Perbedaan Kepodang Jawa Dengan Sumatra

Ciri Kepodang Sumatera Secara Jelas

Burung kepodang sumatra merupakan salah satu jenis kepodang yang paling banyak dijual di Indonesia. Sebab persebarannya sangat luas dan jumlahnya terbilang masih banyak. Meskipun saat ini, populasi burung ini mulai menipis karena perburuan liar.

Tetapi di Indonesia kepodang belum termasuk burung yang dilindungi. Nah untuk ciri –cirinya, anda bisa melihat beberapa aspek di bawah ini.

1. Warna Kuning Cenderung Pudar

Warna kuning di tubuh kepodang sumatera bisa dibilang agak pudar dan kurang mencolok. Layaknya jenis yang lain, di tubuhnya juga ada corak berwarna hitam pada bagian sayap dan kepala.

Warna di bagian paruhnya juga agak merah muda atau pink dengan campuran warna abu – abu tua.

2. Suara Kicauan Khas

Tentunya semua jenis burung kepodang memiliki suara kicauan yang gacor. Apalagi jika anda merawat burung podang dengan benar hingga gacor.

Hal ini juga menjadi jawaban dari pertanyaan, “Apa keistimewaan burung kepodang sumatera?”. Sebab sebagian besar pembeli burung ini ingin merawatnya hingga gacor.

3. Karakteristik Yang Suka Mandi

Ciri podang sumatera yang berikutnya adalah dari karakteristiknya. Beberapa dari anda mungkin sudah tahu bahwa kepodang merupakan jenis burung pesolek yang ingin selalu tampil cantik dan bersih.

✓ Bikin Lovebird Makin Gacor dengan Bosch-Max ®✓ Vit Rahasia Burung Jawara itu Maxiplus ®

Sehingga mereka akan sering mandi, bahkan hampir setiap kali melihat air bersih. Hal ini demi menjaga bulu – bulunya tetap indah.

4. Sebutan

Masyarakat asli Pulau Sumatera biasanya lebih mengenal burung ini dengan sebutan nama gantialuh atau burung gantialuh. Tetapi di pulau jawa, kepodang sumatera biasanya disebut burung kepodang batu atau kapur.

5. Harga Lebih Murah

Harga burung kepodang sumatera di tahun 2019 lalu masih lumayan terjangkau. Mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu per ekor burung bakalan.

Ciri – Ciri Burung Kepodang Jawa

Untuk kepodang jawa, bisa dibilang burung yang satu ini lumayan langka. Dan kegunaanya pun bukan hanya sebagai burung kicauan saja.

Masyarakat asli di Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, masih banyak yang menggunakan burung kepodang untuk kegiatan berbau mistis. Adapula ciri – ciri burung kepodang Jawa seperti berikut ini.

  • Warna kuning di tubuhnya sangat cerah, bersih dan mencolok
  • Kicauannya lebih gacor dari pada jenis podang yang lain
  • Tubuh burung kepodang jawa jauh lebih bersih dan lebih sering mandi
  • Di beberapa daerah, burung ini dipercaya dapat digunakan sebagai penolak bala
  • Kepodang jawa juga disebut sebagai kepodang emas karena warnanya yang seakan bersinar
  • Harga burung kepodang emas bisa mencapai 1 juta rupiah per ekornya
  • Proses memaster kepodang yang satu ini jauh lebih mudah

Kesimpulan Dari Perbedaan Kepodang Jawa Dengan Sumatera

Bila dilihat dari fisiknya, perbedaan kepodang jawa dengan sumatera yang paling jelas adalah dari warnanya. Tetapi bila gantung bersebelahan, kualitas kicauan 2 jenis burung ini juga terdengar berbeda. Jadi sekarang tinggal anda yang pilih ingin merawat jenis kepodang yang mana.

   

Leave a Comment