9 Perbedaan Manyar Jantan dan Betina Secara Jelas dan Akurat

Untuk beberapa orang mungkin agak sulit untuk mengetahui perbedaan manyar jantan dan betina. Sebab bila dilihat secara sekilas, keduanya memiliki tubuh yang identik dan hampir tidak memiliki perbedaan sama sekali. Hal ini karena manyar merupakan jenis burung monomorfik.

Bukan hanya itu, jenis burung manyar yang berbeda juga memiliki ciri jantan dan betina yang berbeda pula. Sehingga kadang penjual manyar menjual burung yang satu ini tanpa mengetahui jenis kelaminnya.

Namun bila anda ingin membeli burung manyar, tentunya anda perlu tahu apa saja perbedaan manyar jantan dan betina. Sebab hal ini bisa meningkatkan harga jual burung di pasaran. Oleh karena itu, kita akan membantu dengan memberikan beberapa ciri manyar jantan dan betina berikut ini.

Perbedaan Manyar jantan dan betina

Ciri Burung Manyar Jantan

Meskipun burung manyar jantan memiliki ciri yang berbeda – beda untuk setiap jenisnya, tetapi kita hanya akan memberikan ciri manyar jantan yang paling umum saja. Nah, berikut ini adalah beberapa cirinya.

Ebird.org

1. Warna Tubuh Pekat

Umumnya, burung manyar jantan memiliki warna yang lebih pekat dan gelap. Seperti yang kita semua ketahui, ada banyak jenis burung manyar di Indonesia dengan corak dan warna yang sangat beragam.

Tetapi, setiap manyar jantan umumnya memiliki warna yang cenderung lebih pekat dibandingkan yang betina. Khususnya di bagian tubuh yang berwarna kuning gelap.

2. Bagian Paruh Berwarna Hitam

Ciri manyar jantan yang berikutnya adalah tanda garis hitam yang ada di paruhnya. Tanda ini ada disetiap jenis burung manyar dan hanya muncul ketika manyar jantan beranjak dewasa.

Warna hitam di bagian paruhnya juga semakin lama semakin pekat hingga terlihat jelas. Dan ketika musim kawin, ciri ini akan terlihat sangat jelas dan menjadi salah satu cara termudah mengetahui jenis kelamin burung.

3. Suara Kicauan Lebih Bervariasi

Ciri berikutnya yang menjadi pembeda antara manyar jantan dan betina adalah suara kicauannya. Sudah pasti suara kicuaan manyar jantan lebih nyaring, gacor, dan bervariasi dibandingkan yang betina.

Ciri ini juga merupakan cara membedakan anakan manyar jantan dan betina. Sebab sejak masih anakan, manyar yang berjenis kelamin jantan sudah memiliki suara yang nyaring dan lebih cepat ngeriwik,

4. Sifat dan Karakteristik Yang Lincah

Dan yang terakhir adalah karakteristik, perilaku, dan sifat manyar pejantan. Bila anda perhatikan, manyar yang jantan akan memiliki sifat lebih aktif dan seperti tidak bisa diam.

Bahkan ketika di dalam sangkar sekalipun, burung manyar akan loncat – loncat di dalam sangkarnya. Hal inipun bisa anda lihat sejak burung manyar jantan masih anakan.

Ciri Burung Manyar Betina

Bisa dibilang ciri burung manyar betina adalah kebalikan dari burung yang jantan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ciri manyar betina.

  • Warna di tubuhnya lebih pudar dan kurang mencolok
  • Burung manyar betina jauh lebih pendiam dan kurang aktif
  • Suara kicauannya lebih pelan, kurang gacor dan tidak mempunyai variasi kicauan.
  • Memaster manyar betina jauh lebih sulit dan memakan waktu lama
  • Tidak ada tanda hitam di paruh burung manyar betina

Kesimpulan Perbedaan Manyar Jantan dan Betina

Jadi setelah mengetahui perbedaan manyar jantan dan betina, dapat disimpulkan bahwa ciri khas manyar jantan ada pada kicauan dan warna paruh. Sebab kebanyakan manyar betina hanya dibeli karena salah pilih saat burung masih di ombyokan. Sedangkan untuk burung masteran tentunya manyar jantan adalah pilihan terbaik untuk anda.

Categories Manyar
 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment