[Update] Persyaratan Kredivo dan Perjanjian yang Wajib Kamu Tahu

Sebelum mengajukan kredit online, Anda wajib tahu apa saja persyaratan Kredivo yang berlaku. Sebab jika belum paham dan langsung mengajukan pinjaman, bunga dan total tagihan yang Anda terima bisa jauh diluar perkiraan. Apalagi jika Anda pernah terlambat membayar atau menunggak selama berbulan – bulan.

Memang sebagai layanan KTA atau kredit tanpa agunan, Kredivo ini menerapkan bunga yang cukup besar jika dibandingkan dengan layanan kredit di bank. Hal ini dikarenakan Kredivo tidak membutuhkan jaminan yang bisa dibilang memberatkan seperti banyaknya layanan kredit di bank pada umumnya.

Tetapi sebagai nasabah, Anda juga tidak boleh terkecoh dengan iming – iming pinjaman instant tanpa jaminan. Memang Kredivo ini bisa menolong keuangan di waktu – waktu mendesak. Tapi sebelum mengajukan pinjaman online, pahami dulu daftar persyaratan Kredivo dan perjanjian yang wajib Anda tandatangani.

 

“Selalu Baca dan Pahami Dulu Syarat dan Ketentuan Aplikasi Kredivo Sebelum Registrasi dan Melakukan Pinjaman Online”

 

Apa itu Kredivo?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Kredivo merupakan aplikasi pinjol atau penyedia layanan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di Indonesia. Kebanyakan dari Anda pastinya sudah sering melihat logo aplikasi ini meskipun belum pernah menggunakannya.

Sebab Kredivo sudah bekerja sama dengan hampir semua aplikasi Marketplace raksasa di Indonesia. Seperti :

  • Tokopedia
  • Lazada
  • Bukalapak
  • JD ID
  • Ikea
  • Samsung
  • BliBli
  • Pegi Pegi

 

Jadi ketika belanja di aplikasi – aplikasi tersebut, Anda akan melihat pilihan metode pembayaran menggunakan kredit atau cicilan dari Kredivo.

Sebagai kaum millennial yang terkenal konsumtif, sebenarnya Kredivo ini sangat membantu. Sebab Anda bisa tetap belanja di akhir bulan meskipun keuangan mulai menipis. Bahkan untuk kebutuhan bulanan seperti listrik, air dan internet pun Kredivo bisa membantu.

Namun dibalik kemudahannya, ada banyak masyarakat Indonesia yang merasakan kerugian menggunakan Kredivo. Mulai dari bunga dan tagihan yang tiba – tiba membengkan, dikirimi pesan tagihan ke anggota keluarga, hingga kerap didatangi oleh penagih pihak ketiga.

Padahal jika Anda memahami syarat, ketentuan dan perjanjian di aplikasi Kredivo, hal ini sudah dibahas dengan sangat jelas. Jadi bila Anda tidak ingin mengalami kejadian dimana tiba – tiba ditagih dengan tidak sopan oleh pihak ke 3 dan mendapatkan pengalaman telat bayar Kredivo yang kurang mengenakan.

Oleh karena itu ada baiknya Anda pahami dulu apa saja daftar persyaratan Kredivo sebelum mengajukan pinjaman.

 

Daftar Persyaratan Kredivo

Seperti yang dikatakan sebelumnya, syarat Kredivo ini sebenarnya sangat ringan. Anda tidak perlu melampirkan jaminan seperti emas, surat berharga, atau dokumen – dokumen yang sifatnya berharga lainnya.

Dan selama Anda memenuhi semua data dan persyaratan yang dibutuhkan, semua jenis pinjaman bisa diajukan dengan kemungkinan diterima yang sangat besar.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda baca apa saja daftar persyaratan Kredivo yang perlu dipahami.

 

Syarat Umum

Syarat Kredivo yang paling utama sebenarnya hanya ada 4. Yaitu :

  • Berstatus Warga Negara Indonesia dan memiliki KTP
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 80 tahun
  • Berpenghasilan minimal 3 juta per bulan dan maksimal tidak terbatas
  • Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Bali, Palembang, Yogyakarta, Makasar, Solo, Sukabumi, Cirebon, Malang, Batam, Purwakarta, Balikpapan, Pekanbaru, Padang, Manado, Kediri dan Samarinda.

Jika Anda memenuhi ke 4 persyaratan ini, sebenarnya Anda sudah bisa mendaftar dan membuka rekening Kredivo. Tetapi jika ada satu saja poin yang tidak dipenuhi, misalnya memiliki penghasilan di bawah 3 juta atau berdomisili selain di kota yang disebutkan, maka proses registrasi akan langsung ditolak.

 

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar kredivo

Untuk dokumen – dokumen atau surat pribadi yang perlu dilampirkan ketika mendaftar ada 3 jenis. Yaitu :

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP
  • Bukti tempat tinggal

Untuk bukti tempat tinggal, Anda bisa mencantumkan alamat kost, apartemen, maupun rumah yang sekarang digunakan. Jika Anda ingin bertransaksi menggunakan Kredivo di toko online, hubungkan akun toko online tersebut ke aplikasi Kredivo.

Sedangkan untuk NPWP ini sifatnya tidak wajib. Jika Anda seorang pekerja lepas atau tidak memiliki NPWP, silahkan cantumkan mutasi rekening per bulan sebagai bukti penghasilan.

Mengenai dokumen ini, Anda bisa hubungi CS atau Call Center Kredivo untuk informasi lebih lengkapnya.

 

Syarat Maksimal dan Minimal Jumlah Pinjaman

Maksimal pinjaman yang bisa Anda ajukan dalam jangka 30 hari adalah 3 juta dengan minimal di atas 1 juta.

Sedangkan untuk pinjaman cicilan, maksimal limit pinjamannya adalah 30 juta dengan jangka waktu antara 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Beberapa dari Anda mungkin akan ada yang mengalami dimana pinjaman jumbi Kredivo ditolak. Hal ini bisa disebabkan karena limit pinjaman memang sudah melebihi batas maksimal atau karena adanya indikasi pinjaman akan digunakan untuk hal – hal yang menyalahi aturan Kredivo.

 

Pembayaran Tagihan, Bunga dan Denda

Persyaratan Kredivo yang paling penting adalah mengenai pembayaran tagihan, bunga dan denda. Untuk pembayaran sendiri, Anda bisa melakukannya melalui media berikut ini.

  • Transaksi bank
  • Virtual Account
  • Indomaret dan minimarket
  • Tagihan Tokopedia

Sekarang untuk masalah suku bunga, ada penerapan bunga Kredivo sebesar 2,95% per bulan atau 0,24% per hari dari total pinjaman. Bunga ini belum termasuk denda dan bunga dari denda.

Untuk denda keterlambatan Kredivo, jumlahnya adalah 4% per bulan atau 0,1 % per hari dan jumlah denda 6% per bulan.

 

Hal yang Wajib Dipahami dalam Perjanjian Kredivo

Setelah mengetahui apa saya syarat daftar Kredivo, berikutnya adalah membahas mengenai perjanjian dalam Kredivo yang akan Anda tanda tangani secara digital. Sebenarnya ada 18 poin perjanjian secara keseluruhannya, namun dalam artikel kali ini Anda hanya akan diberi tahu poin – poin penting yang wajib dipahami saja.

 

Tentang Penangguhan, Pembatalan atau Penghentian

Di poin ke 10 tentang penangguhan, pembatalan dan penghentian bagian ketiga, terdapat pernyataan yang kurang lebihnya bisa diartikan jika pemegang rekening (Anda sebagai peminjam) dengan alasan apapun tidak bisa memenuhi pelunasan tagihan, maka pihak Kredivo berhak melakukan tindakan :

 

  • Menelpon keluarga Anda sebagai orang terdekat
  • Mengirim email, sms, atau notifikasi dalam aplikasi berupa tagihan
  • Memberi peringatan melalui pihak ketiga
  • Melacak alamat melalui rincian kontak Anda atau melalui pihak yang melakukan transaksi dengan pemegang rekening

 

Tentang Pengungkapan Informasi

Berikutnya di poin ke 11 perjanjian Kredivo, dijelaskan bahwa pihak Kredivo boleh mengungkapkan informasi pribadi milik pemegang rekening (Anda) kepada pihak ketiga yang berkaitan dengan pemutusan pemberian pinjaman.

Tetapi di paragraf yang sama pula, dijelaskan bahwa Kredivo tidak akan mengungkap informasi nasabahnya selain untuk alasan di atas atau untuk melindungi perusahaan dari kerugian.

 

Tentang Kewenangan

Poin dalam perjanjian Kredivo yang terakhir dan paling penting adalah di poin nomor 16. Dimana dijelaskan bahwa semua kewenangan yang ditetapkan pada syarat dan ketentuan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diubah berdasarkan alasan apapun.

Menandatangani perjanjian ini artinya setuju dengan semua perjanjian yang ditulis.

 

Akhir Kata

Demikianlah daftar persyaratan Kredivo dan perjanjian digital yang wajib Anda tangani. Perlu kami sampaikan bahwa di sini kami tidak menyarankan Anda untuk mengikuti atau mengajukan kredit di aplikasi pinjol mana pun. Semua yang terjadi ketika Anda menggunakan aplikasi pinjaman online di luar tanggung jawab kami.

Leave a Comment