Sifat Kucing British Shorthair, Panjang Umur, dan Penyakit Umum

Sifat kucing british shorthair lebih unik dibandingkan kucing pada ras lainnya. Sebab, kucing ini tidak seaktif kucing lokal atau kucing bertubuh fit seperti spinx, tapi juga tidak sependiam kucing anggora dan persia. Jadi, diperlukan treatment khusus untuk merawat kucing yang satu ini.

 

Mengingat harga kucing british shorthair yang cukup mahal, tentu kita wajib memahami karakter, sifat, dan kebiasaannya. Kita juga wajib tahu hal-hal kesukaan kucing ini dan hal yang kurang ia sukai.

 

Agar lebih paham tentang sifat kucing british shorthair kesayangan Anda di rumah, mari simak artikel hari ini sampai selesai.

 

Karakteristik dan Sifat Kucing British Shorthair

Sebelum adopsi british shorthair, Anda perlu tahu dulu bahwa kucing ini akan memberikan banyak kejutan. Baik dari kebiasaannya ketika sudah dewasa, maupun tindakan-tindakan yang tidak pernah kita duga.

 

Sebagai contoh, kucing BSH adalah jenis kucing yang bisa berburu mangsa dengan baik. Jadi jangan kaget bila suatu hari, ada tikus, burung, tupai, bahkan ular mati hasil buruan kucing di depan pintu kamar Anda.

 

Menaruh hasil buruan di depan pintu kamar majikannya adalah salah satu bentuk terima kasih dari kucing ke manusia. Selain itu, kucing menunjukan kepedulian dan kasih sayang dengan cara ini, selain tentunya mendekati dan tidur di dekat majikannya.

 

Jadi walaupun cukup aggressive dan bisa berburu, british shorthair tetap merupakan kucing penyayang.

 

British shorthair mix persia atau mix kampung akan punya insting pemburu yang lebih kuat. Sebab keduanya adalah ras kucing pemburu yang bisa bergerak lebih cepat dibandingkan BSH.

 

Di hari-hari tertentu, kucing ras ini juga akan jadi kucing pemalas dan hanya tidur seharian.

 

Biasanya british shorthair akan menghabiskan waktu dengan tidur seharian waktu cuaca sedang dingin atau terlalu hangan karena sinar matahari. Sedangkan di hari-hari biasa, BSH akan beraktifitas layaknya kucing normal.

 

Jadi jika mau disimpulkan, berikut ini adalah sifat-sifat kucing british shorthari:

  • Aktif, tapi ada hari jadi pemalas
  • Pintar berburu
  • Bisa jadi kucing agresif
  • Penyayang

 

Penyakit Umum yang Bisa Menyerang British Shorthair

Kucing british shorthair bisa terserang penyakit yang cukup serius, misalnya:

 

Kondisi Jantung

Beberapa kucing BSH terlahir dengan kondisi jantung yang tidak sesehat kucing lokal. Hal inilah yang kadang membuat british shorthair lebih pendiam.

Tapi, kucing yang lahir dengan jantung normal juga punya resiko terkena kondisi jantung yang cukup tinggi. Apalagi bila kucing jarang diajak beraktifitas, kegemukan, dan jarang diberi vitamin.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Penyakit pada kucing yang satu ini hanya bisa dicegah dengan perawatan yang lebih aktif, misalnya mengajak kucing jalan kaki ke luar rumah, membelikan treadmill, dan menerapkan diet.

 

Cystitis

Cystitis adalah penyakit di saluran urine kucing. Biasanya, penyakit ini terjadi karena kucing jarang minum, terlalu banyak tidur, dan sering stress.

Salah satu gejala dari cystitis adalah kucing sering terlihat kesakitan waktu buang air kecil, hingga ada darah di urine-nya.

Untuk mengatasi penyakit ini, dibutuhkan perawatan medis khusus untuk meredakan infeksi dan rasa sakit di tubuh kucing. Selain itu, BSH juga harus banyak minum dan diberikan program diet khusus dengan makanan basah.

 

Sakit Gigi dan Gusi

Sebenarnya, semua jenis kucing punya resiko terserang penyakit yang satu ini. Sebab kebanyakan kucing rumahan di Indonesia tidak pernah dibersihkan giginya, dan mereka juga tidak biarkan keluar rumah untuk makan rumput.

Salah satu mencegah penyakit ini secara alami adalah dengan membiarkan kucing makan rumput untuk membersihkan mulutnya sendiri.

Tapi untuk pemilik yang tinggal di apartement, rumah yang tidak ada halaman, atau bahkan kucing yang tidak boleh keluar rumah sama sekali, maka cara paling mudah untuk mencegahnya adalah dengan menyikat gigi tiap minggu.

Proses menyikat gigi kucing ini akan sangat menyebalkan jika tidak dibiasakan dari kecil.

 

Berapa Panjang Umur Kucing British Shorthair?

Tentunya kita tidak bisa memperkirakan dengan akurat berapa lama usia kucing ini. Tapi pada umumnya, kucing british shorthair bisa hidup selama 8 hingga 12 tahun dengan perawatan yang telaten.

 

Usia 8 tahun pada kucing tergolong sebagai usia yang singkat. Sebab pada umumnya, kucing bisa hidup selama 12 hingga 20 tahun.

 

Tapi, hal ini dipengaruhi oleh banyaknya kucing BSH yang hidup bukan di daerah tempat ia lahir. Sebab iklim dan cuaca di inggris berbeda jauh dengan iklim di negara lain, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, kucing harus beradaptasi dengan iklim baru yang tidak begitu ia kenal.

 

Akhir Kata

Seperti itulah sifat kucing british golden dan penyakit serta panjang umurnya. Dengan memahami karakteristik dari BSH, kita bisa tahu penyakit apa yang perlu dicegah, mengapa kucing melakukan hal tertentu, serta kapan kucing memasuki fase tua.

Leave a Comment