Kumpulan Suara Burung Rangkong MP3 untuk Bahan Masteran

Semakin hari, suara burung rangkong di Indonesia jadi semakin sulit untuk ditemukan. Dari yang awalnya termasuk sebagai salah satu tempat asal burung bangkok dengan populasi paling besar, hingga rangkok sering dijual di pinggir jalan dan kini tidak bisa ditemukan sama sekali.

 

Meskipun bukan burung asli endemik dari Indonesia, namun burung rangkong merupakan salah satu ciri khas dari Nusantara. Sebab hanya ada 3 tempat terpilih di dunia yang dijadikan tempat hidup burung rangkong, salah satuny adalah Indonesia.



 

Namun kini, suara burung rangkong hampir mustahil untuk ditemukan di alam liar. Satu-satunya cara untuk tetap melestarikan kicauannya adalah dengan melatih burung jalak atau beo Anda dengan kicauan burung rangkong.

 

Ciri Khas Burung Rangkong

Burung rangkong atau hornbill memiliki ciri khas berupa paruh raksasa yang ukurannya bisa 15x lipat lebih besar dibandingkan burung pada umumnya. Selain itu, terdapat paruh lain berbentuk seperti cula yang posisinya ada di paruh asli burung rangkong.

 

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah melihat burung rangkong di Taman Safari, Kebun Binatang, atau mungkin lewat film dan internet. Sebab melihat burung rangkong liar sudah termasuk hal yang jarang terjadi, mengingat burung ini termasuk salah satu hewan yang sudah terancam punah.

 

Selain itu, burung rangkong juga memiliki tubuh yang sangat indah dan besar. Bulunya berwarna hitam dan putih dengan corak yang sangat menarik.

 

Wilayah Asal Burung Rangkong

Burung rangkong berasal dari wilayah tropis dan subtropis di Affrika, Asia dan Melanesia. Layaknya burung kicau lain, burung rangkong ini banyak ditemukan di hutan-hutan rimbun yang jauh dari permukiman manusia.

Selain itu, burung rangkong juga bukan termasuk burung yang bisa berinteraksi dengan manusia dari jarak dekat. Meskipun beberapa burung rangkong yang ada di kebun binatang bisa diajak foto dari dekat, namun burung rangkong liar bisa melukai kulit manusia dengan cakar dan paruhnya.

Meskipun begitu, masih banyak saja orang yang nekat memelihara burung ini baik dari hasil tangkapan liar maupun dari bayi.

 

Makanan Burung Rangkong

Paruh burung rangkong memang sangat besar dan terlihat menakutkan. Selain itu, paruhnya bisa dengan mudah merobek kulit manusia.

Namun nyatanya, burung rangkong adalah frugivora alias pemakan buah-buahan. Bentuk paruh burung rangkong ini memudahkannya untuk mengupas kulit buah yang keras atau menghancurkan bijinya.

Pada musim kawin, burung rangkong akan lebih banyak mengkonsumsi serangga-serangga dibandingkan buah. Pada musim ini jugalah burung rangkong paling sering bunyi dan gacor di alam liar. Hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

 

Penyebab Kelangkaan Burung Rangkong

Penyebab burung rangkong terancam punah sebenarnya ada banyak. Salah satu faktornya adalah karena maraknya perburuan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Paruh burung rangkong dipercaya bisa menjadi obat tradisional, jimat, dan hal-hal yang berhubungan dengan mistis. Selain itu, tidak sedikit pula burung rangkong yang diburu untuk dipelihara, dijual, atau diawetkan dengan air keras.

 

Download Suara Burung Rangkong Asli untuk Bahan Latihan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satu cara melestarikan suara burung rangkong adalah dengan melatih burung kicau di rumah Anda dengan suara rangkong. Meskipun hanya sekedar suaranya, namun Anda tetap bisa menikmati kicauan burung ini tanpa harus melawan hukum.

Nah, berikut ini adalah kumpulan file MP3 untuk bahan latihan isian rangkong.

 

Suara Burung Rangkong Kalimantan MP3 – Download

 

Suara Burung Rangkong Gading di Alam Liar – Download

 

Download Suara Rangkong Kalimantan di Hutan Belantara – Download

 

Kicauan Rangkong Sumatera MP3 – Download

 

Download Kicauan Burung Rangkong Gacor Asli – Download

 

Akhir Kata

Setelah di-download semua file suara burung rangkong yang disediakan, sekarang Anda hanya perlu memutarkan suara tersebut di dekat sangkar burung. Jangan lupa berikan Maxiplus agar proses masterannya lebih cepat dan lancar.

Leave a Comment