Bongkar Rahasia Terapi Agar Cucak Ijo Ngeplong Bersuara Keras

Baik ketika di gantangan lomba maupun di rumah, pastinya kita ingin cucak ijo dapat gacor dengan bunyi yang ngeplong. Bila dalam perlombaan, cucak ijo yang ngeplong kemungkinan besar akan dinilai bagus oleh juri dan menjadi juara. Namun, seringkali cucak ijo hanya ngeriwik – ngeriwik saja bahkan setelah di setting.

Memang, ngeriwik dan sulit ngeplong merupakan salah satu masalah yang dialami oleh hampir semua pemelihara cucak ijo. Bila di alam bebas, cucak ijo memang bukanlah tipe burung dengan kicauan yang begitu panjang.

Namun bukan berarti kita tidak dapat melatih cucak ijo agar bunyinya ngeplong. Dengan perawatan dan latihan yang tepat, cucak ijo bisa menjadi burung yang sangat gacor mengalahkan murai atau anis. Oleh karena itu, berikut ini adalah cara agar cucak ijo mau ngeplong baik ketika lomba ataupun di rumhah.

Cucak Ijo Susah Nagen saat Lomba? Baca ini!

Tips Agar Cucak Ijo Ngeplong Keras

1. Jemur Cucak Ijo Sembari Disemprot

Pada umumnya, cucak ijo mandi dengan cara masuk ke wadah berisi air yang kita berikan. Hal ini memang tidak salah karena alaminya begitulah cara cucak ijo mandi.

Namun ketika mendekati hari lomba, ada baiknya kita memandikan cucak ijo dengan cara menyemprot air demi menjaga kestabilan birahinya. Setelah disemprot air, kalian bisa menjemur cucak ijo di bawah sinar matahari.

2. Embunkan Cucak Ijo Setiap Hari

Tips selanjutnya agar cucak ijo terbiasa ngeplong adalah dengan mengembunkan secara rutin setiap hari. Pengembaran bisa dilakukan pada pukul 05.00 hingga pukul 06.00.

Saat diembunkan biasanya cucak ijo akan bunyi, selain itu pengembunan juga sangat bagus bagi kesehatan nafas dan kesetabilan birahinya. Karena ada juga cucak ijo menjadi sering ngeriwik karena OB.

3. Lakukan Pemasteran

Melakukan latihan pemasteran pada cucak ijo akan sangat mempengaruhi kicauannya. Pemasteran ini bisa kalian lakukan dengan cara memperdengarkan kicauan cucak ijo lain melalui rekaman audio ataupun dengan burung asli.

Akan lebih baik jika kalian melakukan pemasteran sambil burung dijemur. Selain itu, pemasteran ini juga wajib dilakukan secara rutin agar materi isianya semakin banyak.

4. Hadapkan Dengan Burung Lain

Seringkali cucak ijo sulit ngeplong di arena perlombaan karena bingung melihat banyak burung lain (demam panggung). Hal ini dikarenakan ia tidak biasa berada di tengah keramaian termasuk bila ada banyak orang.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Oleh karena itu, kita perlu melatihnya dengan menghadapkan dengan burung cucak ijo lain sebelum  perlombaan. Kegiatan ini disebut juga dengan ngecas atau membuat panas terlebih dahulu.

5. Berikan Buah-buahan Yang Bervariasi

Makanan juga faktor utama yang mempengaruhi performa cucak ijo, berikan Buah-buahan yang paling disukai cucak ijo secara acak setiap minggunya.

Misal seminggu sekali dikasih pepaya, lalu minggu besoknya diberi buah apel atau pir.

6. Berikan Air Belimbing

Sudah tidak asing lagi kalo air belimbing sangat bermanfaat untuk cucak ijo, salah satunya adalah membuat suara menjadi plong dan meningkatkan kegacoran CI.

Anda bisa memberikan air perasan ini setiap seminggu sekali secara rutin. Berikan 1x saja dalam sehari.

7. Biarkan Cucak Ijo Adaptasi

Ketika di arena lomba, kita juga harus membuat cucak ijo nyaman dan beradaptasi. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka sedikit krodongnya  hingga ia ingin berkicau.

Demikianlah beberapa cara agar cucak ijo mau ngeplong di rumah dan ketika lomba. Latihan yang rutin akan membuat kicauan cucak ijo makin bagus setiap harinya.

     

Leave a Comment