Tingkatan Lovebird Birahi dan Tanda – Tandanya

Banyak dari kicau mania di Indonesia yang baru tahu bahwa tingkatan lovebird birahi bukan hanya ada 1 tingkat saja. Karena faktanya, lovebird bisa punya 3 tingkatan birahi dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi hingga over birahi. Tapi bagaimana cara mengetahui tanda-tandanya?

 

Sebelumnya Anda pasti sudah tahu bahwa birahi burung lovebird sangat mempengaruhi kemampuan, kualitas dan durasi kicauannya. Sehingga banyak pemilik lb yang memancing birahi lb dengan berbagai macam cara mulai dari pemberian EF hingga menggunakan ramuan tertentu.

 

Tetapi kondisi birahi yang terlalu tinggi pun tidak bagus untuk lovebird. Karena bukannya jadi gacor, burung justru akan menjadi agresif bahkan hingga mencabuti bulu-bulunya.

 

3 Tingkatan Lovebird Birahi dan Cirinya

Jadi terdapat 3 tingkatan birahi yang bisa dirasakan oleh burung lovebird. Yaitu kurang birahi, normal, dan over birahi. Nah untuk mengetahui tingkat birahi burung lovebird yang Anda miliki, silahkan lihat tanda-tandanya di bawah ini.

 

Lovebird Kurang Birahi

Tingkatan lovebird birahi yang pertama adalah yang paling rendah. Seperti yang dikatakan tadi, lovebird yang birahinya tinggi akan mengeluarkan isian dan ngekek panjang. Artinya jika kondisi birahi lb rendah, ia tidak akan banyak ngekek dan berkicau.

Selain itu, ada beberapa tanda lovebird kurang birahi yang lain. Di antaranya adalah:

  1. Tubuhnya terlihat lemas dan tidak banyak bergerak
  2. Lovebird terkesan cuek terhadap bunyi-bunyian di sekitarnya
  3. Lb sering diam bengong di tangkringan
  4. Postur tubuhnya terlihat seperti membungkuk
  5. Sayap lovebird menjadi turun seperti tidak kuat menahan di pinggang
  6. Burung kurang aktif

Jika lovebird terlihat kurang birahi, Anda perlu menambah durasi jemur dalam seminggu serta memberi EF yang tinggi kandungan proteinnya.

 

Tingkat Birahi Normal

Berikutnya ada kondisi dimana tingkat birahi burung lovebird normal. Dalam kondisi ini, lovebird akan lebih responsif terhadap suara di sekitarnya. Lovebird yang dalam tingkat birahi normal juga bisa disetting agar tingkat birahinya lebih tinggi lagi. Biasanya hal ini dilakukan ketika burung akan ikut kontes dalam waktu dekat.

Lovebird birahi normal juga memiliki beberapa tanda yang bisa Anda lihat. Seperti:

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"
  1. Badannya aktif bergerak
  2. Memberi respon ketika disiul atau dipancing dengan suara-suara
  3. Postur badannya berdiri tegap dengan sayap di pinggang
  4. Lovebird tidak menabrak-nabrakan diri ke besi sangkar
  5. Bisa ngekek panjang
  6. Lb sering merapikan bulunya dengan paruh
  7. Matanya terlihat agak sipit

Jika Anda ingin meningkatkan lagi birahi lovebird, diperlukan settingan tertentu sesuai dengan karakter dan kemampuan lovebird. Karena tiap burung punya batas birahi normal yang berbeda – beda.

 

Lovebird Over Birahi

Tingkatan birahi lovebird yang terakhir adalah yang paling tinggi. Tingkat over birahi ini bisa terjadi jika Anda memberi settingan burung yang berlebihan. Atau bisa juga terjadi ketika terlalu banyak diberi EF dalam waktu singkat.

Tanda-tanda lovebird over birahi yang bisa Anda lihat adalah seperti di bawah ini.

  1. Mata sipit bahkan hampir menutup
  2. Lovebird menjadi hiperaktif
  3. Sering mencabuti bulunya
  4. Burung lb agresif dan galak
  5. Burung menjadi sering ngapal

Untuk menurunkan birahinya, Anda bisa memandikan lovebird dengan air dingin atau dengan memberi EF penurun birahi seperti ulat bambu.

 

Jika Anda ingin meningkatkan birahi lovebird agar cepat gacor, jangan lupa berikan Bosch-Max sebagai vitamin tambahan penggacor burung.

 

Demikianlah tingkatan lovebird birahi dan tanda-tandanya. Jadi mulai sekarang Anda perlu memperhatikan tingkat birahi lovebird yang Anda miliki agar tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Leave a Comment