16 Perbedaan Trucukan Jantan dan Betina ala Om Sandy Troman

Bagi orang awam mungkin agak sulit untuk melihat perbedaan trucukan jantan dan betina. Sebab burung dengan nama latin Pycnonotus Goiavier ini termasuk hewan monomorfik atau hewan yang antara jantan dan betina memiliki tubuh yang hampir serupa.

 

Tapi om Sandy Troman sudah memberikan beberapa tips agar anda lebih mudah membedakan jenis kelamin trucukan.

 

Mengingat dalam urusan burung kicau, jenis kelamin sangat berperan penting dalam menentukan kualitas kicauannya. Sebab kicauan trucukan jantan jauh lebih gacor dan nyaring dibandingkan yang betina. Karena memang di alam liar kicauan pada burung trucukan jantan digunakan untuk menarik perhatian sang betina.

 

Jadi jika anda mau memastikan punya burung trucukan yang gacor, anda perlu tahu bagaimana cara melihat perbedaan trucukan jantan dan betina. Bagaimana caranya? Silahkan perhatikan artikel ini hingga selesai.

 

Ciri Mutlak Trucukan Jantan

Dalam mengetahui perbedaan trucukan jantan dan betina, kita akan membahas tiap ciri setiap jenisnya. Nah yang pertama ini kita bahas dulu tentang ciri trucukan jantan yang sudah dewasa.

Karena Om Sandy telah membeberkan pada Pamankicau mengenai ciri trucukan jantan yang paling akurat. “Ciri ini harus diperhatikan, karena merupakan ciri mutlak dari TR jantan”, kata Om Sandy.

 

Postur Tubuh Trucukan Jantan Lebih Tegak dan Gagah

Meskipun secara umum burung trucukan jantan maupun betina memiliki ukuran tubuh yang relatif sama, namun ada satu perbedaan trucukan jantan yang tidak ada di betina. Yaitu postur tubuh dan cara burung berdiri atau bertengger di tangkringan.

 

Bila anda perhatikan, burung jantan selalu bertengger dengan posisi kaki yang lebih tegak serta badan yang lebih terangkat ke atas. Sehingga burung trucukan jantan terlihat sedikit lebih tinggi ketika berdiri bersampingan dengan yang betina. Padahal bila diukur dari ujung kepala hingga ujung kaki di tangan, keduanya punya ukuran tubuh yang sama.

 

Ada Jambul Khas Di Kepala Trucukan Jantan

Berikutnya ada perbedaan trucukan jantan dan betina yang paling khas dan paling mudah dilihat. Yaitu adanya jambul atau bulu yang berdiri di atas kepala trucukan jantan. Jambul ini benar – benar hanya ada pada trucukan jantan saja.

Jambul ini berwarna hitam dan akan terlihat jelas ketika trucukan sedang berkicau ropel, ngeroll, dan nembak. Jadi perhatikan saja bagian yang satu ini.

Selain itu, terdapat juga seperti rambut disekitar kepala trucukan jantan. Kalo anda pegang, kurang lebih ada 2 hingga 3 bulu (seperti rambut berwarna putih kecoklatan). Tapi untuk melihat cara ini anda perlu memegangnya terlebih dahulu.

 

Trucukan Jantan Bisa Garuda

Ini adalah gaya unik yang dimiliki trucukan jantan ketika ia sudah gacor. Garuda adalah sebutan bagi trucuk saat berkicau dengan melebarkan kedua sayapnya layaknya seekor burung garuda.

 

Biasanya trucukan akan garuda jika  melihat atau mendengar suara trucukan lain. Tapi kalo dia sudah jinak, melihat orang lewat aja dia pasti garuda kok. Ibarat kata dia menyambut orang lewat, bisa juga dijadikan sebagai satpam untuk jaga rumah ya hehe.

Ciri Trucukan Betina

Agar lebih lengkap untuk mengetahui perbedaan trucukan jantan dan betina, berikutnya kita akan membahas ciri trucukan betina. Bisa dibilang ciri untuk trucukan betina adalah kebalikan dari yang jantan saja. Berikut ini untuk pembahasan yang lebih jelas.

  1. Postur tubuhnya ketika berdiri lebih bungkuk dan membuat burung betina terlihat lebih pendek
  2. Burung trucukan betina tidak punya jambul, bahkan saat sedang berkicau sekalipun
  3. Trucukan betina juga akan jarang berkicau, kalopun bunyi ia cuma cok cok (ngecok) saja.
  4. Ketika di waktu biasa sekalipun, trucukan betina tidak berkicau sesering trucukan jantan dan suaranya lebih pelan.
  5. Ekor trucukan betina lebih pendek dan jarang membentuk V seperti pada jantan
  6. Bulu di bagian dada betina cenderung lebih cerah dan bersih
  7. Warna lingkar matanya lebih pudar
  8. Trucukan betina punya tulang pubis yang melebar, tempat ia menyimpan telur.

 

 

Perbedaan Trucukan Jantan dan Betina

Masuk ke pembahasan yang terakhir, kini waktunya kita menjelaskan perbedan trucukan jantan dan betina secara langsung. Bila anda sedang memegang dua burung trucukan. silahkan baca perbedaan – perbedaan ini dan lihat pada burung trucukan yang ada di tangan anda.

  1. Cara berdiri trucukan jantan lebih njegrak dan gagah, sedangkan trucukan betina cara berdirinya lebih membungkuk ke depan sehingga terlihat lebih pendek
  2. Ada bulu menonjol dan tebal di sekitar area kuping trucukan jantan sedangkan pada pada trucukan betina bulu di bagian kuping ini lebih pendek dan kurang terlihat
  3. Lingkar hitam di sekitar mata trucukan betina lebih pudar, sedangkan trucukan jantan punya lingkar yang lebih hitam pekat
  4. Jambul trucukan jantan akan naik ketika ia sedang berkicau, sedangkan pada yang betina jambul ini lebih pendek dan jarang telihat naik
  5. Akan tumbuh bulu halus di bagian belakang kepala trucukan jantan ketika memasuki usia dewasa, ciri ini hanya ada pada burung jantan saja.
  6. Trucukan jantan bisa garuda, sedangkan betina tidak bisa
  7. Trucukan jantan biasanya bunyi sambil jambul dan mengepakkan sayap, sedangkan trucuk betina tidak.

 

Demikianlah berbagai cara mengetahui perbedaan trucukan jantan dan betina ala om Sandy Troman. Semoga artikel ini bisa membantu anda semua dalam menentukan burung trucukan mana yang paling kamu butuhkan.

 

Bila anda cuma mau pelihara trucukan untuk dinikmati suaranya saja maka satu trucukan jantan sudah cukup. Namun bila ingin diternak dan dijadikan bisnis, tentunya anda harus menambah satu lagi burung trucukan betina sebagai indukan.

 
Cek 👉 : Jual Ring Burung Tulis Nama Sendiri, Garansi Paling Murah!!
   

Leave a Comment