5 Rekomendasi Vitamin untuk Kenari Terbaik

Memberikan vitamin untuk kenari macet bunyi bisa membantu burung Anda agar gacor dan bongkar isian lagi. Karena bisa jadi, kenari macet bunyi gara-gara sedang sakit, daya tahan tubuhnya turun, dan kurang asupan vitamin yang sulit didapatkan dari pakan biasa.

 

Memberi pakan utama seperti milet, jemawut, atau voer memang bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat sebagai sumber energi burung kenari. Tapi layaknya manusia, kenari juga butuh asupan vitamin yang lain.



 

Asupan vitamin untuk burung kicau bisa datang dari mana saja. Di alam bebas, mereka akan mencari buah, sayur, dan biji-bijian dengan kandungan vitamin yang dibutuhkan. Sedangkan untuk kenari peliharaan, biasanya pemilik hanya memberi multivitamin kemasan saja.

 

Rekomendasi Vitamin untuk Kenari Macet Bunyi Terbaik

Memberi multivitamin memang baik untuk burung, tapi tidak ada salahnya juga jika Anda memberi vitamin alami untuk burung kenari yang berasal dari sayur, buah dan biji-bijian.

 

Nah, berikut ini kami sudah siapkan rekmendasi vitamin untuk kenari macet bunyi terbaik baik yang alami maupun yang sudah dikemas.

 

1. Bawang Putih

Vitamin untuk burung kenari yang pertama adalah bawang putih. Sama seperti untuk tubuh manusia, bawang putih juga memiliki banyak manfaat agar kenari tidak gampang sakit, khususnya ketika sedang mabung.

Cara menggunakan bawang putih untuk vitamin alami burung kenari sangat mudah. Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Siapkan beberapa siung bawang putih yang sudai diiris halus
  2. Masukan ke dalam panci, kemudian direbus hingga airnya mendidih
  3. Setelah mendidih, matikan kompor dan buang ampas bawang putihnya
  4. Sekarang masukan milet ke dalam air rebusan bawang putih tadi
  5. Tunggu hingga 3 jam sampai airnya meresap, kemudian angkat dan buang air di panci
  6. Milet yang sudah direndam sekarang ditiriskan sampai benar-benar kering

Anda bisa langsung memberikan milet untuk burung setiap hari. Jika masih ada sisa, masukan saja ke toples dan tutup sampai rapat.

Milet yang sudah ada di tempat pakan kenari harus diganti setiap hari.

 

2. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu vitamin untuk burung kenari. Selain bisa mencegah burung mati akibat kedinginan, tanaman ini juga bisa membuat suaranya makin ngeplong dan nyaring.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan jika ingin membuat vitamin alami untuk burung kenari. Salah satunya adalah dicampur dengan pepaya setengah matang dan kunyit yang sudah dihaluskan.

Rasa hangat dari jahe juga bisa membuat kenari yang macet bunyi jadi terpancing untuk berkicau lagi. Sebab salah satu faktor yang membuat kenari susah bunyi adalah karena tubuhnya kedinginan sehingga birahinya sulit naik.

 

3. Maxiplus

Jika sebelumnya kita membahas tentang vitamin alami, sekarang ada vitamin untuk burung kicau yang sudah dikemas yaitu Maxiplus.

Cek dulu :
  • Vitamin Penggacor Lovebird Ampuh dan Aman "Bosch-max"
  • Suplemen Lovebird Paud Gacor Seketika "Pro-volt"
  • Vitamin Burung Lomba "Maxiplus"

Maxiplus adalah multivitamin yang bisa meningkatkan stamina burung dan membuat kenari jadi tidak gampang loyo waktu bongkar isian. Sehingga kalau digantang, durasi suaranya jadi yang paling lama waktu burung yang lain sudah berhenti.

 

4. Akar Sereh dan Jahe Merah

Kembali lagi ke vitamin alami untuk burung kenari, sekarang ada ramuan akar sereh dan jahe merah. Keduanya adalah tanaman hangat yang bisa mencegah burung kenari terserang penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Selain itu, memberikan akar sereh dan jahe merah secara rutin juga merupakan vitamin untuk kenari jantan agar suaranya tidak serak.

Untuk membuat ramuan ini, Anda membutuhkan bahan-bahan seperti:

  • Akar sereh
  • Jahe merah
  • Jeruk nipis
  • Air bersih
  • Madu 1 sendok makan

Cara membuatnya adalah dengan menumbuk halus akar sereh dan jahe merah lalu direbus bersama segelas air. Air rebusannya kemudian disaring dan dicampur dengan 2 perasan jeruk nipis dan madu hingga rata.

 

5. Bubur Bayi

Dan yang terakhir, ada vitamin burung kenari paud lolohan yaitu bubur bayi atau MPASI. Untuk Anda yang sudah pernah memelihara burung dari lolohan pasti tahu bahwa masa-masa paud adalah masa dimana burung membutuhkan banyak vitamin tambahan agar tidak cepat mati.

Layaknya bayi manusia, vitamin yang dibutuhkan oleh bayi burung juga sangat mirp, misalnya:

  • Vitamin B
  • Vitamin D3
  • Vitamin E
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Oleh karena itu memberikan lolohan dengan bubur bayi sangat tepat, mengingat seluruh kandungan vitaminnya sudah ada dalam tiap kemasan bubur bayi atau MPASI.

Bubur bayi juga teksturnya sangat lembut, jauh lebih lembut dari voer atau milet yang dihaluskan dan dicampur air. Sehingga tidak akan membuat kenari paud jadi tersedak atau muncul benjolan di tenggorokannya. Selain itu, harganya juga lebih murah dan tersedia di warung-warung dekat rumah.

 

Akhir Kata

Jadi seperti itulah vitamin untuk kenari macet bunyi baik yang alami maupun yang sudah dikemas. Agar burung tidak bosan, Anda bisa memberikan vitamin-vitamin kenari jantan ini secara bergantian tiap 2 atau 3 hari sekali.

Leave a Comment