Cara Membedakan Ciblek gunung anakan jantan dan betina

Ciblek gunung merupakan salah jenis burung ciblek yang mempunyai tembakan sangat rapat dan keras apalagi dirawat sejak anakan atau trotolan. Ciblek gunung yang dipelihara sejak anakan ternyata bisa dimasteri dengan suara 'brem' layaknya ciblek putih loh.

Source: Hobiburung.org

Hal itulah yang menjadi alasan kenapa para pecinta ciblek merawat calon gacoan ciblek gunung sejak anakan atau meloloh sendiri sampai ia gacor saat dewasa kelak.

Namun tidak semua ciblek gunung bisa gacor dan mempunyai tembakan yang rapat. Ciblek gunung yang bisa gacor ngebrem merupakan cigun yang berjenis kelamin jantan. Terus gimana ciri cirinya ciblek gunung anakan jantan? Nah pas banget nih kita akan membahas cara membedakan ciblek gunung anakan jantan dan betina.

Selain untuk masteran cigun juga bisa dilombakan dikelas ciblek loh, kebanyakan pemenang di kelas ciblek adalah jenis ciblek gunung karena suaranya yang rapat dan full durasi. Bahkan saya pernah melihat sendiri ciblek gunung bernama "Unyil" milik om kiko saat Walikota Cup Semarang nembak full cililin sangat panjang.

Brarti bisa kita simpulkan bahwa memelihara cigun sejak anakan sangat bisa untuk kita masteri dengan suara tembakan lain yang sekiranya cocok untuk lidah cigun. Antara lain, suara tembakan ngebrem, cililin, dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk membedakan cigun anakan jantan dan betina adalah dengan melihat ciri fisiknya. Seperti melihat warna bulu, bentuk kepala dan ukuran badanya. Berikut cara membedakan anakan cigun jantan dan beti :

Ciri-ciri cigun anakan jantan : 

  • Terdapat warna kekuningan disekitar matanya.
  • Kaki terlihat panjang, kokoh, gagah, serta berwarna agak kecoklatan
  • Kepalanya kotak, besar dan terdapat corak garis garis diatas kepala yang terlihat tajam.
  • Paruhnya tebal dan berwarna gelap
  • Terdapat warna kuning yang tajam pada tenggorokannya.
  • Bulu dibawah paruh terlihat bersih


Ciri-ciri ciblek gunung betina : 

  • Warna bulunya terlihat kusam dan sama sekali tidak ada warna yang tajam
  • Kepalanya kecil dan garis garis diatas kepalanya pudar nyaris hampir tidak terlihat.
  • Paruh tipis kecil dan warnanya pucat
  • Bagian tenggorokannya biasanya berwarna kuning muda.

Bedakan ciput atau cisem anakan jantan dan betina


Itulah sebuah tips untuk membedakan ciblek gunung anakan atau trotolan jantan dan betina versi kami, semoga tips kami diatas bisa bermanfaat untuk rekan rekan cigun mania yang sedang bingung untuk menentukan jenkel cigun anakan.

Jangan lupa share artikel ini jika dirasa bermanfaat untuk rekan cigun yang lain ya, jika anda masih bingung atau mau menambahkan silahkan tinggalkan komentar dibawah ya.

0 Response to "Cara Membedakan Ciblek gunung anakan jantan dan betina"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Lagi Cari  Ring Murah & Bebas Tulis nama? Klik Disini Harga Mulai 2rb!!