Pakan yang Bagus untuk Meloloh Anakan Kacer

Bagi peternak kacer, tentu pengetahuan tentang pakan anakan kacer sangatlah penting. Sebab, jika salah pilih pakan bisa menyebabkan anakan kacer tidak bisa tumbuh dengan baik dan mungkin saja penyakitan. Jadi, sangat penting memberinya asupan makanan yang tepat.

Anakan kacer yang akan kita loloh menang harus dengan pakan yang tepat


Setelah indukan kacer mengalami proses pengeraman selama 14 hari, maka waktunya anakan lahir dan keluar dari cangkang telur.

Anakan atau biasa disebut piyek ini sangat mudah mati atau terkena penyakit. Salah satu faktor penyebab kematian piyek kacer adalah pakan. Jika anda beternak kacer, maka ikutilah panduan memberi pakan yang bagus untuk meloloh anakan kacer.

Pengen ternak kacer? Baca dulu tips ini

Inilah Pakan yang Bagus untuk Meloloh Anakan Kacer Agar Sehat dan Terhindar Dari kematian

Sama seperti manusia yang butuh waktu untuk bisa makan nasi, begitu juga burung. Anakan kacer ini harus diberikan makanan khusus ketika masih piyek. Inilah pakan paling bagus berdasarkan tahapan umurnya :

Pada umur 6 hari

Saat anakan berumur 6 hari, berarti sudah waktunya dipisahkan dari induknya. Pada usia ini, pakan yang bagus untuk meloloh anakan kacer adalah kroto karena mengandung protein tinggi.

Pilih kroto yang segar dan pastikan bebas kotoran, celupkan pada air dan lolohkan pada anakan kacer. Pemberian makan ini dilakukan sekitar jam 6 pagi sampai 6 sore. Durasi pemberian makan adalah 1 jam.

Umur 7-14 hari

Tahapan berikutnya yakni pada umur 7 -14 hari. Ketika memasuki usia tersebut, anakan kacer diberikan voer sebagai makanan tambahan. Perbandingan voer dan krotonya adalah 30 : 70.

Pilih kroto dan voer yang berkualitas, lalu haluskan voor menggunakan blender, lalu seduh dengan air panas. Kemudian, masukkan kroto dan suapkan pada anakan kacer. Pastikan sudah habis selama 15 menit, jangan sampai lebih karena akan langsung basi.

Pada umur 15 hari ke atas

Di usia 15 hari, anakan kacer sudah lebih kuat dibandingkan sebelumnya. Maka, pemberian makannya dengan perbandingan antara voer dan kroto 50:50. Lalu, sesekali berikan jangkrik yang dibuang dulu kepala, kaki dan sayapnya.

Setelah memberikan makan campuran voer dan kroto yang caranya sama seperti sebelumnya, lalu berikan 1 ekor jangkrik setiap hari. Jangan lebih dari 1 ekor karena belum kuat.

Untuk melolohkan pakannya, anda dapat menggunakan sumpit atau alat lainnya yang menurut anda mudah. Itulah jenis-jenis pakan yang bagus untuk meloloh anakan kacer beserta tahapan-tahapannya.

Semoga bisa bermanfaat khusunya bagi para peternak pemula yang ingin meloloh anakan kacernya. Jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan tulis saja di kolom komentar.

0 Response to "Pakan yang Bagus untuk Meloloh Anakan Kacer "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel