Perlu Modal Berapa Untuk Bisnis Ternak cucak Rowo ?

Cucak rowo merupakan burung kicau yang mempunyai ciri khas suara ngingklung atau ropel sangat merdu. Selain suara kicaunya yang bagus, cucak rowo merupakan jenis burung kicau termahal berdasarkan jenisnya.

Bisnis penangkaran burung sangat menguntungkan, terutama cucak rowo


Kenapa sih burung cucak rowo kok bisa mahal? Alasanya adalah burung cucak rowo merupakan burung langka dan mempunyai kicauan yang sangat bagus sehingga harga cucak rowo jadi selangit.

Nah dengan hal itu bisa kita manfaatin nih sebagai bisnis. Bisnis apa om? Yapps bisnis ternak cucak rowo! Selain saingan yang sedikit, bisnis penangkaran cucak rowo ternyata sangat menjanjikan loh.

Peminat cucak rowo yang tinggi masih kurang sebanding dengan jumlah peternak cucak rowo yang ada di indonesia. Jadi jika anda berminat bergelut di dunia bisnis peternakan cucak rowo, pas banget om peluang anda terbuka sangat besar!

Namanya bisnis pasti butuh modal dong, terus berapa sih modal untuk memulai bisinis ternak cucak rowo? Langsung saja kita bahas mengenai modal yang dibutuhkan untuk ternak cucak rowo.

Harga Burung Cucak Rowo untuk Calon Indukan.


Harga cucak rowo jantan

Saat ini harga burung cucak rowo jantan yang sudah siap dijadikan indukan adalah sekitar 6 juta sampai dengan 10 juta, harga tersebut bisa saja berbeda dengan harga pasaran di tempat anda tinggal, tentunya sesuai dengan kualitas cucak rowo tersebut.

Harga cucak rowo betina

Untuk harga cucak rowo betina dewasa yang siap kawin relatif sama dengan harga cucak rowo jantan, namun harga cucak rowo betina juga bisa lebih mahal dari pejantan jika ropel CR betina lebih panjang dan lebih merdu.

Harga indukan cucak rowo

Jika anda mau menjodohkan cucak rowo sendiri, kira kira modal untuk indukan yang harus anda keluarkan sekitar 12-17 juta untuk membeli CR jantan dan CR betina.

Namun proses penjodohan juga membutuhkan proses yang tidak mudah, jadi untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan seperti gagal jodoh, saya sarankan untuk membeli indukan cucak rowo yang sudah jodoh. Kira kira cuma selisih 1-2 jutaan.

Anda bisa membeli indukan di peternak yang sudah terkenal agar tidak tertipu. Samperin aja penangkar cucak rowo di sekitar anda dan beli lah cucak rowo yang sudah jodoh.

Modal pembuatan kandang cucak rowo

Cucak rowo butuh kebebasan saat ditangkar, sehingga membutuhkan kandang yang agak besar agar cucak rowo merasa nyaman dan cepat bertelur. Ukuran standar kandang untuk ternak cucak rowo adalah panjang 5m, lebar, 3m dan tinggi 4m.

Jika anda punya kamar kosong dirumah, bisa juga kok dimanfaatkan sebagai kandang ternak cucak rowo. Yang perpenting, sirkulasi udara lancar dan terdapat pencahayaan dari sinar matahari.

Untuk alas kandang, menggunakan tanah liat dan tangkringan dari ranting pohon atau tangkringan buatan. Sediakan juga pintu kecil untuk memasukan makanan dan tempat panen anakan dari tempat yang di sediakan untuk mengeram.

Dengan memasang pintu kecil untuk kebutuhan diatas, jadi anda tidak perlu masuk masuk kandang ternak untuk kebutuhan sehari harinya. Cucak rowo menjadi nyaman di kandang ternak dan bisa cepat berproduksi.

Saya akumulasikan untuk modal kandang ternak kurang lebih cukup 2juta sudah siap huni indukan cucak rowo anda dirumah.

Makanan Saat Proses Penangkaran

Cucak rowo sangat menyukai buah buahan dan serangga, namun buah yang paling disukai cucak rowo adalah pisang. Selain itu cucak rowo juga sangat suka makan kroto.

Jadi saat di dalam kandang ternak, anda harus selalu menyiapkan makanan yang disukai cucak rowo, seperti pisang, kroto, jangkrik. Jangan lupa memberikan voer agar cadangan makanan selalu tersedia apabila makanan utamanya habis tanpa kita sadari.

Kita asumsikan untuk pakan harian cucak rowo saat di kandang ternak adalah 10rb rupiah per 2 pasang cucak rowo. Jadi anda hanya membutuhkan 5rb untuk makanan harian cucak rowo bahkan bisa kurang dari 5rb.

Pakan saat meloloh anakan cucak rowo

Agar mempercepat pertumbuhan anakan anda lebih baik melakukan meloloh anakan sendiri atau istilah kerenya itu handfeeding. Selain mempercepat pertumbuhan anakan, meloloh sendiri juga bertujuan agar indukan lebih cepat bertelur lagi.

Hasil anakan yang kita loloh juga akan sangat jinak dan akan cepat gacor karena sudah terbiasa dengan lingkungan manusia. Jadi lebih mudah dalam perawatanya.

Untuk pakan lolohan harganya bisa bervariasi tergantung merk yang kita pakai, namun kebanyakan peternak menggunakan voer yang dicampur kroto untuk meloloh anakan. Ada juga yang memberikan pisang untuk meloloh anakan cucak rowo.

Analisa keuntungan ternak cucak rowo

Menurut analisa saya, ternak cucak rowo memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, terutama modal untuk membeli indukan dan pembuatan kandangnya.

Harga anakan cucak rowo yang sudah bisa makan sendiri saat ini adalah minimal 5jt rupiah. Tentunya harga bisa naik tergantung kepopuleran peternak dan kualitas indukan cucak rowo.

Jika kita beternak tetap mengedepankan kualitas, saya yakin semakin lama bisnis penangkaran kita akan semakin maju dan semakin populer di pecinta burung.

Jika dalam 2 bulan kita panen 3 anakan dari indukan cucak rowo, maka kita akan mendapatkan minimal Rp. 5.000.000,00 dalam 1 pasang indukan. Bagaimana dengan bulan panen seterusnya dan bila kita punya lebih dari 1 indukan? Silahkan tambahkan sendiri taksiran pengahasilannya ya.

Itulah pembahasan saya mengenai modal untuk bisnis ternak cucak rowo, semoga dengan adanya tulisan ini, jika wirausaha anda jadi bangkit dan sekaligus ikut serta dalam melestarikan burung cucak rowo asli indonesia yang sudah sangat langka ini.

Jangan lupa share jika postingan ini bermanfaat bagi sesama kicau mania, tetap semangat dan saya tunggu kisah sukses anda dalam bisnis pengkaran cucak rowo, semoga berhasil ya. Salam ngropel mania dari pamankicau team.

0 Response to "Perlu Modal Berapa Untuk Bisnis Ternak cucak Rowo ?"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel