Hukum Membunuh & Memotong Kaki Jangkrik Ketika istri Hamil

Saat istri sedang hamil memang menjadi kebahagian tersendiri bagi kita semua, namun dibalik itu ada dilema yang dirasakan untuk para pemelihara burung kicau terutama burung yang memakan jangkrik setiap harinya. Sebelum istri kita hamil, pasti kita memberikan jangkrik yang sudah dipotong kakinya untuk burung kicau di rumah. Hal ini dilakukan karena menghindari resiko tersedak maupun melukai tenggorokan burung karena kaki jangkrik yang tajam.

Hukum memotong dan membunuh jangkrik saat istri hamil
Pestwiki.com


Namun saat mengetahui istri sedang hamil, perasaan takut untuk memotong kaki jangkrik untuk diberikan kepada burung mulai bermunculan. Hal ini dirasakan oleh sebagian besar kalangan pecinta burung kicau, termasuk saya sendiri.

Hukum Memotong kaki jangkrik dalam islam

Menurut pandangan islam, memotong atau memprotoli kaki jangkrik (binatang) yang masih hidup merupakan tindakan yang haram (berdosa jika dilakukan). Tindakan memprotoli kaki jangkrik merupakan tindakan yang menyiksa binatang, atau dalam islam disebut dengan ta'dzib.

Jadi lebih baik anda menghindari melakukan tindakan memotong kaki jangkrik yang masih hidup untuk diberikan kepada burung kicau walaupun istri anda sedang tidak hamil, karena merupakan salah satu tindakan yang menyiksa binatang khususnya jangkrik.

Bagaimana Kalau Membunuh Jangkrik untuk makanan burung?

Hukum Membunuh Jangkrik dalam islam

Membunuh Jangkrik (binatang) diperbolehkan dalam islam jika mengandung unsur kebaikan atau ada manfaatnya. Di sini niat kita membunuh jangkrik adalah untuk memberi makanan kepada burung, jadi kita diperbolehkan membunuh jangkrik karena mengandung unsur kemanfaatan.

Hadits Tentang Membunuh Binatang (nu.or.id)

عَنْ عَمْرِو بْنِ الشَّرِيْدِ قَالَ سَمِعْتُ الشَّرِيْدَ يَقُوْلُ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ قَتَلَ عُصْفُوْرًا عَبَثًا عَجَّ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْهُ يَقُوْلُ يَا رَبِّ إِنَّ فُلاَنًا قَتَلَنِى عَبَثًا وَلَمْ يَقْتُلْنِى لِمَنْفَعَةٍ

Dari Amru bin Syarid ia berkata, saya mendengar Asy-Syarid berkata ; Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Barang siapa yang membunuh seekor burung untuk main-main saja, maka burung itu akan mengadu pada hari kiamat nanti kepada Allah Azza wa Jalla dengan seraya berkata : Wahai Rabbku, sesungguhnya si Fulan membunuhku untuk main-main saja bukan untuk suatu manfaat. (H. R. Ahmad no. 19997, Nasa'i no. 4458)


عَنْ سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ مَرَّ ابْنُ عُمَرَ بِفِتْيَانٍ مِنْ قُرَيْشٍ قَدْ نَصَبُوْا طَيْرًا وَهُمْ يَرْمُوْنَهُ وَقَدْ جَعَلُوْا لِصَاحِبِ الطَّيْرِ كُلَّ خَاطِئَةٍ مِنْ نَبْلِهِمْ فَلَمَّا رَأَوُا ابْنَ عُمَرَ تَفَرَّقُوْا فَقَالَ ابْنُ عُمَرَ مَنْ فَعَلَ هَذَا لَعَنَ اللهُ مَنْ فَعَلَ هَذَا إِنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَنَ مَنِ اتَّخَذَ شَيْئًا فِيْهِ الرُّوْحُ غَرَضًا

Dari Sa'id bin Jubair dia berkata : Suatu ketika Ibnu Umar melewati beberapa pemuda orang Quraisy yang mengurung seekor burung untuk sasaran memanah. Mereka membayar kepada pemilik burung setiap panahan yang tidak mengena. Tatkala mereka melihat Ibnu Umar, mereka lari berpencar. Lantas Ibnu Umar berkata : Siapakah yang melakukan perbuatan ini? Allah telah melaknat orang yang melakukan hal ini. Sungguh, Rasulullah saw mengutuk orang yang menjadikan makhluk bernyawa sebagai sasaran (menembak). (H. R. Muslim no. 5174)

Kesimpulan

Memotong kaki jangrik untuk diberikan kepada burung diperbolehkan asal kita membunuhnya terlebih dahulu. Tujuanya adalah agar jangkrik yang akan dibuat makan burung tidak merasa tersiksa. Jadi jangkrik harus dibunuh dulu sebelum kakinya diprotoli atau dipotong. Jangan lupa berdoa dahulu sebelum membunuh jangkrik, minimal membaca basmallah untuk kebaikan semuanya.

Solusi bagi yang istrinya hamil

Jika anda masih takut karena adat setempat atau perintah orang tua disekitar, berikan jangkrik yang masih hidup dan kakinya tidak perlu di protoli tidak masalah. Burung punya naluri berburu dan akan membunuh jangkrik sebelum memakannya. Selain itu jika burung merasa Jangkrik nya terlalu besar maka ia akan memotongnya sendiri.

Alternatif lainnya adalah berikan EF lain seperti kroto dan ulat kandang, menurut saya itu adalah EF yang paling tepat untuk mengganti jangkrik. Solusi terbaik lainya adalah titipkan kepada teman selama istri sedang hamil.

Itulah pembahasan saya mengenai hukum memotong dan membunuh jangkrik saat istri hamil, semoga bermanfaat.

0 Response to "Hukum Membunuh & Memotong Kaki Jangkrik Ketika istri Hamil "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini