Keistimewaan Kutilang Jika Dipelihara Sejak Anakan

Burung kutilang merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak dibenci oleh kalangan kicau mania. Konon suara burung kutilang bisa merusak suara burung lain yang ada disekitarnya. Namun semua itu hanyalah mitos yang berkembang dari jaman dahulu sampai sekarang. Mitos tersebut membuat kutilang menjadi burung yang disingkirkan dan paling dibenci oleh kalangan pecinta burung.

Burung kutilang bisa sangat mahal jika banyak isian


Ada kabar lain bahwa burung yang mengeluarkan suara kutilang menjadi tidak laku, ada juga yang mengatakan jika mengeluarkan isian kutilang di arena lomba akan di diskualifikasi, semua itu hanyalah kabar hoax mengenai suara burung kutilang.

Hal tersebut pernah di bantah oleh salah satu juri Ronggolawe, bahwa burung yang mengeluarkan suara kutilang tidak didiskualifikasi, tapi hanya tidak dinilai suara tembakan atau isian.

Yang perlu anda ketahui, burung kutilang mempunyai kecerdasan yang bagus dan bisa menirukan suara burung lain disekitarnya jika dipelihara sejak anakan. Selain bisa mempunyai banyak isian, kutilang yang dipelihara sejak lolohan juga akan sangat jinak dan memiliki suara yang lantang.

Harga Anakan Kutilang

Saat ini banyak juga yang menjual anakan kutilang di pasar burung, baik pasar burung tradisional maupun pasar burung online di grup-grup Facebook. Karena kutilang tangkapan dewasa kurang laku dan sedikit peminatnya, maka para pemikat burung lebih mencari sarang kutilang untuk diambil anaknya dan dijual dipasaran.

Harga burung kutilang yang masih lolohan berkisar antara 15rb sampai dengan 30rb saja per ekornya. Selain harganya yang murah, kutilang lolohan juga sangat mudah dalam perawatanya karena cukup meloloh dengan pisang kepok setiap hari.

Cara Merawat Anakan Kutilang agar Banyak isian

Setelah anda membeli anakan burung kutilang, selanjutnya anda harus melakukan perawatan yang wajib dilakukan yaitu meloloh dan memasterinya setiap hari, berikut pembahasan nya

Cara Meloloh Anakan Kutilang

Ternya sangat mudah banget untuk meloloh anakan burung kutilang, cukup sediakan pisang kepok saja setiap harinya. Anakan kutilang sangat kuat dan tidak mudah mati ketika diloloh, asal kita rutin melolohnya setiap hari. Bahan yang harus anda siapkan untuk meloloh anakan tilang adalah pisang, jangkrik kecil, dan batang sapu lidi.

Kupas pisang dan gunakan batang sapu lidi untuk mengambilnya dan segera lolohkan pada anakan kutilang anda. Loloh anakan kutilang anda setiap 3 jam sekali setiap hari, anda juga bisa mengganti pisang dengan adonan voer yang dicampur dengan air hangat. Dengan syarat, setelah selesai meloloh adonan voer harus diganti dengan yang baru lagi.

Setelah anakan kutilang tumbuh dewasa atau sudah bulu sayapnya sudah mulai tumbuh panjang, berikan juga jangkrik kecil yang sudah dipotong kepala dan kakinya. Dengan memberikan jangkrik, anakan kutilang akan semakin cepat tumbuh besar karena jangkrik mempunyai nutrisi yang sangat tinggi.

Cara Memaster Anakan Kutilang

Anakan kutilang akan belajar berkicau jika usianya sudah menginjak 1 bulan atau sudah tumbuh bulu-bulunya. Dengan demikian anda harus menyiapkan masteran untuk anakan kutilang agar kelak mempunyai banyak isian yang bagus. Rekomendasi dari saya untuk memaster anakan kutilang adalah suara kenari, cucak jenggot, kolibri, tengkek buto, ciblek dan kacer.

Jika anda tidak mempunyai salah satu burung diatas, gunakan saja suara burung mp3 sesuai jenis burung diatas. Gunakan audio mp3 yang jernih agar bisa di dengar dengan jelas oleh anakan burung kutilang anda. Anda bisa mendownload suara burung disini.

Harga Kutilang yang Banyak isian

Kutilang memang burung yang murah, bahkan sampai tidak laku di pasaran, namun burung murah akan menjadi burung "emas" jika mempunyai kualitas kicauan yang unggulan, salah satunya adalah kutilang yang banyak isiannya.

Kutilang milik teman saya ada yang ditawar sampai ratusan ribu karena kutilangnya selalu berkicau fasih kenari, ia merawat kutilangnya sejak lolohan dan selalu menyandingkan dengan burung kenari setiap harinya. Dengan isian kenari saja harganya bisa naik berkali kali lipat, apalagi jika kutilang kita mempunyai isian mewah yang lain seperti Cililin, tengkek dan lainya?

Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat untuk rekan semua, save kutilang burung asli Indonesia dan hanya ada di Indonesia.

0 Response to "Keistimewaan Kutilang Jika Dipelihara Sejak Anakan"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini