4 Keistimewaan Burung Paruh Celah yang Wajib Anda Ketahui

Setiap burung mempunyai karakter dan kepribadian masing masing layaknya manusia. Namun karakter tersebut juga bisa dilihat dari fisiknya loh, salah satunya adalah dengan melihat bentuk paruh burung tersebut.

Banyak para kicaumania memburu burung yang mempunyai paruh celah, terutama saat memilih burung kacer, Muraibatu, dan cucak ijo.

Burung paruh celah mempunyai banyak keistimewaan
Muraibatu Paruh Celah


Paruh celah pada burung adalah kondisi dimana paruh burung mempunyai bentuk yang tidak rapat. Jika dilihat dari samping maka akan terlihat celah paruhnya.

Setiap katuranggan atau bentuk tubuh burung mempunyai kelebihan yang melambangkan karakternya. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai burung dengan paruh celah, apa saja sih keistimewaan burung paruh celah?

Keistimewaan Burung Paruh Celah


1. Mempunyai Suara yang Tembus

Banyak orang yang mengatakan bahwa  burung paruh celah mempunyai suara kicauan yang keras, mengkristal dan tembus. Pendapat ini memang benar karena sudah banyak yang membuktikannya.

2. Suara dengan Tipe Ngerol

Tentunya burung pasti mempunyai banyak variasi saat berkicau, terutama muraibatu dan kacer. Variasi suara yang paling bagus menurut juri lomba adalah ngerol dan nembak.

Nah burung paruh celah ini kebanyakan mempunyai suara tipe roll dan sangat cocok untuk dijadikan burung gacoan lomba.

3. Punya Mental yang Bagus

Banyak juga kicau mania yang meyakini bahwa burung paruh celah mempunyai mental fighter yang bagus. Bahkan ada salah satu peternak murai yang mengatakan bahwa muraibatu paruh celah sangat susah untuk dijodohkan karena terlalu fighter.

Murai batu paruh celah sangat fighter


4. Mempunyai Volume Suara yang Pedas

Selain suaranya keras dan ngerol, burung paruh celah ternyata juga merupakan burung tipe nembak dengan suara yang pedas.

Baca juga : Keistimewaan Cucak Ijo Sumatra yang Jarang diketahui

Suara tembakannya melengking keras dan sangat nyaring saat didengar telinga. Cocok banget untuk dijadikan burung lomba karena juri pasti akan mendengar suara tembakan kerasnya.

Pendapat Burung Paruh Celah

Keistimewaan diatas merupakan pendapat dari sebagian besar kicau mania yang memelihara burung paruh celah. Mereka berpendapat karena sudah membuktikan sendiri kualitas dari burung paruh celah yang mereka miliki.

Paruh Celah Menurut Dokter Hewan

Namun menurut dokter hewan, terjadinya paruh celah merupakan kelainan sejak ia dalam telur dan saat proses pertumbuhan dewasanya.

Kelainan ini disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium saat proses pertumbuhanya, baik saat pertumbuhan di telur maupun saat pertumbuhan sampai dewasa.

Paruh Celah Menurut Tim Pamankicau

Sebelum anda membeli burung paruh celah, tetap perhatikan hal lain yang menunjang kualiatas burungnya. Seperti melihat bentuk tubuh, dan memperhatikan suara kicauannya jika burung tersebut sudah bunyi.

Keistimewaan paruh celah diatas adalah rumor yang berkembang dari jaman ke jaman, namun 90% mitos bahwa paruh celah mempunyai kualitas suara yang bagus memang benar, karena sudah banyak yang membuktikannya.

Apakah anda tertarik memelihara burung paruh celah? Atau anda punya pendapat lain mengenai burung tipe ini? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya

0 Response to "4 Keistimewaan Burung Paruh Celah yang Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini