√ Cara Meloloh Anakan Kacer Agar Cepat Tumbuh Besar

Mengetahui cara meloloh anakan kacer adalah hal yang wajib dipahami oleh para peternak kacer. Sebab proses meloloh kacer akan sangat mempengaruhi kualitasnya ketika sudah dewasa kelak.

cara meloloh anakan kacer


Sebagian dari anda mungkin masih berpikir bahwa meloloh anakan kacer bisa dilakukan oleh sang indukannya sendiri. Memang benar, tetapi tidak semua piyikan akan bertahan hidup dan tumbuh dengan kualitas yang sama. Sebab indukan kacer hanya ingin memberi makan pada anak yang sekiranya bisa bertahan hidup.

Jika anda sudah membaca artikel panduan ternak kacer, pasti anda tahu bahwa ada beberapa anakan kacer di telantarkan hingga mati karena memiliki cacat fisik maupun dari kondisi kesehatannya.

Oleh karena itu, meloloh sendiri satu per satu anakan kacer adalah jalan keluar yang terbaik. Namun pertanyaannya, bagaimana cara meloloh anakan kacer agar bisa tumbuh dewasa dan memiliki kualitas tinggi? Kita akan menemukan jawabannya dalam artikel ini.


Langkah – Langkah Meloloh Anakan Burung Kacer

Langkah dalam meloloh anakan kacer sebenarnya tidak jauh berbeda dengan meloloh burung lainnya. Ketika memasuki usia 6 hari, segera pindahkan anakan kacer dari indukannya ke kandang khusus.

Kemudian, siapkan beberapa bahan di bawah ini :


Bahan Meloloh Kacer

- Suntikan tanpa jarum atau pipet atau lidi
- Kroto, voer, atau jangkrik
- Air
- Karet pentil ban atau  karet bekas gas

Setelah semuanya siap, kini waktunya anda membuat pakan untuk kacer. Caranya dengan mencampurkan kroto bersih, voer atau jangkrik ke dalam air hingga lembut. Kemudian, masukan pakan ke dalam suntikan.

Ganti ujung suntikan dengan karet pentil ban atau karet bekas gas yang panjang agar anakan kacer mudah memakannya. Kemudian, tempelkan suntikan ke mulut piyikan kacer dan dorong pelan – pelan suntikan agar anakan kacer tidak tersedak.

Kebanyakan dari anda mungkin tahu cara meloloh anakan burung dengan metode menyuntikan langsung makanan ke mulut burung. Cara tersebut memang benar, namun lebih aman lagi menggunakan lidi atau sendok buatan kecil untuk meloloh anakan kacer dengan cara menyuapkan secara langsung.

Pilihan Pakan Lolohan Kacer

Karena masih piyik, anda juga tidak bisa asal dalam memilih pakan lolohan kacer. Nah agar tidak salah memilih, berikut ini adalah pilihan pakan untuk lolohan kacer berdasarkan umurnya.

1. 6 - 9 hari

Di umur 6 hingga 9 hari, kacer masih makan di atas cangkang telurnya. Karena tidak bisa memakan pakan padat, anda perlu memberinya kroto bersih yang sudah dihaluskan.
Lolohan kacer diberi makan setiap 20 menit sekali dari jam 6 pagi hingga 6 sore setiap hari.

2. 10 – 17 hari

Di usia 10 hari, anda perlu mulai memberikan voer halus yang dicampurkan dengan kroto. Selain untuk memenuhi proteinnya, voer juga harus dibiasakan agar ketika dewasa burung akan mudah makan voer.
Namun perlu anda ingat, jangan pernah memberikan campuran voer dan kroto yang sudah kering atau lebih dari 1 jam. Sebab biasanya pakan sudah basi dalam waktu kurang dari 1 jam.

3. 17 hari ke atas

Pada usia 17 hari ke atas, anda bisa mulai memadatkan pakan lololohan kacer. Namun kacer masih tetap diloloh dengan suntikan yang sama.

4. 1 bulan

Memasuki usia 1 bulan, kacer mulai di pisahkan dan dibiasakan makan voer sendiri. Caranya adalah dengan hanya memberikan pakan lolohan pada jam tertentu saja.

Waktu Untuk Meloloh Kacer

Dalam sehari, kurang lebih anda perlu meloloh kacer sebanyak 10 hingga 20 kali ketika kacer masih usia di bawah 10 hari. Nantinya, jumlah anda meloloh akan semakin berkurang secara perlahan.

Di ketika kacer berusia 1 bulan, anda hanya perlu meloloh 5 kali saja dalam sehari. Namun sediakan tempat voer untuk dia makan sendiri.

Tips Agar Lolohan Kacer Tumbuh Sehat

Tubuh anakan kacer akan sangat mudah terkena penyakit, khususnya di satu minggu pertamanya. Oleh karena itu, anda perlu memberikan lampu incubator agar tubuhnya selalu hangat.

Berikan pula vitamin – vitamin tambahan yang dicampur ke pakan untuk menjaga sistem ketahanan tubuhnya.

Usahakan membuat pakan lolohan kacer sekali habis untuk menghindari pakan lolohan menjadi basi. Hal ini memang sepele, namun akan berdampak serius (sampai kematian) jika anda memberikan pakan yang sudah basi pada kacer.

Kesimpulannya, meloloh anakan kacer sebenarnya tidak sulit sama sekali. Hanya saja sedikit memakan waktu dan dibutuhkan kesabaran agar semua lolohan kacer bisa tumbuh dengan sehat.

0 Response to "√ Cara Meloloh Anakan Kacer Agar Cepat Tumbuh Besar"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini