√ 3 Langkah Mudah Menjodohkan Kacer dengan Cepat

Banyak para peternak burung kicau berpikir bahwa cara menjodohkan kacer sangat sulit dan hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang. Padahal faktanya, menjodohkan burung kacer tidak sesulit yang anda semua bayangkan.

Cara menjodohkan kacer


Proses menjodohan kacer juga tidak banyak berbeda dengan cara menjodohkan murai. Yang membuat sulit hanyalah waktunya yang cukup lama. Bisa memakan waktu lebih dari seminggu. Dan jika ada kesalahan, anda harus mengulang proses penjodohan dari awal lagi.

Oleh karena itu agar tidak membuang waktu sia –sia, kali ini kita akan memberi tahu 3 langkah cara menjodohkan kacer dengan proses yang cepat.

Siapkan Sangkar Penjodohan

Langkah pertama untuk menjodohkan kacer adalah dengan menyiapkannya sangkar perjodohan. Anda mungkin bisa menggunakan sangkar atau kandang biasa. Namun membuatkan sangkar khusus perjodohan merupakan cara mempercepat penjodohan kacer dan tentunya membuat kacer cepat bertelur.

Sangkar untuk menjodohkan burung kacer tidak perlu besar. Anda bisa membuat sangkar sendiri dari kayu dengan ukuran 30x90x30 membentuk balok menyamping. Bagian belakangnya di tutup dengan kayu triplek dan bagian depannya menggunakan ram kawat.

Kemudian sangkar disekat menjadi dua agar burung kacer tidak bisa melihat satu sama lain. Menyekatnya bisa menggunakan GRC Board atau triplek kayu. Jangan gunakan kardus, sebab kacer akan merusaknya dan proses penjodohan bisa gagal.

Jika anda tidak punya sangkar perjodohan khusus, bisa juga menggunakan sangkar gantung biasa. Caranya adalah dengan mendekatkan 2 sangkar gantung bersampingan dan di tengahnya diberi sekat.

Teknik Menjodohkan Kacer

1. Menjodohkan Kacer dengan Keramba

Teknik ini sangat banyak digunakan oleh para peternak kacer karena hasilnya sangat efektif. Terutama untuk "menjodohkan kacer yang galak" dan mempunyai tingkat agresif yang tinggi.

Caranya tinggal masukan jantan dan betina ke dalam keramba mandi secara bersamaan dan biarkan mereka mandi bersama.

2. Menjodohkan di Kandang Ternak

Teknik menjodohkan kacer yang kedua ini juga sangat efektif, caranya masukan kacer betina ke dalam kandang ternak, kemudian masukan kacer ke dalam sangkar ternak namun si pejantan tetap berada di dalam sangkar sendiri.

Cara paling mudah menjodohkan kacer
Langkah menjodohkan kacer


3. Menjodohkan dengan Kandang Sekat

Teknik selanjutnya dalam menjodohkan kacer adalah memasukan burung kacer ke kandang yang sudah sediakan. Burung akan ditempatkan bersampingan hanya bisa melihat satu sama lain.

Umumnya, di tahap ini burung kacer jantan akan terus berkicau memikat hati betina dan menandakan dirinya sedang birahi. Jika hal ini tidak terjadi pada kacer anda, maka pancing birahinya dengan memberikan jangkrik 3 ekor setiap hari secara rutin.

Tunggu sekitar 2 – 5 hari hingga kacer betina memberikan tanda – tanda birahi.

Biasanya tanda kacer betina birahi adalah mulai membalas kicauan – kicauan dari sang jantan. Selain itu sang betina juga semakin aktif seperti sering loncat – loncat di tenggeran. Ciri lainnya adalah kacer betina terlihat sudah menyiapkan sarang di kandangnya.

Mengawinkan Kacer

Jika tanda birahi kacer betina mulai terlihat, kini waktunya mengawinkan burung kacer. Caranya adalah dengan mencampurkan burung jantan ke sangkar yang betina. Pastikan sebelum memindahkan sang jantan, anda memberikan jangkrik terlebih dahulu agar birahinya tetap stabil.

Untuk mengetahui apakah kacer jodoh atau tidak, anda bisa mengamatinya di malam hari. Jika benar berjodoh, burung akan tidur berdekatan di malam hari.

Lama Proses Kawin Sampai Bertelur

Dari proses kawin hingga kacer bertelur biasanya memakan waktu 2 hingga 3 minggu. Pada masa perkawinan, pastikan burung tidak stress dan tidak ada predator yang berada di sekitarnya.

Penyebab Kacer Gagal Jodoh

Sebenarnya ada beberapa faktor mengapa penjodohan burung kacer menjadi gagal. Dalam artikel panduan cara ternak kacer dijelaskan bahwa salah satu alasannya adalah sang jantan yang terlalu over birahi. Hal ini ditandai dengan pejantan yang mengejar – ngejar betina setiap waktu.

Untuk mengatasinya, anda bisa menyediakan cepuk air untuk mereka mandi ketika over birahi. Selain itu, anda juga bisa menyemprotkan air dingin kepada keduanya hingga basah kuyup dan tenang.

Namun jika sudah terlambat dan kacer betina menjadi stress, terpaksa anda peru memisahkannya dan mengulang proses penjodohan dari awal.

Seperti itulah cara menjodohkan kacer baik dari anakan maupun kacer yang sudah dewasa. Perlu diingat bahwa kacer baru bisa dijodohkan ketika berusia 1 hingga 2 tahun.

0 Response to "√ 3 Langkah Mudah Menjodohkan Kacer dengan Cepat"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini