√ Cara Mudah Membedakan Cendet Anakan Jantan & Betina

Cendet merupakan salah satu burung yang banyak di sukai oleh para kicaumania. Cendet adalah burung kicau super cerdas yang pernah saya pelihara, tak heran jika cendet mempunyai variasi kicauan yang sangat banyak dan bervariasi.

Uniknya lagi, cendet juga bisa menirukan suara yang aneh-aneh seperti suara tokek, siulan, ayam, dan suara unik lainya. Apalagi jika burung cendet dipelihara sejak anakan, pasti variasi kicauanya akan sangat bagus dan beragam.

Bagaimana cara membedakan anakan cendet jantan dan betina



Saat ingin memelihara anakan cendet atau biasa disebut trotolan cendet, pasti anda menginginkan anakan cendet yang berjenis kelamin jantan. Karena sudah banyak diketahui bahwa cendet jantan mempunyai suara yang tebal dan mentalnya oke.

Bagi anda yang mau membeli anakan cendet jantan, pas banget pada kali ini saya akan berbagi sebuah pengalaman mengenai cara membedakan anakan cendet jantan dan betina dengan mudah.

Ciri-ciri Anakan Cendet Jantan


1. Kepala Anakan Cendet Berbentuk Papak

Saat anda mencermati bentuk kepala anakan cendet, trotolan cendet jantan mempunyai bentuk kepala yang kotak dan papak (pipih).


2. Alis di Bagian Mata Tampak Pekat

Trotolan cendet jantan mempunyai warna alis hitam pekat dan tajam,  ada juga yang menyebutnya topeng pada cendet. Ini berlaku untuk jenis anakan cendet "zoro" yang saat dewasa mempunyai bagain hitam segaris dengan mata.

Untuk cendet tipe semi, maka topengnya akan sampai pada belakang mata dan diatas kepala cendet. Dan akan nampak full hitam sampai dibelakang kepala untuk jenis anakan cendet kepala hitam (Jatim & Madura).


3. Sorot Mata Sangat Tajam

Umumnya, Anakan cendet jantan mempunyai sorotan mata yang sangat tajam dan meloto.


4. Warna putih Di Sayap Lebih Tegas

Selain warna hitam bagian luar sayapnya yang berwarna hitam tegas, trotolan cendet jantan juga mempunyai warna corak putih yang tegas pula di bagian sayapnya.


5. Ekor Menyatu dan Berwarna Hitam Tegas

Cendet jantan identik dengan warna bulu hitam yang pekat di setiap bagian tubuhnya. Termasuk juga pada bagian ekor, cendet anakan mempunyai bentuk ekor yang rapi menyatu dan warnanya hitam tegas.


6. Terlihat Gagah Saat Berdiri

Anakan cendet jantan mempunyai bentuk tubuh yang gagah dan tegap, sehingga nampak sangat gagah saat nangkring. Selain itu bentuk kaki anakan cendet jantan juga lebih besar dan terlihat sangat kuat cengkramannya.


7. Suara Tet Tet Keras dan Jelas

Saat masih anakan, tentu burung cendet belum bisa berkicau. Namun anakan cendet mempunyai naluri kicau yang berbunyi tet tet sejak anakan. Nah untuk anakan cendet jantan, suara tet tet ini terdengar sangat keras dan suaranya jelas.


Foto Anakan Cendet Jantan

Agar anda bisa lebih jelas, silahkan perhatikan gambar anakan cendet jantan dibawah ini.

Ciri-ciri anakan cendet jantan dengan jelas
Cendet anakan jantan


Ciri fisik cendet anakan jantan


Itulah mengenai ciri anakan cendet jantan, untuk memperjelas lagi saya akan memberikan ciri anakan cendet betina.


Ciri Anakan Cendet Betina


  • Kepala anakan cendet betina berbentuk lonjong/ oval (agak membulat)
  • Warna topeng di bagian kepala nampak tipis, pudar dan agak keabu abuan.
  • Terdapat bintik-bintik di atas kepala namun terlihat agak pudar.
  • Warna hitam di bagian sayap cenderung abu-abu atau kusam
  •  Warna putih pada bagian nampak pudar
  •  Warna hitam di bagian ekor cendet anakan betina berwarna pudar keabu-abuan.
  • Saat nangkring, cendet betina cenderung duduk dan tidak terlihat gagah.


Harga Anakan Cendet Jantan dan Betina

Harga trotolan atau anakan cendet sangat bervariasi sesuai jenis dan stok yang tersedia di pasaran. Umumnya harga anakan cendet jantan berkisar antara 120rb untuk cendet zoro, 150rb untuk cendet semi, dan 200rb untuk cendet madura dan daerah jawa timur.

Untuk cendet betina tidak bisa saya pastikan karena semua penjual anakan cendet 90% pasti bilang bahwa anakan cendet yang dijualnya adalah jantan. Untuk itu sebaiknya anda memilih anakan cendet jantan sesuai dengan ciri fisik yang saya bahas diatas.

Itulah pembahasan saya pada postingan kali ini mengenai cara membedakan anakan atau trotolan cendet jantan dan betina. Silahkan anda pahami penjelasan ciri fisik cendet jantan dan betina diatas, cermati juga foto perbedaan keduanya ya agar anda lebih paham.

0 Response to "√ Cara Mudah Membedakan Cendet Anakan Jantan & Betina"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini