√ Cara Mudah Menjodohkan Blackthroat Dengan Sangkar Gantung

Salah satu pengetahuan terpenting agar bisa sukses ternak blackthroat adalah mengetahui cara menjodohkan blackthroat sendiri. Sebab, bagaimana burung bisa berkembang biak dan diternakan bila mereka tidak jodoh.

Memang hampir di setiap kumpulan tips beternak blackthroat yang ada di internet selalu ada pembahasan tentang penjodohan burung blackthroat. Namun masih banyak orang yang gagal dalam menjodohkan blacktroath.

Cara mudah menjodohkan blacktroath menggunakan sangkar gantung


Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjodohkan blackhtroat dari awal agar bisa cepat jodoh dan cepat bertelur.


Pahami Jenis Blackthroat Yang Ingin Dijodohkan

Sebelum memulai, pertama – tama anda semua perlu mengetahui jenis burung blackthroat yang akan dijodohkan. Perlu anda semua ingat bahwa ada dua jenis blackthroat yang banyak ditemui di Indonesia yaitu yang berasal dari Senegal dan dari Botswana.

Keduanya memiliki kicauan yang cukup berbeda. Kicauan burung blackthroat asal Botswana bisa dibilang lebih nyaring dan cengkoknya lebih merdu dibandingkan blackthroat asal Senegal.

Namun tentunya, masalah harga antara blackthroat asal Botswana dan Senegal juga berbeda. Oleh karena itu, ada persilangan di Indonesia yang menghasilkan blackthroat dengan harga yang murah seperti dari Senegal dan merdu seperti dari Botswana.

Jenis burung ini disebut dengan nama Blackthroat lokal yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. JIka anda baru pertama memulai ternak blackthroat, sangat disarankan untuk menggunakan jenis lokal.

Syarat Menjodohkan Blacktroath

Layaknya penjodohan burung kacer, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi tiap burung blackthroat. Di antaranya adalah :


  • Berusia minimal 8 bulan maksimal 1,5 tahun
  • Sudah pernah mengeluarkan ciri birahi seperti mengepakan sayap (ngapal) saat terpancing birahi
  • Sedang dalam kondisi normal, tidak mabung, ataupun sakit yang lain 
  • Pastikan burung tidak dalam kondisi stress atau takut 
  • Blackthroat tidak memiliki cacat di fisiknya 
  • Jika sudah bisa mengeluarkan kicauan merdu akan menjadi nilai tambahan


Jika ada 1 dari 6 syarat tersebut tidak dimiliki blackthroat anda seperti misalnya burung ada kecacatan atau belum berusia 8 bulan, proses penjodohan bisa tetap dilakukan. Hanya saja, waktunya mungkin lebih lama dan kualitas anakan yang dihasilkan kurang memuaskan.


ProsesProses Menjodohkan Blackthroat 

Dalam artikel panduan ternak blackthroat dijelaskan bahwa menjodohkan blackthroat bisa dilakukan dengan kandang semi permanen yang dibuat sendiri ataupun sangkar gantung. Namun demi menghemat biaya, peternak hanya menggunakan sangkar gantung saja.

Nah berikut ini adalah tata cara dan langkah dalam menjodohkan burung blackthroat yang bisa anda semua ikuti.


1. Tahap Awal Penjodohan

Pada tahap awal penjodohan, burung tetap di taruh di sangkarnya masing – masing. Namun posisikan sangkar burung sejajar dan bersebelahan.

Proses awal ini berlangsung kurang lebih 3 hari atau hingga burung mengeluarkan tanda – tanda seperti sering berdekatan dan bersahutan.


2. Mencampurkan Sepasang Blackthroat

Setelah terlihat tanda yang jelas, siapkan satu sangkar kosong yang diisi dengan serabut – serabut halus dan batok kelapa. Nantinya, bahan ini akan digunakan indukan blackthroat untuk membuat sarang sendiri.

Kemudian, campurkan sepasang blackthroat agar mereka kawin. Biasanya proses perkawinan memakan waktu sekitar 5 hingga 7 hari.

Blacktroath betina sudah siap dijodohkan



3. Masa Bertelur dan Mengerami Telur

Biasanya, sepasang blackthroat bisa menghasilkan 3 telur dalam satu kali kawin. Kemudian betinanya akan mengerami telur hingga 2 minggu.

Namun dalam waktu 1 minggu, akan ada bintik biru yang keluar di telur. Hal ini menandakan bahwa telur isi dan bisa menetas. Bila tanda ini sudah keluar, disarankan untuk memisahkan kembali jantan agar tidak merusak telur.


Meningkatkan Birahi Blackthroat Agar Cepat Kawin

Beberapa dari anda mungkin mengalami masalah berupa burung blackthroat yang tak kunjung kawin karena birahinya rendah. Hal ini memang banyak dialami khususnya peternak yang berada di kawasan bersuhu dingin.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan birahi blackthroat anda bisa menjemurnya setiap pagi hingga siang. Bila belum dicampurkan sepasang, anda bisa memberi jangkrik pada blackthroat jantan untuk memancing birahinya.

Nah, seperti itulah cara menjodohkan blackthroat di sangkar gantung agar cepat bertelur. Kualitas anakan blackthroat akan bergantung pada kualitas kedua indukannya.

0 Response to "√ Cara Mudah Menjodohkan Blackthroat Dengan Sangkar Gantung"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel


Jual Burung

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini