6 Solusi Mengatasi Murai Batu Kurang Ngotot dan Kurang Fighter di Lapangan

Tidak ada habisnya jika membahas seputar permasalahan murai batu diarena lomba. Ada saja penampilan yang kurang, dan tentunya hal tersebut menjadi PR untuk kita agar MB bisa tampil lebih baik di even berikutnya.

Ada banyak request yang masuk dari inbox Fans page Pamankicau agar membahas mengenai cara mengatasi murai yang kurang ngotot dan kurang fighter saat lomba. Okey, pernakankanlah saya untuk membahas masalah tersebut.

Agar MB bisa memenangkan sebuah even, tentu harus tampil maksimal dengan mengeluarkan banyak variasi isian. Syarat utama MB tampil maksimal adalah harus kerja ngotot.

Mengatasi Murai Batu Kurang Ngotot
Muraibatu-aceh.blogspot.com

Dengan begitu MB akan memuntahkan semua materi dan tampil full durasi. Jika anda merasa gacoan MB dirumah kurang ngotot dan sering ngetem, anda harus melakukan beberapa cara ini.

Penyebab Murai Kurang Ngotot saat Tarung

Orang bilang tidak akan ada asap jika tidak ada api, nah begitu juga MB yang kurang ngotot. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

  • Faktor usia, burung yang sudah terlalu tua maupun terlalu muda
  • Kejenuhan melihat maupun mendengar burung sejenis karena sering di trek atau dibawa ke arena lomba. 
  • Kondisi burung yang kurang fit
  • Mabung yang belum tuntas 
  • Stress karena lingkungan rumah 
  • Mempunyai lebih dari 1 Murai dirumah 
  • Sering mendengar suara MB lain dirumah 
  • Tenaga habis sebelum tanding
  • Kurang perawatan

Cara Mengatasi MB kurang ngotot

1. Embunkan setiap hari

pengembunan disini bersifat wajib. Jadi anda harus bangun lebih pagi agar bisa mengembunkan gacoan anda. Embun pagi akan membuat sifat fighter MB kembali pulih.

2. Perhatikan kondisi birahinya

Birahi, emosi, dan tenaga murai harus sinkron agar ia bisa tampil prima. Amati tingkah lakunya saat diarena lomba. Jika main nya sudah ngotot tapi hanya ngukluk dan susah bongkar isian tambahkan porsi ulat hongkong.

Namun jika sudah bongkar isian tapi mainnya kurang ngotot, tambahkan pemberian jangkriknya.

3. Jauhkan Dengan MB lain dirumah

Mempunyai lebih dari 1 murai memang menyenangkan, namun ada kendala tersendiri jika MB tersebut akan dijadikan gacoan lomba. Seringnya mendengar burung sejenis akan melunturkan sifat garang yang dimilikinya.

4. Pengondisian Dilapangan

Saat di arena lomba, pasti MB akan mendengar banyak burung yang membuatnya naik darah sebelum tanding. Hal ini akan mengakibatkan MB kehabisan tenaga jika dibiarkan saja.

Jauhkan MB dengan burung lain yang memancing emosinya, terutama burung sejenis dan burung fighter lainnya.

5. Perbaiki Pola Rawatan Harian & Setingan Lomba

Perawatan yang baik dan konsisten akan membuat MB tampil maksimal, percaya atau tidak bahwa perawatan harian mempengaruhi penampilan MB dilapangan sebesar 70% dan lainya adalah faktor mood dan hoki.

Oleh karena itu berikan perawatan yang maksimal agar si MB tampil maksimal juga saat di lombakan. Silahkan baca postingan kemaren mengenai perawatan Mb yang bagus dan benar

6. Asingkan Untuk Sementara

Jika kelima cara diatas sudah anda terapkan namun tetap gagal, langkah terakhir yang paling mempan adalah mengasingkan sampai ia mabung hingga selesai mabung.
Pengasingan yang saya maksut adalah, mengistirahatkan total dari even lomba dan jangan sampai mendengar atau melihat burung sejenis selama proses pengasingan. 

Itulah pembahasan saya mengenai penyebab dan cara mengatasi MB kurang ngotot dan kurang fighter saat di gantangan. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan semua, jika ada pertanyaan silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Terimaksih banyak

Categories Murai

Jual ring tulis nama sendiri untuk semua jenis burung klik disini

Leave a Comment