Mengatasi Lovebird Macet atau Rusak

Mengatasi lovebird yang rusak atau macet bukanlah hal yang mudah. Mengatasi lovebird macet butuh kesabaran dan ketekunan yang tinggi. Lovebird yang tadinya rajin ngekek bahkan sudah ber prestasi tiba tiba menjadi macet atau rusak memang sangat disayangkan.

Apalagi jika lovebird anda mempunyai durasi ngekek yang panjang, maka sangat disayangkan sekali jika tiba tiba menjadi macet atau rusak.


Sebelum memberi tindakan lanjut untuk memoles kembali lovebird anda yang rusak, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya sampai ia macet bunyi.

Ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab lovebird macet, rusak, ataupun durasinya menjadi pendek. Bisa jadi karena kesalahan pola perawatan harian, porsi lomba yang berlebihan, terlalu banyak pakai doping, maupun overbirahi.

Setelah kita tahu penyebab kerusakan lovebird tersebut, kita perlu merawatnya dengan baik sesuai dengan penyebabnya. Masing masing penyeban tentu penyelesaianya berbeda.

Kali ini pamankicau ripperclub akan memberikan tips mengatasi lovebird macet mulai dari sebab awal hingga akhir. Langsung saja mari kita bahas secara rinci namun sederhana agar mudah dipahami.

Mengatasi lovebird macet karena kesalahan pola rawatan harian.

  • Kesalahan pola rawatan harian biasanya karena porsi yang berlebihan, misalnya teralalu lama menjemur, sauna terlalu lama, atau pun di renangkan dalam ember. Renang untuk lovebird sangat tidak di anjurkan karena secara logika saja tidak masuk akal. Burung itu jika kondisi psikisnya senang pasti akan rajin berkicau. Tidak mungkin kan burung sukanya berenang. 
  • Lakukan perawatan harian yang biasa biasa saja. Mulai dari pengembunan yang rutin, porsi mandi dan jemur yang teratur. 
  • Penjemuran paling efektif mulai jam 7 pagi sampai dengan setengah 9 pagi.

Mengatasi macet karena porsi lomba yang berlebihan
  • Berhenti mengikuti lomba untuk sementara, jangan terlalu nafsu untuk menggantang lovebird gacoan anda. Istirahatkan kurang lebih selama 2 minggu kedalam sangkar kotak dan diberi glodok. Setelah 2 minggu mulai setting lagi dan siap untuk lomba.

Mengatasi lovebird macet karena doping
  • Tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah STOP MENGGUNAKAN DOPING. Doping hanya bersifat sementara untuk membuat gacor, beralihlah menggunakan produk herbal.
  • Rawat seperti biasanya, milet putih dan air minum matang. Extra fooding jagung juga bermanfaat menetralkan kondisi pasca doping. 
  • Istirahatkan dari perlombaan sampai siap kembali.

Mengatasi lovebird macet karena overbirahi
  • Untuk betina cukup taruh dikandang ternak diberi glodok, dan porsi mandi dibuat lebih sering. Misalnya pagi dan sore
  • Pengembunan wajib dilakukan
  • Untuk jantan, cukup rutin embun dan dimandikan setiap hari. Jika cara ini tidak mampu menghentikan birahinya maka cara jitu nya anda harus setting koloni.
  • Silahkan baca tips Cara setting koloni lovebird yang benar

Sekian dari saya untuk solusi mengatasi lovebird macet, semoga bermanfaat dan gacoan lovebird anda pulih kembali seperti semula. Untuk penggunaan produk herbal lovebird silahkan hubungi kami. Di forum contac atau bisa Whatsap kami.

Konsultasi gratis tentang lovebird silahkan kirim pesan melalui fanspage facebook kami.

0 Response to "Mengatasi Lovebird Macet atau Rusak"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel