Mengenal Burung Kerakbasi, Sikatan Londo Versi Lokal

Burung Kerakbasi merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak dipelihara oleh pecinta burung. Kerakbasi mempunyai suara kicauan berupa tembakan dengan tipe ngerol layaknya burung sikatan londo. Sehingga tidak heran kalau banyak yang bilang jika burung kerakbasi merupakan burung sikatan londo versi lokal.

Kerakbasi mempunyai ukuran tubuh yang kecil dan masuk dalam spesies Acrocephalidae. Kerakbasi dibedakan menjadi 43 spesies di seluruh dunia, namun dari 43 spesies tersebut hanya ada 3 spesies yang ada Indonesia. Burung ini banyak ditemukan disekitar rawa-rawa  dan di daerah basah lainnya seperti danau dan sungai.

Namun sekarang burung kerakbasi sudah jarang ditemui di rawa-rawa karena banyaknya para pemikat burung yang menangkap nya untuk dijual. Dengan harganya yang mahal, menjadikan burung ini banyak diburu oleh pemikat burung.

3 Jenis Burung Kerakbasi

Berikut adalah 3 jenis burung kerakbasi yang ada di Indonesia beserta gambar dan ulasannya.

1. Burung Kerakbasi Ramai

Ciri umum

Burung kerakbasi jenis ini mempunyai ukuran tubuh sedang, dengan panjang sekitar 18cm dan memiliki warna bulu yang coklat zaitun dibagian kepala, punggung, sayap dan ekornya. Jika dilihat tubuh kerakbasi ini terlihat ramping seperti burung ciblek gunung.

Sedangkan warna lain pada burunh kerakbasi jenis ini adalah warna keputihan dibagian dada sampai dengan bagian perutnya. Selain itu burung ini juga mempunyai ekor yang agak panjang dengan warna kecoklatan.

Kerakbasi Ramai


Saat kerakbasi ramai berkicau, biasanya ia akan menjambulkan bulu bagian kepala dan mengembangkan bulu bagian leher. Ketika kita amati dengan seksama, gaya berkicau burung kerakbasi ramai ini  layaknya seperti burung cucak ijo dengan gaya jambul ngentroknya.

Daerah Persebaran Kerakbasi Ramai

Di Indonesia daerah persebaran burung Kerakbasi Ramai yang paling banyak dijumpai yaitu di wilayah Jawa , Kalimantan, Maluku, Lombok, Sumbawa, dan juga di wilayah Papua. Selain di Indonesia ternyata burung ini juga banyak dijumpai di negara  bagian Asia dan Afrika juga loh, seperti Mesir, Sudan, Somalia, Kazakhstan, India, India, Myanmar, Tiongkok, Sri Lanka, serta negara Filipina.

2. Burung Kerakbasi Alis Hitam

Ciri umum

Kerakbasi alis hitam mempunyai ukuran yang lebih kecil dari 2 spesies lain yang ada di Indonesia. Burung ini merupakan burung mrigran yang hanya sekedar mampir di Indonesia. Kerakbasi jenis ini mempunyai alis mata putih-kekuningan dan dibatasi garis hitam di bagian atas dan bawahnya. Untuk tubuh bagian bawah seperti dada dan perut mempunyai warna keputihan.

Kerakbasi alis hitam mempunyai suara yang sangat bagus
hbw.com


Burung Kerakbasi alis hitam mempunyai suara yang cukup nyaring dan melengking, selain itu volume suaranya juga keras dan mengkristal. Suaranya juga sangat rapat dan tajam, sehingga burung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai burung masteran dirumah.

Dengan karakteristiknya yang sangat aktif dan durasi tembakanya yang panjang menjadikan burung ini sebagai burung favorit dikalangan kicau mania walaupun irama kicauannya tidak beraturan

Daerah Persebaran Kerakbasi Alis Hitam

Burung ini sebenarnya adalah burung yang bukan berasal dari Indonesia, setiap satu tahun sekali burung ini migrasi alias mampir di Indonesia karena cuacanya yang hangat.

Dikutip dari Wikipedia Burung ini berkembang biak di Asia timur laut dan saat musim dingin bermigrasi ke India, Cina selatan, Asia Tenggara, Semenanjung Malaysia dan di jepara, dan pernah tercatat sekali di Pulau Sumatra.

3. Burung Kerakbasi Besar

Burung ini juga merupakan salahsatu burung yang mirgrasi ke Indonesia karena di habitat asalnya sedang musim dingin. Burung kerakbasi besar banyak ditemui di daerah hutan Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan juga di wilayah Papua.

Burung kerakbasi besar mempunyai ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 18cm, sebagian warna bulu burung kerakbasi adalah coklat dibagaian punggung, sayap ekor, dan warna keputihan dibagaian dad, perut dan leher bagian bawah.

Kerakbasi Besar


Sama dengan burung kerakbasi lainnya, burung ini juga mempunyai suara kicauan yang sangat keras dengan tempo yang rapat. Selain itu, suara kerakbasi juga sangat mlengking dan kasar layaknya suara tembakan ciblek dan sikatan londo. Walaupun suara kerakbasi besar lebih pelan dari jenis kerakbasi lainnya, namun kerakbasi besar juga mempunyai banyak penggemar dan sangat disukai untuk dijadikan burung masteran.

Akhir kata

Itulah mengenai jenis burung kerakbasi yang ada di Indonesia, burung ini banyak ditemui jika di habitat asalnya sedang terjadi musim dingin, karena burung ini migrasi untuk mencari daerah yang hangat untuk tempat tinggal.

Dengan tidak memburu burung kerakbasi secara besar besaran, maka burung ini akan semakin banyak berkembang di Indonesia. Dengan demikian, akan banyak burung kerakbasi disekitar kita, sehingga kita tidak perlu repot memelihara didalam sangkar karena sudah banyak burung kerakbasi yang berkicau disekitar rumah layaknya burung gereja.

0 Response to "Mengenal Burung Kerakbasi, Sikatan Londo Versi Lokal"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini