Ciri-ciri Burung Sakit yang Wajib Anda Ketahui

Burung juga makhluk yang bernyawa, sama halnya dengan manusia burung juga bisa sakit. Ketika sakit, burung biasanya malas untuk makan dan minum, sehingga jika kita biarkan maka bisa bisa burung kita akan mati. Maka dari itu anda harus tahu tanda-tanda burung yang sedang sakit agar segera bisa mendapat perawatan yang tepat.

Burung yang sedang dan penyakit pada burung


Penyakit pada burung ada yang bisa sembuh dengan sendirinya dan ada yang harus kita bantu proses penyembuhanya dengan obat. Kita harus memberikan obat yang tepat pada burung agar sakitnya segera sembuh dan cepat untuk berkicau gacor lagi.

Bagaimana cara mengetahui kalau burung sedang sakit? Nah jangan khawatir pada postingan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya mengenai tanda tanda burung sakit, berlaku untuk semua jenis burung kicau seperti muraibatu, kacer, kenari, cucak ijo dan lain sebagainya.

Pertanda Burung Sedang Sakit


Perilaku Burung Tidak Seperti Biasanya

Yang paling bisa kita ketahui dengan jelas adalah burung yang tadinya gacor tiba tiba menjadi malas bunyi atau suaranya menjadi mengecil (serak). Selain itu burung yang tadinya suka mandi menjadi ogah dimandikan. Burung yang tadinya sangat aktif menjadi lebih pendiam dan lebih memilih untuk tidur di siang hari.

Perhatikan Tingkah Lakunya

Saat berpindah tangkringan burung terlihat agak sempoyongan seperti tidak mempunyai keseimbangan. Burung juga menjadi malas bergerak dan lebih suka mengembungkan bulu sayapnya dan memejamkan matanya. Pada burung yang sudah sangat lemas, maka biasanya burung tidak mau nangkring dan hanya diam di dasar sangkar.

Cermati Bagian Sayap dan Bulunya

Bulu burung terlihat kusam dan tertata tidak rapi seperti biasanya, sama seperti manusia ketika kita sedang sakit maka penampilan kita juga terlihat nampak kusut dan tidak rapi. Selain bulunya, burung yang sedang sakit biasanya akan menurunkan sayapnya, sehingga burung terlihat lemas dan lunglai tidak mempunyai daya.

Perhatikan Nafsu Makannya

Burung yang sedang sakit akan kehilangan nafsu makannya, saat kita beri jangkrik biasanya tidak mau dimakan dan hanya dibuang di dasar sangkar. Selain itu vor yang ada dicepuk juga tidak ia makan. Cara termudah mengetahui nafsu makannya turun adalah dengan melihat kotoranya, jika hanya putih dan sangat sedikit berarti ia tidak nafsu makan dan akan lemas.

Cermati Bagian Mata Burung

Keluarnya cairan yang tidak wajar di bagian matanya, biasanya cairan ini akan membuat burung menjadi tidak nyaman dan suka untuk menggaruknya. Selain adanya cairan di bagian mata, burung juga nampak lemas dan selalu memejamkan matanya seperti akan tidur di siang hari.


Perhatikan Lubang Hidung

Jika kita memperhatikan dengan cermat, dibagian hidung burung keluar cairan kental seperti ingus. Seiring berjalanya waktu, cairan kental tersebut lama lama akan berubah menjadi keras dan bisa membuat hidung burung menjadi tersumbat. Jika hidung sudah tersumbat biasanya burung akan sering bersin untuk mengeluarkan cairan yang sudah mengeras tersebut.

Segera berikan vitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya agar burung tidak semakin lemas, selain itu berikan makanan favorit nya agar burung anda mau makan walaupun hanya sedikit.


Perilaku Burung Sakit Secara Umum


  1. Burung yang gacor menjadi malas bunyi bahkan sampai diam seharian.
  2. Burung suka mengembungkan bulunya dan memejamkan matanya.
  3. Bulu yang biasanya rapi tiba tiba menjadi sangat kusut.
  4. Warna kotoran burung yang putih pucat tidak ada sari-sari makanannya.
  5. Tidur di siang hari dengan mengangkat satu kakinya.
  6. Burung sering bersin.


Pertolongan Pertama Mengatasi Burung Sakit 


  • Segera jauhkan burung yang sakit dengan burung yang sehat untuk menghindari penularan. 
  • Sebaiknya burung tidak perlu dikerodong kecuali di malam hari agar mendapat udara yang segar.
  • Berikan vitamin atau obat burung yang anda percaya untuk membantu proses penyembuhan burung anda.
  • Berikan makanan favoritnya agar ia mau makan walaupun cuma sedikit.
  • Bersihkan kandang dan ganti air minumnya setiap hari.
  • Hindari penjermuran terlebih dahulu jika burung sedang sakit.
  • Biarkan burung beristirahat dan jangan ganggu burung dengan memancingnya untuk bunyi. 


Itulah ciri ciri burung sedang sakit dari saya, semoga dengan adanya postingan ini bisa membantu rekan rekan untuk mengatasi burung yang sakit dengan cepat dan menghindari kematian akibat burung yang sakit namun tidak diketahui pemiliknya.

Jika ada masukan atau pertanyaan silahkan tambahkan melalui kolom komentar dibawah postingan ini ya. Terimakasih

0 Response to "Ciri-ciri Burung Sakit yang Wajib Anda Ketahui "

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jual Ring Burung Bebas Custom Nama,Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini