5 Fakta Menarik Cucak Ijo Banyuwangi Alas Purwo

Cucak ijo merupakan burung kicau yang cerdas dan bisa menirukan suara kicauan burung lain yang ada disekitarnya. Anda pasti sudah pernah mendengar cucak ijo banyuwangi atau bahkan anda sudah punya cucak ijo banyuwangi dirumah? Yaps cucak ijo banyuwangi merupakan salah satu jenis cucak ijo yang paling terkenal dan paling banyak peminatnya.

Saking banyak peminatnya, kini cucak ijo banyuwangi sudah sangat jarang ditemui dipasaran. Jangankan dipasaran, di alam liar saja sudah sangat jarang ditemui bahkan suaranya saja sudah tidak terdengar lagi akhir-akhir ini. Dengan populasi di alam liar yang menipis dan jarang yang menangkarkan cucak ijo jenis ini, maka kepunahan akan mengancam cucak ijo banyuwangi.

Kalau kemaren kita sudah membahas mengenai jenis cucak ijo yang ada di Indonesia, kali ini saya akan mengulas lengkap beragam fakta mengenai cucak ijo banyuwangi saat ini. Sebenarnya ada 2 jenis cucak ijo yang ada di Provinsi Jawa Timur, yaitu cucak ijo banyuwangi yang berasal dari Hutan Kab. Banyuwangi dan Cucak ijo yang berasal dari Jember atau dikenal dengan cucak ijo jember.

Ciri Cucak Ijo Banyuwangi


  1. Postur tubuh lebih panjang, dengan tubuh agak melengkung.
  2. Tidak semua cucak ijo jawa timur berpostur besar. Ada juga yang posturnya kecil, tapi tetap panjang.
  3. Saat ngentrok, jambulnya terlihat lebih atraktif  atau full njegrik.
  4. Warna hijau pada bulunya terlihat lebih jelas, dan tidak hijau kekuningan.
  5. Ekor lebih panjang. Jika diamati, ekor cenderung melengkung dan lebih lentur.
  6. Dalam kondisi tidak diadu, lagunya kurang bervariasi dan kurang tajam.
  7. Jika burung sudah jinak dan berumur (lihat sisik pada kakinya), kemungkinan cucak ijo jawa timur lebih besar.
Berikut adalah ciri fisik cucak ino banyuwangi
Cucak ijo Banyuwangi milik omkicau



Cucak Ijo Banyuwangi Sudah Langka

Seperti yang saya tuliskan diatas bahwa cucak ijo banyuwangi sudah sangat jarang ditemui saat ini. Berikut adalah keluhan dari seorang pemikat cucak ijo di daerah Banyuwangi, beliau mengakatan bahwa sudah 8 tahun ini jarang melihat keberadaan cucak ijo di hutan-hutan Jawa Timur, khususnya Banyuwangi.

Menurut pemikat tersebut, keberadaan cucak ijo asli Jawa Timur hanya berada di  kawasan konversi hutan lindung, seperti Taman Nasional Meru Betiri (Jember), Taman Nasional Bromo, Tengger (Lumajang), serta Taman Nasional Baluran (Banyuwangi). Selain itu sudah tidak ada lagi cucak ijo yang melintas di hutan-hutan Jawa Timur.

Selain populasi di alam yang terbatas, ditambah lagi masih sangat jarang penangkar burung cucak ijo banyuwangi yang melestarikan jenis ini. Seharusnya ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk dijadikan bisnis cucak ijo, mengingat harga cucak ijo banyuwangi yang tinggi dan peminatnya yang sangat banyak.

Banyak Kekeliruan Saat Jual-Beli Cucak Ijo Banyuwangi

Saat ini banyak orang yang menawarkan cucak ijo banyuwangi, kalau anda melihat postingan jual beli burung di Facebook sebagain besar mereka mengatakan bahwa Cucak ijo nya adalah asli banyuwangi. Kalau yang mau dijual sudah gacor sih masih mending ya, tapi kalau masih trotolan dan bilangnya cucak ijo banyuwangi patut dipertanyakan ya.

Mengingat keberadaan di alam liar yang nyaris punah, masih ada aja yang menawari cucak ijo trotol yang notabene merupakan hasil tangkapan hutan. Jika penjual mengatakan bahwa CI nya adalah Jenis CI banyuwangi ataupun hasil tangkapan alas purwo, pasti sudah sangat gacor karena sudah dipelihara sejak puluhan tahun lalu.

Kebanyakan cucak ijo yang dijual dipasaran adalah jenis cucak ijo yang berasal dari Pulau Kalimantan. Mereka rela mengatakan cucak ijo nya berasal dari banyuwangi agar pembeli tertarik dan bisa cepat laku.

Jadi jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan cucak ijo banyuwangi pada anda. Belilah trotolan atau anakan yang berasal dari peternak dan sudah jelas indukannya sehingga anda tidak keliru saat membeli cucak ijo banyuwangi.

Peluang Bisnis Ternak Cucak Ijo Banyuwangi

Mengingat peminat cucak ijo jenis ini sangat banyak, sehingga permintaan pasar akan tinggi jika kita mempunyai penangkaran cucak ijo banyuwangi dirumah. Menurut saya mempunyai 3 pasang CI banyuwangi untuk diternak sudah cukup untuk dijadikan penghasilan tambahan.

Harga cucak ijo banyuwangi juga sangat tinggi, apalagi hasil tangkaran. Anakan cucak ijo yang berasal dari tangkaran pasti sudah jinak sehingga sangat mudah untuk dimaster dan mudah untuk gacor. Selain ikut serta dalam melestarikan cucak ijo, kita juga mendapat keuntungan dari segi bisnis.

Itulah pembahasan saya mengenai cucak ijo alas purwo banyuwangi, semoga dengan adanya postingan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai cucak ijo banyuwangi yang semakin langka ini. Terimakasih

0 Response to "5 Fakta Menarik Cucak Ijo Banyuwangi Alas Purwo"

Post a Comment

Centang form "notify me" agar mendapat pemberitahuan saat komentar anda kami balas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Menulis

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


=>> Jasa Pesan Ring Burung Bebas Custom Nama, Murah, Proses Cepat & Berkualitas Klik Disini